Integration of Local Wisdom of Sugarcane Plants in Nagari Lawang on the Topic of Macromolecules

Integrasi Kearifan Lokal Tanaman Tebu di Nagari Lawang Pada Topik Makromolekul

  • Roma Ardika Sari Universitas Negeri Padang
  • Eka Yusmaita

Abstract

Nagari Lawang merupakan sentral produksi gula saka di Sumatera Barat yang bahan dasarnya adalah tebu. Produksi gula saka dimulai dengan proses penggilingan tebu. Limbah sisa penggilingan tebu disebut dengan ampas tebu. Ampas tebu yang ada di Nagari Lawang belum terkelolah dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan kearifan lokal tanaman tebu di Nagari Lawang pada pembelajaran kimia topik makromolekul. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, integrasi kearifan lokal tanaman tebu di Nagari Lawang pada pembelajaran kimia dapat diintegrasikan ke dalam suatu proyek dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan memuat aspek literasi kimia. Proyek yang dilakukan adalah pembuatan briket dari limbah ampas tebu, dan mengaitkannya dengan topik makromolekul sub topik karbohidrat.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kearifan Lokal, Tanaman Tebu, Makromolekul.

References

Ajala, E. O., Ighalo, J. O., Ajala, M. A., Adeniyi, A. G., & Ayanshola, A. M. (2021). Sugarcane Bagasse: a biomass sufficiently applied for improving global energy, environment and economic sustainability. Bioresources and Bioprocessing, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40643-021-00440-z
Anggraini, M., & Yusmaita, E. (2023). Design a simple distillation project-based on chemical literacy on the topic of the alcohol phase F. Jurnal Pijar Mipa, 18(3), 386–391. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i3.4968
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Fachry, A. R., Sari, T. I. S., Dipura, A. Y., & Najamudin, J. (2020). Teknik Pembuatan Briket Campuran Eceng Gondok dan Batu Bara Sebagai Bahan Bakar Alternatif Bagi Masyarakat Pedesaan. In Seminar Nasional Perkembangan Riset dan Teknologi di Bidang Industri (Vol. 15, Issues 978-979-95620-6–7, pp. 52–58).
Fitri, L. K., & Yusmaita, E. (2022). Pengembangan Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Asam Basa. Entalpi Pendidikan Kimia, 45–52.
Fitria, A. (2023). Pengembangan Lembar KErja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Koloid di MAN 1 Bireuen. Universitas Islam Ar-Raniry Banda Aceh.
George Lucas Educational Foundation. (2007). Project Based Learning Professional Development Guide, Retrieved July, 2023, from https://www.edutopia.org/project basedlearning-guide-implementation
Hasanuddin, & Nurdin, H. (2010). Briket Ampas Tebu Sebagai Bahan Bakar Alternatif. 1–28. http://repository.unp.ac.id/884/1/HASANUDDIN_27_11.pdf
Maharani, D. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Proyek dengan Material Lokal pada Materi Koloid. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Matsun, M., Permana, R., & Prihadi, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Kurikulum Merdeka Di Smpn 3 Sungai Kakap. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 906–914. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.670
Nurdin, H., Hasanuddin, Refdinal, & Mulianti. (2018). Keberadaan Briket Ampas Tebu Untuk Program Alih Teknologi Dan Diversifikasi Pada Kelompok Tani Pengrajin Gula Saka Di Nagari Lawang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 342–346.
Putri, M., & Chandra, D. (2018). Kajian Industri Gula Merah Tebu Di Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Buana, 3(3), 451–465.
Rahmawati, S. (2022). Pengembangan textbook kimia terintegrasi local wisdom pada materi sifat koligatif larutan. Eprints.Walisongo.Ac.Id. https://eprints.walisongo.ac.id/19807/1/1503076017_Silvi Rahmawati_Tugas Akhir - silvi rahma.pdf
Riza, M., Kartono, & Susilaningsiha, E. (2020). Kajian Project Based Learning (PjBL) pada Kondisi Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 Berlangsung. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 3(1), 236–241. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/617
Rohim, M. H. R. N. (2019). Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Menjadi Briket Energi Alternatif dengan Perekat Tepung Tapioka. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/72520
Safitri, Y. F., Melati, H. A., & Lestari, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37148
Saragih, D., Silaban, R., & Darmana, A. (2021). Pengembangan Modul Makromolekul Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society). Prosiding Seminar Nasional Kimia, 35–41.
Shwartz, Y., Ben-zvi, R., & Hofstein, A. (2006). The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. 7(4), 203–225.
Thummathong, R., & Thathong, K. (2018). Kasetsart Journal of Social Sciences Chemical literacy levels of engineering students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3), 478–487. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2018.06.009
Zahroul Fitriyah, C., & Putri Wardani, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Daerah Banyuwangi di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 62–73. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20396
Published
2023-09-11
How to Cite
Roma Ardika Sari, & Eka Yusmaita. (2023). Integration of Local Wisdom of Sugarcane Plants in Nagari Lawang on the Topic of Macromolecules. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 770-774. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1174
Abstract viewed = 256 times
PDF downloaded = 169 times