Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping Terintegrasi Konteks Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Riset ini tujuannya menghasilkan E-modul IPA SMP kelas VII berbasis mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal yang valid, praktis, dan efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa. Riset ini ialah riset pengembangan yang mengintegrasikan model ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dihimpun yakni data kualitatif dan kuantitatif seperti kuisioner validitas ahli, kepraktisan guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Uji efektivitas dilaksanakan melalui rancangan pre-experimental one group pre-test-post-test design. Perolehan riset yang didapat, yakni (1) E-modul dikemas melalui mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal yang dilengkapi ilustrasi fenomena alam sekitar, budaya Bali, audio, video serta kuis interaktif. (2) E-modul IPA sangat valid melalui segi materi serta koefesien validasi Gregory 1,00, sangat valid melalui segi media berdasarkan perolehan rerata 95,00, sangat valid melalui segi bahasa lewat nilai rerata 99,20. (4) E-modul sangat praktis oleh guru dan peserta didik melalui nilai rerata berturut-turut 94,61 dan 91,89. (5) E-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan perolehan <gain score> 0,53 kualifikasi sedang. Berlandaskan perolehan riset, bisa disimpulkan bahwasanya E-modul IPA berbasis mind mapping terintegrasi konteks budaya lokal dinyatakan valid, efektif dan praktis meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Andriana, E., Syachruroji, A., Alamsyah, T. P., & Sumirat, F. (2017). Natural science Big Book with Baduy local wisdom base media development for elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 76–80. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8674
Andriani, R. (2023). Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Pengembangan Instrumen. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 1–9.
Azizah, H. P., Hafiza, N., & Ilhami, A. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL IPA SMP BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES ( SSI ) : SYSTEMATIC REVIEW. 2(4).
Budiman, H. (2017). Pengaruh Model pembelajaran Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 75–83.
Dahliana, D. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 2(1), 24–35.
Dahliya, L., Irham, M., Maulidyawati, D., & Putriawati, W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Program Linier. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 709–713.
Fernando Panggabean1*, Mariati P Simanjuntak2, Mia Florenza3, Lastama Sinaga4, S. R. (2020). ANALISIS PERAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ipa Indonesia (Jppipai), 2(1), 7–12.
Hasanuddin, M. I. (2020). PENGETAHUAN AWAL ( PRIOR KNOWLEDGE ) : KONSEP DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN. 2, 217–232.
Juniartina, P. P. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA TERPADU DENGAN MODEL GROUP INVESTIGASI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 11(2), 154–165.
Krismayanti, Y. R., & Sudibyo, E. (2021). Efektivitas penggunaan modul IPA dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemi COVID-19 pada siswa kelas VIII MTsN 2 Kediri. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 227–233.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Muliarta, i ketut. (2018). Menerjemahkan Perubahan Dari TCL (Teacher Center Learning) Ke SCL (Student Center Learning). Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 76–86.
Nisak, E. D. (2018). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas IX SMPN 1 Kalidawir. Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 13–24.
Nur Laily Makhmudah, Subiki, S. (2019). PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PERMAINAN TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 181–186.
Nurlaela, E., Sumantri, M., & Sarkadi. (2021). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Development of Mind Mapping-Based E-Book in Steam for Skills Skills of Grade VI Elementary School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(6), 390–399.
Nurul Huda Panggabean, Amir Danis, & Nadriyah. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada Pembelajaran Ipa Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Tunas Bangsa, 7(2), 204–218. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i2.1177
Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Implementation of Science Learning Model Based on Local Wisdom to Improve Creativity and Student Learning Outcomes. 3(2), 118–127.
Salma, D. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Berbantu Qr Code Pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Kelas Xii Smk. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20213
Salvina. (2021). PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII . 3 MTsN 3 PADANG PARIAMAN. Inovasi Pendidikan, 8(1), 95–103.
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.
Taufina, D. D. (2020). Teaching Materials of Silent Reading With the OK5R Strategy for Elementary School Students in the Era of Revolution 4 . 0. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 463, 59–62.
Tirawati Bakara, R. H. (2021). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK PADA PELAJARAN. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 8848(2), 615–622.
Torro, S., Kasim, N., & Awaru, A. O. T. (2021). Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. 7(2), 197–202.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.