Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika: Kajian Analisis Geometri Rumah Adat "Uma Lengge"

  • Nur Islamiati STKIP Al Amin Dompu
  • Purnamansyah Purnamansyah STKIP Al Amin Dompu

Abstract

Sebagian besar siswa masih percaya bahwa pelajaran matematika sulit dan membosankan. Untuk kepentingan kehidupan siswa, pembelajaran perlu menjadi lebih signifikan dan relevan. Pendekatan etnomatematika, yang menggabungkan komponen budaya dan pengetahuan lokal ke dalam studi matematika, adalah salah satu strategi yang dapat diterapkan. Karena bentuk, proporsi, dan pola ukiran, bangunan tradisional "Uma Lengge" menjadi subjek studi yang menarik untuk pertimbangan estetika dan filosofis. Dalam pembelajaran matematika, aspek geometris dapat diakui dan digunakan. Hasilk penelitian menunjukkan bahwa masyarakat tradisional Bima menggunakan berbagai teknik pengukuran, mulai dari penggunaan jari, sakimi (kepalan tangan), pengukuran casing (satu depa) dengan siku, dan pada ukuran lebih dari satu meter, meregangkan satu bagian tangan dan melipat setengahnya. Desain bangunan Uma Lengge juga mencakup ide geometri, datar, dan ruang. Desain bangunan Uma Lengge berupa struktur datar, yang mencakup konsep dan prinsip segitiga serta pola kotak pada lante dan pola persegi panjang pada tadancai tabu. Selain itu, prinsip desain arsitektur Uma Lengge, termasuk ide dan desain prisma segitiga pada atap.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Rumah Tradisional, Uma Lengge, Etnomatematika

References

Andriono, Rohim. 2021. “Analisis Peran Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4(2).

Angelita, Chrisantya et al. 2019. “Pengaruh Bangunan Uma Lengge Terhadap Kehidupan Sosial Dan Budaya Masyarakat Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.” Forum Arkeologi 32(1): 13.

Argubi, Adi Hidayat, Ruli Inayah Ramadhoan, and Tauhid Tauhid. 2019. “Analisis Potensi Masyarakat ‘Uma Lengge’ Di Desa Maria Wawo Kabupaten Bima Sebagai Desa Wisata (Tourism Village).” Sadar Wisat: Jurnal Pariwisata 2(2): 64.

Fauzi, Asri, and Ulfa Lu’luilmaknun. 2019. “Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(3): 408.

Handayani, Noor Fazariah, and Mahrita Mahrita. 2021. “Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Di SDN Jawa 2 Martapura Kabupaten Banjar.” Jurnal PTK dan Pendidikan 6(2).

Kamarullah, Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 1(1): 21.

Mardiah, Mardiah, M. Awaluddin, and Dede Yusuf. 2019. “Strategi Pelestarian Uma Lengge (Rumah Adat Bima) Sebagai Objek Daya Tarik Wisata Di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.” JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) 7(2): 124.

Mudjiyanto, Bambang. 2018. “Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi.” Jurnal Studi Komunikasi dan Media 22(1): 65.

Nurhafni. 2019. “Sebagai Destinasi Wisata Budaya Di Nusa Tenggara.” Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula: 575–85.

Safitri, A H I, I D Novaldin, and M. Gunawan Supiarmo. 2022. “Uma Lengge Traditional Building as a Source of Ethnomathematics-Based Mathematics Learning Implementation.” Jurnal Studi Pendidikan 1(1): 45–52.

Sartika, Dewi. 2019. “RUMAH ADAT TRADISIONAL BIMA (UMA LENGGE) SEBAGAI BENTUK DASAR PENCIPTAAN MOTIF BATIK BAHAN SANDANG BUSANA DEWASA.” (7): 12–22.

Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Peni Febriani, and I Nyoman Wirne. 2018. “Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03(02): 171–76. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521.

Siregar, Nani Restati. 2017. “Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game.” Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia: 224–32.

Yeasmin, Sabina, and Rahman.K.F. 2012. “’ Triangulation ’ Research Method as the Tool of Social Science Research.” Bup Journal 1(1): 154–63. http://www.bup.edu.bd/journal/154-163.pdf.

Published
2024-03-29
How to Cite
Nur Islamiati, & Purnamansyah, P. (2024). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika: Kajian Analisis Geometri Rumah Adat "Uma Lengge". JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 247-252. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1458
Abstract viewed = 69 times
PDF downloaded = 52 times