Analisis Implementasi Science Technology Engineering Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

  • Mariam Hoerunnisa Universitas Garut
  • Shinta Purnamasari Universitas Garut
  • Andinisa Rahmaniar Universitas Garut

Abstract

STEM merupakan salah satu pembelajaran yang memadukan empat komponen yaitu Science, Technology, Engineering dan Mathematics. Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan hasil analisis berupa literatur pada hasil penelitian mengenai implementasi STEM pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta dampaknya. Tinjauan literatur dilakukan pada 25 artikel yang dipublikasikan pada berbagai jurnal dari tahun 2015-2022. Tinjauan literatur dilaksanakan dengan 4 tahapan diantaranya yakni melakukan riset serta penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, melaksanakan analisis dan sintesis, serta melaksanakan organisasi tulisan. Implikasi penerapan STEM yaitu siswa dapat belajar secara aktif dan inovatif karena siswa merancang proyeknya secara mandiri. Adapun Hasil studi literatur dan analisisnya menunjukkan bahwa 1) STEM dapat di implementasikan pada pembelajaran IPA melalui berbagai cara seperti media pembelajaran, model pembelajaran, perangkat pembelajaran diantaranya bahan ajar, modul, e-modul, LKS, LKPD, E-LKPD. 2) Pengintegrasian STEM dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan proses sains dan literasi sains peserta didik. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber acuan atau referensi dalam mengimplementasikan STEM pada pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: STEM, Pembelajaran IPA, STEM dalam Pembelajaran IPA

References

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103.

Afifah, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Konsep Tekanan Zat Cair Melalui Pendekatan Stem (Science Technology Engineering Mathematic) Di Kelas Viii Smpn 4 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 75–79. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3351

Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2022). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 120. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657

Agung, I. G., & Wulandari, A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. 22(1), 285–291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046

Ainun, D., Putra, P. D. A., & Budiarso, A. S. (2021). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pokok Bahasan Alat-Alat Optik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 126–132. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.608

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, 1(1), 722–731.

Dewati, M., Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2019). Peranan Microscope Smartphone sebagai media pembelajaran Fisika berbasis STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep Optik. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4, 36. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v4i0.35910

Gunawan, S., & Shieh, C. J. (2020). Effects of the application of stem curriculum integration model to living technology teaching on business school students’ learning effectiveness. Contemporary Educational Technology, 12(2), 1–7. https://doi.org/10.30935/cedtech/8583

Halimatul Mu’minah, I., Pd, M., & Aripin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 The Implementation of Science Based STEM and ICT Learning for Improving The 21 st Century Skill: Vol. VIII (Issue 2). Cetak.

Hani, R., & Suwarma, I. R. (2018). Pertama dalam pembelajaran ipa berbasis stem. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 62–68.

Haritun, N., & Utaminingsih, R. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 57–62.

Hasanah, Z., Tenri Pada*, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134

Hermansyah, H. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis STEM Berbantuan ICT dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 129–132. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.117

Icaa, L. A. A., Hasnawati, H., & Nurhasanah, N. (2024). Development of Ethnoscience-Based Teaching Materials in Class V Elementari School. Insights: Journal of Primary Education Research, 1(1), 1–10.

Irma, Z. U., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2020). Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Dalam Pembelajaran STEM Disertai E-Formative Assessment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 822. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13638

Irmawati, I., Syahmani, S., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul IPA Pada Materi Sistem Organ Dan Organisme Berbasis STEM-Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 64. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4048

Jolly, A. (2014). Six Characteristics of a Great STEM Lesson. Education Week, 3–4.

Khairani, Mukhni, & Aini, F. Q. (2018). Pembelajaran Berbasis Stem Dalam Perkuliahan Kalkulus Di Perguruan Tinggi. Ujmes, 3(2), 104–111.

Learners, M. G., Expectations, M. H., Gerrold, D., Committee on Highly Successful Schools or Programs in K-12 STEM, & Education; National Research Council. (2011). Successful K-12 STEM Education: Identifying Effective Approaches in Science, Technology, Engineering, and Mathematics Committee on Highly Successful Schools or Programs in K-12 STEM Education; National Research Council. In Mathematics Education in the Middle Grades.

