Pengembangan E-Modul dengan Book Creator Tema Metabolisme Tubuh untuk Membantu Visualisasi Konsep IPA Peserta Didik Kelas VII SMP
Abstract
Dalam pembelajaran IPA, beberapa bahan ajar yang digunakan di SMP bersifat teks book, belum dikemas secara terpadu dan animatif sehingga belum mendukung visualisasi konsep IPA dengan baik. Dari analisis masalah yang ada pada latar belakang maka dikembangkanlah bahan ajar berupa e-modul dengan book creator tema metabolisme tubuh. Tujun penelitian ini ialah menganalisis tingkat validasi e-modul dengan book creator tema metabolisme tubuh untuk membantu visualisasi konsep IPA peserta didik kelas VII SMP. Metode penelitian research & development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan yang meliputi bagian pendefinisian (define), bagian perancangan (design), dan bagian pengembangan (develop) sampai uji validasi ahli. Pada tahap develop instrumen yang digunakan pada uji validasi yakni lembar angket untuk validasi ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi (guru IPA SMP). Dalam penelitian ini analisis data dilakukan secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Total nilai persentase rata-rata keseluruhan dari tiga ahli materi, tiga ahli media, dan tiga ahli praktisi (guru IPA SMP) yakni 89,28% dalam kategori “sangat valid”. Berdasarkan hal tersebut, maka e-modul dengan book creator tema metabolisme tubuh untuk membantu visualisasi konsep ipa peserta didik kelas VII SMP dinyatakan sangat valid dapat diaplikasikan dalam pembelajaran IPA.
Downloads
References
Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Alfikri, M. (n.d.). EXECUTIVE SUMMARY PENGEMBANGAN BOOK CREATOR BERNUANSA ALAM MINANGKABAU PADA TEMA 5 EKOSISTEM KELAS V SDN 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG.
Anas Sudijono. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Annisa Novianti Taufik, Hilda Kristina, Brenda Fajri Gibran, Alfia Sabililah, Syahilda Septiani, Dzul Asfi Warraihanah, Lia Nurmalia, Syofiarni, S., & Oyok Tati Risalah. (2023). Pengembangan E-Book Kontekstual Berorientasi Kearifan Lokal Banten untuk Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 1095–1104. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1251
Ardianti, S. D. (2015). Pengaruh Modul Tematik Inquiry-Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Pembentuk Bioenergi. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2).
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan multimedia interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA peserta didik di sekolah dasar. Educare, 90–97.
Haliqah, N., Herowati, H., & Anekawati, A. (2022). E-modul model learning cycle 3e berbasis book creator materi sistem pernapasan manusia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 8(1), 283–290.
Mahfuddin, M. F., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMP Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terintegrasi Karakter Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(3), 200–208.
Mayumi, D. G., & Feroniasanti, Y. M. L. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS BOOK CREATOR PADA MATERI METABOLISME SEL KELAS XII. Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi: Sains Dan Teknologi 2022.
Pakpahan, R. B., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Learning Cycle 7E Berbantuan QR Code Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Tema Air Tercemar Menjadi Bersih. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 371–378. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.371-378
Purwanto, M. N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran . Bandung: PT. Rosdakarya.
Rahmawati, I. (2017). Pembuatan Media Komik pada Sub Materi Metabolisme Karbohidrat untuk Siswa SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(8).
Ramadhani, F., Sjaifuddin, S., & Kurniasih, S. (2022). EFFICIENCY OF CREATIVE THINKING ABILITY IN AUGMENTED REALITY-BASED LEARNING MEDIA THE ACID RAIN THEME. Jurnal Pena Sains, 9(2), 8–16. https://doi.org/10.21107/jps.v9i2.14116
Rismawati, E., Widodo, M., & Agustina, E. S. (2015). Kelayakan penyajian buku teks mahir berbahasa indonesia kelas vii smp/mts kurikulum 2013. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(5).
Sari, D. I. (n.d.). PENGARUH PEMBELAJARAN MEDIA VISUAL TERHADAP MENINGKATNYA MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR.
Vagova, R., & Kmetova, M. (2018). The role of visualisation in solid geometry problem solving. 17th Conference on Applied Mathematics, 1054–1064.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Wijaya, I. G. H., Santyasa, I. W., & Sudatha, I. G. W. (n.d.). Volume 12 Nomor 2 Tahun 2022 PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN MODEL PROBLEM-BASED FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i2.1138
Wijayadi, A. W., & Putra, E. B. N. (2019). Pengembangan E-Modul Struktur Atom untuk Mendukung Perkuliahan Kimia Dasar Berbasis Blended Learning. Jurnal Zarah, 7(2), 57–61.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.