Peningkatan Kecerdasan Ekologis Anak-Anak Menggunakan Strategi Komunikatif Interaktif dan Pendekatan Kearifan Lokal di Sumbawa

  • Armansyah Putra Universitas Samawa
  • Adi Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sri Redjeki Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kecerdasan Ekologi Anak-anak dengan menggunakan Strategi Komunikatif Interaktif dan pendekatan Kearifan Lokal di Sumbawa. Pendekatan ini didasarkan pada pemahaman dan praktik budaya lokal yang terkait dengan lingkungan, serta pengetahuan tradisional yang dimiliki oleh Anak-anak di daerah setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed method. Data dikumpulkan melalui angket. Partisipan penelitian meliputi Anak-anak yang tinggal di wilayah pariwisata pesisir pantai Goa Desa Karang Dima, Kecamatan Labuan Sumbawa kabupaten Sumbawa Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Interaktif Komunikatif dan pendekatan kearifan lokal, dapat meningkatkan kecerdasan ekologi Anak-anak. Melalui strategi ini, Anak-anak dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap terkait lingkungan. Anak-anak menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan dan sikap kecerdasan ekologis. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar strategi-strategi yang melibatkan pendekatan kearifan lokal lebih diperluas dan diterapkan secara luas di wilayah pariwisata pesisir Kabupaten Sumbawa NTB.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Strategi, Kecerdasan Ekologi, Kearifan Lokal

References

Ahmad, N., Youjin, L., Žiković, S., & Belyaeva, Z. (2023). The effects of technological innovation on sustainable development and environmental degradation: Evidence from China. Technology in Society, 72, 102184. doi.org/10.1016/j.techsoc.2022.102184

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37. DOI: 10.15408/sd.v2i1.1661

Duhn, I. (2012). Making ‘place’for ecological sustainability in early childhood education. Environmental Education Research, 18(1), 19–29. doi.org/10.1080/13504622.2011.572162

Gafari, M. O. F., Adisaputera, A., Astuti, W. W., & Assalam, M. H. (2019). Revolusi Bahan Ajar: Mutualisasi Antara Digitalisasi Dan Kecerdasan Ekologis. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6(1). DOI: https://doi.org/10.24114/edukasi%20kultura.v1i1.18351

Goleman, D. (2010a). Ecological Intelligence: How Knowing The Hidden Impacts Of What We Buy CCn Change Everything (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2010b). Ecological Intelligence: Mengungkap Rahasia di Balik Produk-Produk yang Kita Beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hariyanto, S., Irawan, B., & Soedarti, T. (2008). Teori dan Praktek Ekologi. Airlangga University Press.

Karmeli, E., Fitryani, V., Yamin, M., Firmansyah, F., & Hikmayanti, D. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Lahan Pesisir untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pesisir di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(1), 233–238. DOI: https://doi.org/10.58406/jpml.v4i1.814

Kos, M., Jerman, J., Anzlovar, U., & Torkar, G. (2016). Preschool Children’s Understanding of Pro-Environmental Behaviours: Is It Too Hard for Them?. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5554–5571.

Mulyatiningsih, E. (2011). Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Usia Anak-Anak, Remaja Dan Dewasa. Yogyakarta: UNY, Dari Http://Staff. Uny. Ac. Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Dra-Endang-Mulyatiningsih,-M. Pd./13B_Analisis-Model-Pendidikan-Karakter. Pdf, Diakses Pada, 8.

Nabila, D. A. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini, Remaja dan Dewasa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 10(01), 14–26. DOI: doi.org/10.21009/JKKP.101.02

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan upaya pelestarian lingkungan alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 91–106. DOI: https://doi.org/10.36928/jpkm.v11i1.139

Permatasari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230236.

Utomo, S. W., & Rizal, R. (2014). Ekologi (Vol. 2, Issue 577). Universitas Terbuka.

Wirda, F. (2020). Upaya Pemerintah Kabupaten Sumbawa Dalam Mengembangkan Objek Wisata Pantai Guna Menunjang Pendapatan Asli Daerah (Pad)(Studi Kasus Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa dan Pantai Saliper Ate). Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Published
2023-09-29
How to Cite
Armansyah Putra, Adi Rahmat, & Sri Redjeki. (2023). Peningkatan Kecerdasan Ekologis Anak-Anak Menggunakan Strategi Komunikatif Interaktif dan Pendekatan Kearifan Lokal di Sumbawa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 845-850. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1147
Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 69 times