Matanluk, O., Mohammad, B., Kiflee, D. N. A., & Imbug, M. (2013). The Effectiveness of Using Teaching Module based on Radical Constructivism toward Students Learning Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 90(InCULT 2012), 607–615. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.07.132

Maulana, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Stem Pada Pembelajaran Fisika Siapkan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknodik, 39–50. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.678

Mawaddah, R., Triwoelandari, R., & Irfani, F. (2022). Kelayakan Lks Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sd/Mi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 1–14.

Mustofa, M. R., Arif, S., Sholihah, A. K., Aristiawan, A., & Rokmana, A. W. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis STEM terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 375–384. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.165

Muttaqiin, A. (2023). Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 34–45. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.819

Ningsyih, S., Yulianci, S., Adiansha, A. A., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 12–15.

Nurjumiati, N., Yulianci, S., Hidayatullah, P., Suryaningsih, S., & Fuadi, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inpire untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. Science Education and Development Journal Archives, 1(2), 77–81.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Oktavia, R. (2018). Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal SEMESTA Pendidikan IPA, 5(2), 32–36.

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Education and Practice, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.33751/jsep.v2i1.1699

Rahman, A. A. (2020). Pengembang Media Pembelajaran Aquaponik-Induksi Elektromagnetik untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis STEM. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 4(2), 357–370. https://doi.org/10.26811/didaktika.v4i2.129

Rahmaniar, A., & Latief, A. (2021). Analisis Literatur Teknologi dalam Integrasi Pendidikan STEM pada Pembelajaran IPA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(2), 143–148. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i2.680

Rahmawati, A., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2021). Pengembangan Media iSpring pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 304. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3046

Rahmawati, L., Juandi, D., & Nurlaelah, E. (2022). IMPLEMENTASI STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2002. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5490

Ristiani, S. M., Triwoelandari, R., & Yono, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire Versi 12 Pada Mata Pelajaran IPA Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), 30–40. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.613

Ritonga, S., & Zulkarnain, Z. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 75–81.

Rizkika, M., Putra, P. D. A., & Ahmad, N. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 41–48. https://doi.org/10.24905/psej.v7i1.142

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Proyek Terintegrasi Stem Pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28–39. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4171

Supriyatun, S. E. (2019). Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika STEM pada materi fungsi kuadrat. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(1), 80–87. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v5i1.567

Suwarma, I. R., Astuti, P., & Endah, E. N. (2015). “ Balloon Powered Car ” Sebagai Media Pembelajaran Ipa Berbasis Stem (Science , Technology , Engineering , and Mathematics). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015, 2015(Snips), 373–376.

Syahirah, M., Anwar, L., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Pokok Bahasan Elektrokimia. Jurnal Pijar Mipa, 15(4), 317–324. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i4.1602

Tipani, A. (2019). Implementasi STEAM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Analitis Siswa. Jurnal Bio Educatio, 4, 70–76.

Wahyuni, N. P. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.86-95

Yasifa, A., Hasibuan, N. H., Siregar, P. A., Zakiyah, S., Anas, N., Negeri, U. I., Utara, S., William, J., Ps, I. V, Estate, M., Percut, K., Tuan, S., & Serdang, D. (2023). Implementasi Pembelajaran STEM pada Materi Ekosistem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(4), 11385–11396.

Zulirfan, Z., Yennita, Y., Rahmad, M., & Purnama, A. (2021). Desain dan Konstruksi Prototype KIT Proyek STEM Sebagai Media Pembelajaran IPA SMP Secara Daring pada Topik Aplikasi Listrik Dinamis. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 40. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.11446

Published
2024-03-12
How to Cite
Mariam Hoerunnisa, Shinta Purnamasari, & Andinisa Rahmaniar. (2024). Analisis Implementasi Science Technology Engineering Mathematics (STEM) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 79-89. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1469
Abstract viewed = 325 times
PDF downloaded = 236 times