Pengembangan Video Animasi Berbasis Pendekatan SETS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII Pada Tema Bumiku Asri

  • Indrawati Mashfufah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mudmainah Vitasari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Kemajuan teknologi akan diikuti dengan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya pada ilmu pengetahuan alam (IPA) dimana pada prosesnya pembelajaran IPA menstimulus siswa dalam penggunaan daya pikir untuk memecahkan suatu pemasalahan. Hal tersebut secara tidak langsung merangsang siswa dalam melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi salah satunya berpikir kreatif. Namun berdasarkan hasil wawancara disekolah didapatkan bahwa penerapan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA kurang optimal serta kurang diterapkan pada media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dari pengembangan video animasi berbasis pendekatan SETS untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII pada tema bumiku asri. Manfaat dari penelitian ini sebagai media edukasi bagi siswa untuk mempermudah akses dalam belajar dan upaya dalam mengatasi pemecahan masalah yang dialami oleh siswa pada saat proses pembelajaran menggunakan pendekatan SETS dalam melatih kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D meliputi define (pendefinian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun pada penelitian ini terbatas sampai tahap develop. Hasil penelitian ditinjau dari uji validasi pengembangan video animasi berbasis pendekatan SETS dengan rata-rata penilaian sebesar 89,34% termasuk dalam kategori “Sangat Valid”, sehingga video animasi berbasis pendekatan SETS dinyatakan sangat valid untuk dilanjutkan pada tahap penelitian berikutnya yaitu disseminate (penyebaran) sebagai media pembelajaran dalam melatih kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII pada tema bumiku asri.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Video Animasi, Pendekatan SETS, Kemampuan Berpikir Kreatif, Tema Bumiku Asri

References

Astiti, K. A., & Kalendiwau, A. J. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Zat dan Karakteristiknya. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 6(4), 22. https://doi.org/10.24114/jiaf.v6i4.20052

Azhari, & Somakim. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Unsri, 7(2).

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar : tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105–109.

Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225

Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai pendekatan pembelajaran IPA modern pada kurikulum 2013. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 270–277.

Komara, A. L., Pamungkas, A. S., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(April), 316–326. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP

Kuspriyanto, B., & Siagian, S. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 6(2). https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4990

Nidyasafitri, F., Serevina, V., & Rustana, C. E. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Pbl (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls Fisika Sma Kelas Xi. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8279

Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746

Putra, A. D., & Salsabila, H. (2021). Pengaruh media Interaktif dalam Perkembangan Kegiatan Pembelajaran pada Instansi Pendidikan. Inovasi Kurikulum, 2, 231–241.

Putri, M. Z. D., & Dafit, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V Sdit Al Madinah Dumai. Jurnal Tunas Bangsa, 8(2), 180–192. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i2.1647

Sihombing, R. M. (2022). ANALISIS TIPOGRAFI PADA JUDUL FILM ANIMASI DISNEY GENRE PETUALANGAN TAHUN 2019 – 2021 (2022). Jurnal Komunikasi Visual Wimba, 13(1), 61–74.

Syafrilianto. (2019). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed. Forum Paedagogik, 11(01), 64–76.

Syahfira, R., Permana, N. D., Susilawati, S., & Azhar, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Pada Materi Cahaya Dan Optik. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(1), 16–23. https://doi.org/10.31002/ijel.v5i1.4560

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Thiagarajan. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Utami, S. (2017). MENCIPTAKAN JOYFUL LEARNING TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. LIKHITAPRAJNA, 19(1), 49–58.

Wardani, N. R., Juariah, J., Nuraida, I., & Widiastuti A, T. T. (2021). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA. Jurnal Analisa, 7(1), 87–98. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.9904

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Published
2023-09-30
How to Cite
Indrawati Mashfufah, Lukman Nulhakim, & Mudmainah Vitasari. (2023). Pengembangan Video Animasi Berbasis Pendekatan SETS Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII Pada Tema Bumiku Asri. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 893-902. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1202
Abstract viewed = 164 times
PDF downloaded = 113 times