Analisis Citra Visual Fase-Fase Bulan dalam Tinjauan Sistem Koordinat Bola Langit
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan merekam citra digital dari setiap fase bulan yang tampak di langit maluku, kemudian dilakukan analisis citra visual berdasarkan sistem koordinat bola langit. Variabel yang diamati dalam penelitian ini berupa data visual dan parameter astronomi yang meliputi: a) Fase Bulan; b) Fraksi Iluminasi Bulan; c) Ketinggian Bulan; d) Ketinggian Matahari; e) Umur bulan; f) Azimuth Bulan; dan g) Azimuth Matahari. Data utama berupa bentuk fase-fase bulan didapatkan dari hasil pemotretan menggunakan kamera lapangan SONY DSC-H300. Data citra visual yang diperoleh pada setiap fase kemudian dianalisis berdasarkan sistem koordinat bola langit yang memberikan hasil berupa data realtime dan gambaran dari bulan dan matahari pada koordinat bola langit yang mempengaruhi terbentuknya fase-fase bulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap kali bulan teramati pada fase tertentu maka bulan selalu berada pada ketinggian yang berbeda di atas horizon. Saat fase purnama terjadi, nilai fraksi iluminasi mendekati 100% dengan nilai selisih azimuth antara bulan dan matahari mencapai 180o dan umur bulan mencapai 14-15 hari. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perubahan bentuk visual pada setiap fase-fase bulan yang kita amati dari bumi diakibatkan oleh perubahan ketinggian, azimuth serta parameter astronomis lainnya yang dimiliki bulan dan matahari dalam kerangka koordinat bola langit sehingga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan untuk menganalisis dan memahami mekanisme perubahan bentuk dari setiap fase bulan, sehingga fase-fase bulan tidak hanya dipandang sebatas fenomena alam yang indah, melainkan dapat dipahami sebagai suatu peristiwa sains yang komprehensif.
Downloads
References
Aini, S. (2022). Uji Akurasi Rasd Al-Qiblat Global Sebagai Metode Penentuan Arah Kiblat. Al-Ahkam Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 7(1), 57–71. https://doi.org/10.22515/alahkam.v7i1.5412
Bell, R. L., & Trundle, K. C. (2008). The use of a computer simulation to promote scientific conceptions of moon phases. Journal of Research in Science Teaching, 45(3), 346–372. https://doi.org/10.1002/tea.20227
Chastenay, P. (2016). From Geocentrism to Allocentrism: Teaching the Phases of the Moon in a Digital Full-Dome Planetarium. Research in Science Education, 46(1), 43–77. https://doi.org/10.1007/s11165-015-9460-3
Da Silva, L. M. F. B., Warsito, A., & Louk, A. C. (2019). Analisa Komputasi Pergerakan Orbit Bumi Terhadap Matahari Berdasarkan Hukum Kepler Memanfaatkan Wolfram Mathematica. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.35508/fisa.v4i1.1431
Jamaludin, D. (2018). Penetapan Awal Bulan Kamariah dan Permasalahannya di Indonesia. 5729(November), 156–171. https://doi.org/10.30596/jam.v4i2.2441
Johnson, T. E., Morrissey, L. J., Nemchin, A. A., Gardiner, N. J., & Snape, J. F. (2021). The phases of the Moon: Modelling crystallisation of the lunar magma ocean through equilibrium thermodynamics. Earth and Planetary Science Letters, 556, 116721. https://doi.org/10.1016/j.epsl.2020.116721
Khusurur, M. (2020). Perpaduan Hisab Dan Rukyat Sebagai Metode Penentuan Awal Bulan Hijriyah. Jurnal Al-Wasith : Jurnal Studi Hukum Islam, 5(2), 150–161. https://doi.org/10.52802/wst.v5i2.76
Musfiroh, I., & Hendri, H. (2018). Analisis Regresi Non Linier (Polinomial) Dalam Pembentukan Kriteria Visibilitas Hilal Di Indonesia. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(1), 46–66. https://doi.org/10.30596/jam.v4i1.1935
Muthmainnah. (2015). Transformasi Koordinat Bola Langit Ke Dalam Segitiga Bola (Equatorial Dan Ekliptika) Dalam Penentuan Awal Waktu Salat. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(2), 11–23. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v5i2.2024
Nielsen, W., & Hoban, G. (2015). Designing a digital teaching resource to explain phases of the moon: A case study of preservice elementary teachers making a slowmation. Journal of Research in Science Teaching, 52(9), 1207–1233. https://doi.org/10.1002/tea.21242
Parnafes, O. (2012). Developing Explanations and Developing Understanding: Students Explain the Phases of the Moon Using Visual Representations. Cognition and Instruction, 30(4), 359–403. https://doi.org/10.1080/07370008.2012.716885
Raisal, A. Y. (2018). Berbagai Konsep Hilal di Indonesia. Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan, 4(2), 146–155. https://doi.org/10.30596/jam.v4i2.2478
Rakhmadi, A. J., Setiawan, H. R., & Raisal, A. Y. (2020). Pengukuran Tingkat Polusi Cahaya dan Awal Waktu Subuh di OIF UMSU dengan Menggunakan Sky Quality Meter. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 12(2), 58–65. https://doi.org/10.30599/jti.v12i2.667
Riza, M. H. (2020). Fenomena Supermoon Dalam Perspektif Fiqh Dan Astronomi. Elfalaky, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.24252/ifk.v4i1.14163
Waliawati, & Ni’am, M. I. (2022). Konvergensi Rukyat Tarbi ’ dan Badr dengan Kriteria Imkanur Rukyat Neo MABIMS ( Praktek Penentuan Awal Bulan Kamariah di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Garut ). AL-Afaq: Jurnal Ilmu Falak Dan Astronomi, 4(2), 237–253. https://doi.org/10.20414/afaq.v4i2.5351
Wasudewa Bhattacarya. (2019). Purnama-Tilem: Konsep Rwa Bhinneda Pada Wariga Di Bali. 2(1). https://doi.org/10.25078/jyk.v2i1.1558
Yuliani, W. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.