Penilaian dan Evaluasi Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan pada Materi Keseimbangan Ekosistem
Abstract
Kurikulum Merdeka menghendaki pengembangan profil pelajar Pancasila, salah satunya melalui kegiatan P5. Modul P5 dikembangkan sebagai panduan untuk memudahkan proses pembelajaran guna penguatan profil Pancasila. Berdasarkan wawancara peneliti terhadap Guru kelas V SD Muhammadiyah 6 Pekanbaru, diketahui bahwa ketersediaan modul P5 disekolah masih sangat minim, diasamping itu tidak semua guru mampu mengembangkan modul secara mandiri. Sebagai alternatif solusi penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengembangkan Modul P5 tema gaya hidup berkelanjutan dan melakukan penilaian dan evaluasi Modul Projek P5 tema gaya hidup berkelanjutan pada materi keseimbangan ekosistem. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (RnD) dengan model instruksional pengembangan ADDIE. Dalam proses evaluasi, penelitian ini melibatkan 6 pakar untuk memvalidasi Modul tersebut menggunakan instrumen validasi Modul. Sedangkan untuk penilaian praktikalitas, penelitian ini melibatkan 30 orang siswa dan 10 guru kelas menggunakan instrumen praktikalitas Modul. Proses analisis data menggunakan SPSS secara deskriptif untuk menggambarkan hasil dari penilaian Modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modul memiliki kategori sangat baik berdasarkan validasi pakar (3,5), praktikalitas guru (4,23), dan praktikalitas siswa (4,03). Dengan demikian, disimpulkan bahwa Modul layak untuk digunakan dan diharapkan dapat menjadi alternatif perangkat ajar dalam implementasi P5 di Sekolah Dasar.
Downloads
References
Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769
Apriani, A. N., & Sari, I. P. (2020). Penguatan karakter nasionalisme generasi alphamelalui living values education program (LVEP). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1182
Audretsch, D. B., & Belitski, M. (2020). The role of R&D and knowledge spillovers in innovation and productivity. European Economic Review, 123, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.euroecorev.2020.103391
Erva, R. A. L., Rosianawati, A., Pardimin, P., Nisa, A. F., & Irfan, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 491. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8676
Farliana, N., Rusdarti, & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i3.367
Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Tema 6 Subtema 2 Materi Siklus Hidup Hewan Berbasis Problem Based Learning Berbantu Flipbook Maker di Kelas IV ….
Haq, A. M. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.21157
Khoirudin, R., Sunarto, & Sunarso, A. (2022). Pengembangan Modul dalam PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman IPS dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(No. 3), 4442–4450.
Magdalena, I., Ramadanti, F., Az-Zahra, R., Kunci, K., Belajar, :, & Ajar, B. (2021). Analisis Bahan Ajar Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Di Sdn Karawaci 20. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 434–459. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Noviyanti, A. I. (2023). Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Kencong Berdasarkan Modul P5. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 118–125. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.6744
RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Ramadhani, D. T., Yasa, A. D., & ... (2021). Pengembangan media pembelajaran e-komik sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas V. … : Jurnal Terapan Sains & …. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/view/6538
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 1941–1954.
Setyosari, P. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan & Pengembangan. In Jurnal Al-Hikmah (Vol. 1, Issue 1). PT Remaja Rosdakarya. http://alhikmah.stit-alhikmahwk.ac.id/index.php/awk/article/view/16
Shakeel, S. I., Al Mamun, M. A., & Haolader, M. F. A. (2023). Instructional design with ADDIE and rapid prototyping for blended learning: validation and its acceptance in the context of TVET Bangladesh. Education and Information Technologies, 28(6), 7601–7630. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11471-0
Siregar, A., & Siregar, D. I. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ipa Sekolah Dasar. In Jurnal Sistem Informasi (JASISFO). jurnal.polsri.ac.id. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jasisfo/article/download/3342/1432
Sumiati, S. N. (2022). Pengembangan Media Komik Menggunakan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 101950 Lidah Tanah Tahun 2021/2022. Cybernetics: Journal Educational Research …. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss/article/view/406
Susilawati, W. O. (2022a). Konsep Dasar PPKn SD Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila untuk Mahasiswa. repository.bungabangsacirebon.ac …. https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/2387
Susilawati, W. O. (2022b). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum. In Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan …. Media Sains Indonesia.
Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & ... (2022). Pengembangan Modul PPKn Terintegrasi Al-Qur’an Dan Hadis Tema 6 Kelas IV di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU …. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3410
Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & ... (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of …. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1551
Syafutri, E., Widodo, W., & Pramudya, Y. (2019). Pengembangan e-modul fisika interaktif pada materi fluida dinamis menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society). Prosiding Seminar Nasional …. http://114.4.104.248/index.php/snpmt2/article/view/1425
Wahyuni, W. R., Rohmanurmeta, F. M., & Rahmantika, F. (2023). Penggunaan Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Siswa Kelas IV SDN Ngariboyo 3 Magetan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 964–967.
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Hamid, M. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), 35–42.
Zahir, A., Nasser, R., Supriadi, S., & Jusrianto, J. (2022). Implementasi kurikulum merdeka jenjang SD kabupaten luwu timur. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Bagi Masyarakat, 2(2), 1–8.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.