Analisis Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Multiple Intelligences dalam Menyelesaikan Soal Matematika
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan literasi matematis siswa dengan mempertimbangkan keberagaman kecerdasan majemuk. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan 15 siswa dari kelas XI SMA Muhammadiyah Bangkinang dipilih sebagai subjek penelitian berdasarkan dominasi kecerdasan mereka, seperti kecerdasan matematika logis, musikal, dan intrapersonal. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen penelitian meliputi angket kecerdasan majemuk dan tes literasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan matematika logis dan intrapersonal berhasil memenuhi ketiga indikator literasi matematis, sementara subjek dengan kecerdasan musikal hanya berhasil memenuhi dua indikator. Hal ini menunjukkan adanya variasi dalam kemampuan literasi matematis tergantung pada jenis kecerdasan majemuk siswa. Implikasinya, pendidik perlu memberikan perhatian khusus pada pengembangan literasi matematis bagi siswa dengan kecerdasan musikal melalui strategi pembelajaran yang lebih terintegrasi dan relevan.
Downloads
References
Aini, N. R., Suharto, S., Yudianto, E., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, T. B. (2019). Analisis Berpikir Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Berdasarkan Kecerdasan Majemuk. KadikmA, 9(2), 127–135.
Astuti, N. K., Fahinu, F., & Masuha, J. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Smp Swasta Di Kota Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 99–112.
Efendi, F., Fitria, Y., Farida, F., & Hadiyanto, H. (2020). Perbedaan Model Problem Based Learning dengan Discovery Learning terhadap Higher Order Thingking Skills dan Self Directed Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 301–309. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.647
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2).
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers’ Conceptions Of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222–237.
Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika : Apa, Mengapa dan Bagaimana ? 713–720.
Johar, R. (2016). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.
Mujib, M., Mardiyah, M., & Suherman, S. (2020). STEM: Pengaruhnya terhadap Literasi Matematis dan Kecerdasan Multiple Intelligences. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(1), 66–73. http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5448
Mukhtar. (2015). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Natsir, I., & Munfarikhatin, A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa berdasarkan Multiple Intelligence dalam Menyelesaikan Soal Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 273–283. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3384
OECD, P. (2014). Assessment and Analytical Framework-Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, 2012b. France: OECD Publishing.
Ramadhani, S., Ellianti, E., & Zubaidah, T. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa ditinjau dari Multiple Intelligences di MTsN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 8(1).
Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program For International Student Assessment (PISA). JIPMat, 6(1), 1–13.
Stacey, K. (2015). The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar. 10(2), 222–240.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.