Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPA dalam Pembelajaran di Kelas: A Systematic Literatur Review
Abstract
Perkembangan digitalisasi menjadikan teknologi semakin diperlukan dalam pembelajaran IPA, namun demikian kehadiran teknologi ini perlu diimbangi dnegan kompetensi Guru IPA. Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru IPA salah satunya yaitu kompetensi Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dan kajian secara literatur mengenai kompetensi TPACK guru IPA dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan systematic literatur review (SLR) dengan sumber data primer berasal dari berbagai hasil penelitian dengan tema TPACK pada guru IPA. Pada proses SLR terdapat empat tahapan utama, yaitu clasification and approach, search and select, analyzis, and report. Pada SLR ini fokus utama mengkaji kompetensi TPACK pada guru IPA daro 30 artikel yang sudah diseleksi sesuai kriteria dan kebutuhan penelitian. Hasil SLR menunjukkan bahwa kompetensi TPACK yang diukur pada guru IPA dalam berbagai penelitian meliputi tujuh aspek, yaitu pengetahuan teknologi (TK), pengetahuan konten (CK), pengetahuan pedagogi (PK), pengetahuan teknologi dan konten (TCK), pengetahuan teknologi dan pedagogi (TPK), pengetahuan pedagogi dan konten (PCK), dan pengetahuan terintegrasi antara konten, teknologi, dan pedagogi secara komprhensif (TPACK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPACK guru IPA memiliki kategori yang berbeda, mulai dari kurang, cukup, baik sampai sangat baik. Perbedaan ini memberi gambaran bahwa kompetensi TPACK guru IPA masih perlu pengembangan dan peningkatan melalui program dan aktivitas yang terencana dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik kurikulum serta siswa.
Downloads
References
Arisandy, D., Murni, P., & Nazarudin. (2022). Kemampuan Pedagogical Knowledge Guru IPA Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IX SMPN 17 Kota Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 682–687. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.682-687
Auerbach, A. J. J., & Andrews, T. C. (2018). Pedagogical knowledge for active-learning instruction in large undergraduate biology courses: a large-scale qualitative investigation of instructor thinking. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0112-9
Aydın, G. Ç., Evren, E., Atakan, İ., Şen, M., Yılmaz, B., Pirgon, E., Yeşilyurt, E., Akıllıoğlu, F. Ç., & Ebren, E. (2016). Delphi technique as a graduate course activity: Elementary science teachers’ TPACK competencies. SHS Web of Conferences, 26, 01135. https://doi.org/10.1051/shsconf/20162601135
Fanani, M. A. (2023). The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.6
Guzey, S. S., & Roehrig, G. H. (2009). Teaching Science with Technology: Case Studies of Science Teachers’ Development of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK). Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 25–45.
Handayani, T., Aprilia, N., Susanti, A., & Alpendi, A. (2023). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Biologi Universitas Ahmad Dahlan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 14(1), 16. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v14i1.7769
Hari, K., Dewi, S., Gede, I. P., Sudiatmika, A., Rahardian, R. L., & Pradipta, I. M. (2024). Pengaruh Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Terhadap Keterampilan Guru SMK Dalam Merancang Perangkat Pembelajaran Berbasis Digital. Journal on Education, 06(02), 13943–13953.
Keser, H., Karaoğlan Yılmaz, F. G., & Yılmaz, R. (2015). TPACK Competencies and Technology Integration Self-Efficacy Perceptions of Pre-Service Teachers. İlköğretim Online, 14(2), 1193–1207. https://doi.org/10.17051/io.2015.65067
Latip, A., Robandi, B., Amaliah, A., Khakim, R. R., & Fatonah, N. (2023). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Framework for Science Teachers’ Comptences in Facing Global Challenges and Issues: A Narrative Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 7(1), 45–57. https://doi.org/10.20961/ijpte.v0i0.74699
Liunokas, S. M., Supiah, I., & Louise, Y. (2021). Chemistry Teacher ’ s Perception About Their Technology , Pedagogical , and Content Knowledge. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020), 541(Isse 2020), 315–321.
Martín-Páez, T., Aguilera, D., Perales-Palacios, F. J., & Vílchez-González, J. M. (2019). What are we talking about when we talk about STEM education? A review of literature. Science Education, 103(4), 799–822. https://doi.org/10.1002/sce.21522
McKenney, S., & Voogt, J. (2017). Expert views on TPACK for early literacy: Priorities for teacher education. Australasian Journal of Educational Technology, 33(5), 1–14. https://doi.org/10.14742/ajet.2502
Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN GURU IPA TENTANG TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA SMP/MTs DI KOTA ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9–20. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.413
Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709
Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.50
OECD. (2013). Teachers’ Pedagogical Knowledge and the Teaching Profession: Background Report and Project Objectives.
Ploj Virtič, M. (2022). Teaching science & technology: components of scientific literacy and insight into the steps of research. International Journal of Science Education, 44(12), 1916–1931. https://doi.org/10.1080/09500693.2022.2105414
Sastria, E. (2023). Indonesian Pre-service and In-service Science Teachers’ TPACK Level. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.53889/ijbetsd.v3i1.143
Satar, S. (2023). Self-Assesment Kompetensi TPACK Pedagogical Knowledge ) Guru IPA SMP Kabupaten Keerom , Papua untuk Menghadapi Pembelajaran Abad Ke-21. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN IPA IV, 88–100.
Setyaningsih, E., Permatasari, N. W., & Nofianti, E. (2022). Identifikasi Kualitas Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Pada RPP Guru IPA Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Sawit Semester Genap Ta 2018/2019. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek (SNPBS), 554–557.
Stinken-Rösner, L., Hofer, E., Rodenhauser, A., & Abels, S. (2023). Technology Implementation in Pre-Service Science Teacher Education Based on the Transformative View of TPACK: Effects on Pre-Service Teachers’ TPACK, Behavioral Orientations and Actions in Practice. Education Sciences, 13(7). https://doi.org/10.3390/educsci13070732
Suharto, D., Nurdin, E. S., & Waluya, B. (2022). Pengembangan Kompetensi Pedagogical Content Knowledge pada Mahasiswa Calon Guru dalam Kegiatan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di Global Islamic Boarding School Yayasan Hasnur Centre. Jurnal Penelitian Pendidikan, 22(2), 182–197. https://doi.org/10.17509/jpp.v22i2.50036
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44–53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Tureni, D., Agni, R., Ashari, A., & Fardha, R. (2023). Analysis of TPACK Competency-Based Learning Media Utilyzed by Senior High School Biology Teachers in East Palu. Jurnal Nalar Pendidikan, 11(2), 131–138.
Wilujeng, I., Tadeko, N., & Dwandaru, W. S. B. (2020). Website-based technological pedagogical and content knowledge for learning preparation of science teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 545–559. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.31228
Yanti, M., & Mawarwati. (2023). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru SD Pada Materi IPA. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1138–1148. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6312
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.