Implementasi Pendekatan Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi

  • Elisabet Kurniati Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yanti Rosinda Tinenti Universitas Katolik Widya Mandira
  • Faderina Komisia Universitas Katolik Widya Mandira

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan mengimplementasikan pendekatan discovery learning pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 3 Macang Pacar tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan desain one grup pretest and posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 3 Macang Pacar yang berjumlah 18 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar tes kemampuan berpikir kritis berupa pretest dan postest dalam bentuk soal uraian yang terdiri dari 7 soal. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran yang mengimplementasikan pendekatan discovery learning dianalisis menggunakan n-gain. Berdasarkan data analisis n- gain kemampuan berpikir kritis peserta didik menunjukan bahwa secara keseluruhan peserta didik mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah mengimplementasikan pendekatan discovery learning pada materi laju reaksi dengan skor rata-rata n-gain yang diperoleh adalah 0,70 dengan kriteria tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan discovery learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendekatan discovery learning dapat dijadikan alternatif dalam usaha meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memiliki karakteristik penemuan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pendekatan Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Laju Reaksi

References

Agustin, Yuke. Noor Fadiawati, L. T. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(3), 98–112.

Agustya, Z., & Soejoto, A. (2017). Pengaruh Respon Siswa Tentang Proses Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(3), 1–6.

Diana, N. (2017). Creativity Of Student In The Opened Mathematics Problem Solving In Terms Of Learning Styles. Proceedings Published The Faculty Of Matematics And Natural Science Yogyakarta University (ME. 67-74).

Diana, N., & Mariamah, M. (2014). Profil Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar. Media Pendidikan Matematika, 2(2), 151–161.

Ena, trifiani , Hironimus C. Tangi1) , Yustina D. Lawung1), E. G. B. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.

Leba, M. A. U., Komisia, F., & Tukan, M. B. (2021). Bimbingan Belajar Kimia Bagi Siswa SMA Yang Berdomisili Di Penfui-Binilaka Kupang. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 124. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i2.572

Lethe, M. O., Herawati, N., Anwar, M., Makassar, U. N., Daeng, J., & Makassar, T. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas. ChemEdu, 2, 11–24.

Nugrahaeni, A., Wayan Redhana, I., & Made Arya Kartawan, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29.

Polli1, Vinsensius., Vinsensia H.B Hayon1., Y. R. T. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 682–689.

Rani, N.F. Elvis Napitupulu, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Educatif Journal of Education Research, 2(3), 47–52. https://doi.org/10.36654/educatif.v2i3.178

Rosliani, V. D., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Pecahan. Jurnal Educatio, 8(2), 401–409. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1968

Sandi, K., & Fatisa, Y. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Metode Praktikum Virtual. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 50. https://doi.org/10.24014/jcei.v2i1.21650

Saputra, A. I., & Susilawati, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended Problem terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 103–111.

Siti Nur Annisa, Setiono, & Aa Juhanda. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Riset Berbantuan Media WhatsApp. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(1), 18–26. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.431

Sunarto, M. fFkri. (2022). PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING GUNA MENCIPTAKAN KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 21, 2588–2593.

Susana, Kadaritna, N., & Tania, L. (2018). Efektivitas Model POGIL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia JPPK, 7(3), 63–74.

Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.

Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214

Published
2024-03-17
How to Cite
Elisabet Kurniati, Yanti Rosinda Tinenti, & Faderina Komisia. (2024). Implementasi Pendekatan Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 108-113. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1480
Abstract viewed = 78 times
PDF downloaded = 80 times