Analisis Kesulitan Memecahkan Masalah pada Mata Kuliah Fisika Modern Mahasiswa Calon Guru Fisika

  • Dewi Sartika Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Aisyah Humairah Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Kemampuan memecahkan masalah merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap mahasiswa calon guru fisika. Penelitian tentang kesulitan memecahkan masalah menjadi amat penting dilakukan karena mahasiswa calon guru fisika tidak hanya dituntut untuk mampu memahami konsep fisika dengan baik, mahasiswa juga dituntut untuk mampu menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya dalam memecahkan berbagai permasalahan fisika. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis Kesulitan Memecahkan Masalah Pada Mata Kuliah Fisika Modern Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat. Tujuan tersebut akan tercapai dengan terlebih dahulu mengetahui tingkat kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah fisika berdasarkan tahapan Polya kemudian memberikan solusi untuk mengatasi dan mencegah kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan (elementary research) yang dilaksanakan pada Mata Kuliah Fisika Modern. Penelitian pendahuluan ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam penelitian pengembangan berikutnya, yakni penelitian yang berfokus pada penerapan suatu model atau metode pembelajaran yang dapat mengatasi dan mencegah kesulitan memecahkan masalah pada mata kuliah Fisika Modern. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisa data secara induktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika yang memprogram Mata Kuliah Fisika Modern. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat mengalami kesulitan memecahkan  masalah pada Mata Kuliah Fisika Modern (2) Salah satu solusi mengatasi kesulitan memecahkankan masalah pada Mata Kuliah Fisika Modern, ialah menerapkan model pembelajaran cooperative problem solving.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: pemecahan masalah, fisika modern, Polya

References

Carl J, Wenning. 2002. A Multiple Case Study of Novice and Expert Problem Solving in Kinematics With Implications for Physics Teacher Prepara (Siswanto, 2013)tion. Illinois State University.
Daniel F. Styer. 2002. Solving Problem In Physics. Oberlin College Physics Department. Diunduh dari http://www.oberlin.edu. pada tanggal 19 Oktober 2015.
Diyah. 2007. Keefektifan pembelajaran matematika realistik (PMR) pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang.
Khaeruddin., Nurhayati., & Rahmayanti. 2009. Peranan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika pada siswa SMA Negeri 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang. JSPF. 9. 43-50. Tersedia pada http://digilib.unm.ac.id. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2015.
Ledesma, E. F. R 2012. Problems solving using different register of representation. International Research Journals. 3(1). 052-059. Tersedia pada http://www.interesjournals.org. Diakses pada tanggal 19 Oktober 2015.
Polya, G. 1980. How to solve it. A New Aspect of Mathematical Method. Princeton Univeristy Press: New Jersey
Rahmat, M dkk. 2014. Kemampuan pemecahan masalah melalui strategi thinking aloud pair problem solving peserta didik kelas X SMA.Jurnal fisika Indonesia volume XVII no. 54 edisi desember 2014, program pasca sarjana pendidikan fisika Universitas Negeri Malang.
Sambada, Dwi. 2012. Peranan kreativitas peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika dalam pembelajaran kontekstual. Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya volume 2 nomor 2 edisi 2012. FKIP Universitas Terbuka Mulyorejo.
Siswanto, J. (2013). Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Fisika. Simposium Fisika Nasional XXVIII (p. 136). Denpasar, Bali : Universitas Udayana.
Published
2017-06-30
How to Cite
Dewi Sartika, & Nur Aisyah Humairah. (2017). Analisis Kesulitan Memecahkan Masalah pada Mata Kuliah Fisika Modern Mahasiswa Calon Guru Fisika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 7(1), 7-11. Retrieved from http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/14
Abstract viewed = 376 times
PDF downloaded = 490 times