Meningkatkan Minat Belajar Muatan IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar

  • Novi Rahmadani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Sumianto Sumianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rusdial Marta Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurhaswinda Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil minat belajar pada muatan IPA siswa kelas III SDN 003 koto perambahan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil minat belajar siswa pada muatan IPA di kelas III SDN 003 koto perambahan. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas dengan subjek 22 orang siswa kelas III yang berlokasi di SDN 003 koto perambahan, kecamatan kampa, kabupaten kampar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi guru dan siswa, dokumentasi sedangkan teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian minat belajar melalui keterampilan proses pada siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata 71,75% pada kategori cukup berminat, pertemuan 2 meningkat menjadi 78,75% pada kategori berminat. Siklus II pertemuan 1 memperoleh rata-rata 85% pada kategori berminat, pertemuan 2 meningkat menjadi 87,75% pada kategori sangat berminat. Sedangkan hasil lembar aktifitas guru siklus I memperoleh 75,9% pada kategori cukup baik. Siklus II pertemuan memperoleht 93,1% pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil lembar aktifitas siswa siklus I memperoleh 72,4% pada kategori cukup baik. Siklus II memperoleh 87,75% pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat di simpulkan bahwa menggunakan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas III SDN 003 koto perambahan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Minat Belajar, Keterampilan Proses, Pembelajaran Muatan IPA

References

Alfah, A. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal STKIP PGRI Trenggalek, 2(2), https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/download/373/239

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi). Penerbit: Rineka Cipta.

Alfah, A. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal STKIP PGRI Trenggalek, 2(2), https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/download/373/239

Dzakir, D. (1992). Peningkatan minat dan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Experiential Learning pada siswa kelas VI SD. Jurnal Edukasi Indonesia, 3(1), https://www.jurnaledukasiindonesia.com/wp-content/uploads/2022/04/.pdf

Friantini, R. N. & Winata, (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), https://www.jurnalpendidikanmatematikaindonesia /Downloads/870-2545-1-PB.pdf

Gagne, M. D. & Jamila, (2010). Strategi Belajar Mangajar. Jakarta: Depdikbud.

Hernawati, E. (2017). Penerapan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JIPGSD), 12(2), https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pgsd/issue/view/790

Lester, C. H. (2017). Penerapan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/292

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah. Elementary, 4(1), https://www.elementary /Downloads/2047-8771-1-PB.pdf

Muhibbin, J. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Mujiono. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Nana, S. J. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Reber, (2014). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(2), https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/19786/16081/78197

Sudarman, P. (2018). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), file:///C:/Users/HP/Downloads/1045-Article%20Text-1779-1-10-20200213.pdf

Sudarmono, H. (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung: Rosdakarya.

Suci, S. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dengan Memanfaatkan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 7 (2), file:///C:/Users/HP/Downloads/editorial,+Journal+editor,+2+Jurnal+2+Guru.pdf

Wahyuni, Y. (2006). Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Al-Ibanah, 7(2) https://journal.iaipibandung.ac.id/index.php/ibanah/issue/view/15

Published
2024-03-06
How to Cite
Novi Rahmadani, Sumianto, S., Rusdial Marta, Nurhaswinda, N., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Muatan IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 26-34. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1456
Abstract viewed = 164 times
PDF downloaded = 147 times