Analisis Struktur dan Konten Kurikulum Merdeka Fase F untuk Bidang Studi Kimia pada Materi Laju Reaksi

  • Ratih Andriani Universitas Negeri Padang
  • Faizah Qurrata Aini Universitas Negeri Padang

Abstract

dan konten materi pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur dan konten kurikulum merdeka pada materi laju reaksi berdasarkan taksonomi Bloom revisi, taksonomi Dave dan Dyers, serta buku ajar kimia. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis struktur isi yang diturunkan dari Model of Educational Reconstruktion (MER). Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data Miller dan Huberman. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tabel analisis standard konten dan tabel analisis standar isi. Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis struktur yaitu (1) Unsur pemahaman kimia mengikuti taksonomi Bloom refisi, (2) unsur keterampilan proses hanya mendominasi keterampilan abstrak, (3) unsur profil pancasila terdapat unsur abstrak dan ranah sikap. Sedangkan pada analisis konten yaitu: (1) Keleluasan materi hasil belajar laju reaksi sesuai dengan buku SMA dari kemendikbud. (2) Kedalaman materi terdapat materi yang tidak cocok berdasarkan buku teks kimia yang di tulis oleh Raymond Chang dan buku teks karangan Nel D. Jespersen dan Jamen E. Brady.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Analisis Struktur Isi, Laju Reaksi, Kurikulum Merdeka

References

AS, M. (2010). Penulisan Buku Teks yang Berkualitas. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(1), 1–21.

Chang, R. (2008). Problem-solving workbook to accompany General chemistry, the essential concepts, fifth edition, Raymond Chang.

Duit, R., Gropengießer, H., & Kattmann, U. (2012). THE MODEL OF EDUCATIONAL RECONSTRUCTION – A FRAMEWORK FOR IMPROVING TEACHING AND LEARNING SCIENCE 1. 13–14.

Dyer, J., Gregersen, H., & Christensen, C. (2019). DNA Sang Inovator, Diperbarui, dengan Kata Pengantar Baru: Menguasai Lima Keterampilan Inovator Disruptive.

Elvanisi, A., Hidayat, S., Nurmala Fadillah, E., Jendral Yani, J. A., Palembang, K., Selatan, S., & Author, C. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Fantiani, C., Afgani, M. W., & Astuti, T. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde Reaksi. 17(1).

Febriani, M. (2018). Kesesuaian Materi Apresiasi Sastra Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Smp Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 123. https://doi.org/10.30659/j.6.2.123-137

Fitriani, C. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice Berbasis Android Based Test Untuk Mengukur Miskonsepsi Siswa Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. 1(2), 95–104.

Jaspersen, Brady, & Hyslop. (2004). Chemistry the Molecular Nature of Matter (Issue 1).

Nurani, D.,Anggraini, L., M. (2022). Serba Serbi Kurikulum Merdeka.

Pencelup, J. (2011). DNA Inovator: Menguasai Lima Keterampilan Inovator Distrutive.

Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di Sman 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307

Setiawan, A., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2018). Analisis Kesesuaian Materi Ruang Lingkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, VI(3), 1–10.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif fan R&D.

Yoki Ariyana dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yusuf, A. . (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan (Pertama).

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). The type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Published
2023-09-19
How to Cite
Ratih Andriani, & Faizah Qurrata Aini. (2023). Analisis Struktur dan Konten Kurikulum Merdeka Fase F untuk Bidang Studi Kimia pada Materi Laju Reaksi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 805-811. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1179
Abstract viewed = 1132 times
PDF downloaded = 765 times