Pengembangan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Phyphox Berbasis Smartphone untuk Siswa Kelas X

  • Muarif Islamiah STKIP Harapan Bima
  • Rostati Rostati STKIP Harapan Bima
  • Neneng Triyunita Universitas Diponegoro

Abstract

Siswa memiliki kemampuan atau gaya belajar yang beragam saat proses pembelajaran seperti visual, auditori dan kinestetik. Khususnya pada pembelajaran fisika sebagian besar materinya bersifat abstrak sehingga diperlukannya menentukan model pembelajaran yang sesuai untuk setiap materi, dan terdapat beberapa materi yang memerlukan praktikum dalam penyampaiannya sehingga telah banyak dikembangkan alat demonstrasi untuk menjelaskan konsep fisika yang abstrak. Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi juga bersesuaian dengan pembelajaran abad 21, penerapan konsep fisika pada materi Gerak Jatuh Bebas dapat dilakukan melalui kegiatan praktikum sederhana untuk menentukan nilai percepatan gravitasi bumi. Metode penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop dan disseminate). Berdasarkan analisis data diperoleh rerata percepatan gravitasi sebesar 9,82 m/s2 dan memiliki perbedaan nilai pada setiap ketinggian diakibatkan beberapa faktor eksternal. Uji kelayakan yang dilakukan oleh validator mendapatkan penilaian 84,2% untuk media dan 92,2% untuk modul praktikum termasuk dalam kategori layak digunakan dalam pembelajaran fisika, dan tingkat kepuasan siswa dalam penggunaan alat praktikum sebesar 88,9% termasuk dalam kategori sangat baik, siswa mampu memahami materi Gerak Jatuh Bebas melalui kegiatan praktikum. Sehingga pengembangan alat praktikum Gerak Jatuh Bebas dengan memanfaatkan aplikasi Phyphox dapat diterapkan sebagai alternatif juga dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Gerak Jatuh Bebas, Phyphox, Praktikum Fisika

References

Artawan, P. (2013). Analisis variatif gravitasi bumi di berbagai koordinat dengan ayunan sederhana. Jurusan Pendidikan Fisika, 396–399.
Bara, F. M., Mako, M. I., Eku, A., & Pau, M. A. (2021). Phyphox Pada Gerak Jatuh Bebas. Jurnal Luminous, 2(2), 11–17.
Götze, B., Heinke, H., Riese, J., Stampfer, C., & Kuhlen, S. (2017). Smartphone-Experimente zu harmonischen Pendelschwingungen mit der App phyphox. Alte Seite-PhyDid B-Didaktik Der Physik-Beiträge Zur DPG-Frühjahrstagung, 233–239. www.phyphox.org
Islamiah, M., Triyunita, N., Haryadi, D., Fuadi, M., & Dwi, R. (2023). BASA ( BAROMETER SAINS ) Manajemen Laboratorium IPA Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Dompu. 4(1), 18–24.
Rosdianto, H. (2017). Penentuan Percepatan Gravitasi Pada Percobaan Gerak Jatuh Bebas Dengan Memanfaatkan Rangkaian Relai. SPEKTRA: Jurnal Fisika Dan Aplikasinya, 2(2), 107. https://doi.org/10.21009/spektra.022.03
Saputro, S. Y. E. H. (2018). Mini Roller Coaster (Miroco) sebagai Media untuk Menghitung Percepatan Ditinjau dari Energi Mekanik. ResearchGate.
Sumarsono, J. (2008). Fisika untuk SMA Kelas X. In D. Nuraeni (Ed.), Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional. CV Teguh Karya.
Yasmini, L. P. B., Rachmawati, D. O., & ... (2021). Pemanfaatan Smartphone Dan App Phyphox Untuk Percobaan Fisika Bagi Guru Kelas X Di Sma Negeri 2 Singaraja. In Proceeding … (pp. 571–578). https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2021/prosiding/file/075.pdf
Published
2023-09-30
How to Cite
Muarif Islamiah, Rostati, R., & Neneng Triyunita. (2023). Pengembangan Alat Praktikum Gerak Jatuh Bebas Menggunakan Phyphox Berbasis Smartphone untuk Siswa Kelas X. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 887-892. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1203
Abstract viewed = 344 times
PDF downloaded = 221 times