Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Kemampuan berpikir kritis sanagt diperlukan dalam proses pembelajaran matematika saat ini. Adapun kesulitan yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini yaitu perkembangan teknologi juga menuntut adanya integrasi teknologi dalam pembelejaran matematika. Riset ini dilakukan dengan tujuan untuk memfasilitasi pembelajaran matematika siswa di SMA N 4 Tanjung Jabung Barat dengan adanya pengembangan E-LKPD berbasis STEM berbantuan video animasi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang dipakai dalam riset ini yakni metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Uji kualitas E-LKPD menunjukan hasil validasi materi sebesar 82,5% tergolong “sangat valid” dengan validasi desain sebesar 92,7% tergolong “sangat valid”. Prresentase hasil uji praktikalitas guru yaitu 85% tergolong “sangat praktis” dan persentase praktikalitas siswa yakni sebesar 92,1% dengan kategori “sangat praktis”. Presentase keefektifan melalui respon siswa yaitu sebesar 86,2% tergolong “sangat efektif” dengan nilai gain sebesar 59,8% tergolong “sedang”. Oleh karena itu, hasil dari riset ini menunjukkan bahwasanya E-LKPD yang dibuat memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta layak untuk dipakai.
Downloads
References
Akker, J. van den, Nieveen, N., Plomp, T., Branch, R., & Gustafson, K. (1999). Revisited Mixed Extreme Wave Climate Model For Reanalysis Data Bases. In Stochastic Environmental Research and Risk Assessment. Kluwer Academic. https://doi.org/10.1007/s00477-014-0937-9
Azkia Rahma, S., Kaspul, & Zaini, M. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MAN 1 Banjarmasin kelas XI pada konsep struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.8
Branch, R. M. (2009). Instructional design : the ADDIE approach. In TA - TT -. Springer New York. https://doi.org/LK - https://worldcat.org/title/227032588
Danial, M., Yanti Rano, F., & Herawati, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Masalah pada Materi Larutan Asam dan Basa. Chemistry Education Review, 5(2), 2597. https://doi.org/10.26858/cer.v5i2.13315
Diana, N., & Mariamah, M. (2014). Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 151–161.
Fathurohman, I., Nurcahyo, A. D., & Rondli, W. S. (2015). Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Untuk Memacu Keaksaraan Multibahasa Pada Siswa Sekolah Dasar. REFLEKSI EDUKATIKA, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.430
Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057
Girsang, B., Ayu, E., Sinaga, L., Gaylussac Tamba, P., Sihombing, I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment(PISA) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, NICoMSE, 172–180. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2
Hermawan, A. E., Leksono, I. P., & Rusmawati, R. D. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Digital Matematika Berbasis STEM dengan Edmodo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(3), 353. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i3.13733
Indarwati, I. I., Syamsurijal, S. S., & Firdaus, F. F. (2021). Implementasi Pendekatan Stem Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Meningktakan Hasil Belajar Siswa Smk Negeri 2 Baras Mamuju Utara. Jurnal MediaTIK, 4(1), 23. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19725
Khoiriyah, S., Qonita, S. H., Lestari, M., & Rantika, T. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81-88b.
Maulana, M., & Irawati, R. (2017). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. UPI Sumedang Press.
Ningrum, A. K. P., Khaerunnisa, E., & Ihsanudin, I. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbantuan Video Animasi Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 841–849. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4572
Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Di Sma/Ma. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6531
Rizqiyani, Y., Anriani, N., & Pamungkas, A. S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smarthphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 954–969. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1172
Rusdi, M. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan : Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru (II). RajaGrafindo Persada.
Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.
Siti Ruqoyyah, S. M. L. L. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Resiliensi Matematika Dengan Vba Microsoft Excel. CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.
Sufri, Pasaribu, F. T., & Yuliana, T. G. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Android dengan Pendekatan STEM pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 23–34.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (21st ed.). ALFABETA.
Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.