Implementasi Penggunaan E-LKPD Berbasis Open ended Problem Tema Pemanasan Global untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas VII

  • Tiara Rahmi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suroso Mukti Leksono Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Annisa Novianti Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Berfikir kreatif merupakan salah satu tuntutan keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki oleh seluruh peserta didik. Kemampuan berfikir kreatif ini dapat dilatih dengan penggunaan bahan ajar. Bahan ajar yg dapat digunakan yaitu E-LKPD. Dalam penelitian ini akan berfokus pada uji coba terbatas E-LKPD yang sudah dirancang sebelumnya. Melalui penelitian ini akan didapatkan respon peserta nantinya respon ini akan digunakan untuk penyempurnaan produk E-LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi E-LKPD berbasis Open ended problem terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII dalam skala uji terbatas, dan mendeskripsikan respon peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbasis Open ended Problem untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII. metode penelitian yang digunakan dan (R&D) dengan 4D yang sudah dimodifikasi sebagai desain penelitiannya. Pada penelitian sebelumnya telah dilaksanakan tahap define, design, dan develop (yang dilakukan hanya sampai tahap uji validasi). Tahapan penelitian yang dilakukan selanjutnya yaitu uji coba terbatas dan revisi produk. Instrument yang digunakan yaitu tes uraian, lembar angket respon, dan lembar Observasi. Hasil penelitian ini menunjukan 80,98% masukkedalam kategori kreatif, dan E-LKPD berbasis open ended problem ini dapat digunakan sebagai bahan ajar pendukung bagi peserta didik atau guru pada tingkat SMP Kelas VII untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Uji Coba Terbatas, E-LKPD, Berpkir kreatif, Open ended problem, Pemanasan Global

References

Andini, S. P., Leksono, S. M., & Vitasari, M. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Open ended problem Tema Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 773–782. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.773-782

Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11452

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167

Jumanto, J., & Adi, Y. K. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vi Ditinjau Dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(1), 82–87. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7533

Maharani Anak Agung Putri, & Widhiasih Luh Ketut Sri. (2016). Respon Siswa Terhadap Umpan Balik Guru Saat Pelajaran Bahasa Inggris Di Sd Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati, 05(02).

Mihajlović, A., & Dejic, M. (2015). Using Open-Ended Problems and Problem Posing Activities in Elementary Mathematics Classroom. The 9th International MCG Conference, June, 34–40.

Mulder, W. R. S. P., & Siswanto, J. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Vii Smp Negeri 65 Maluku Tengah Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.26418/jippf.v4i1.56629

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.

Muti’ah, U., Waluya, S. B., & Mulyono. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) dengan Strategi Scaffolding. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 889–893. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/389

Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(4), 1585. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961

Purwanto, N. (2004). Psikologi Pendidikan. Remadja karya.

Rahmawati, D. A., & Firmansyah, D. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Materi SPLDV. Jurnal Didactical Mathematics, 5(2), 485–493. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm

S, M. D. R. (2019). Membangun Keterampilan 4C dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Vol. 3, 3, 922.

Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2019). Reserach methods for business students, Fithh edition,Prentice Hall. In Research Methods for Business Students (Issue January). www.pearsoned.co.uk%0Awww.pearson.com/uk%0Ahttps://www.amazon.com/Research-Methods-for-Business-Students/dp/1292208783/ref=sr_1_2?dchild=1&qid=1614706531&refinements=p_27%3AAdrian+Thornhill+%2F+Philip+Lewis+%2F+Mark+N.+K.+Saunders&s=books&sr=1-2&text=Adri

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Suharsimi Arikunto, Supardi, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi AKSARA.

Suriyani. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 3(2), 54–60.

Taufik, A. N., Kristina, H., Gibran, B. F., Sabililah, A., Syahilda, Septiani, Warraihanah, D. A., Nurmalia, L., Syofiarni, & Risalah, O. T. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(desember), 812–817.

Published
2024-03-30
How to Cite
Rahmi, T., Suroso Mukti Leksono, & Annisa Novianti Taufik. (2024). Implementasi Penggunaan E-LKPD Berbasis Open ended Problem Tema Pemanasan Global untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas VII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 269-275. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1499
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 36 times