Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

  • Dian Rizki Amalia Universitas Jambi
  • Roseli Theis Universitas Jambi
  • Marlina Marlina Universitas Jambi

Abstract

Kemampuan Reversible Thinking menjadi kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa ketika memecahkan permasalahan matematika. Melalui kemampuan Reversible Thinking siswa mampu melihat cara penyelesaian masalah bukan hanya dari satu sudut pandang saja, tetapi juga pembalikannya. Kemampuan ini memungkinkan siswa agar mampu menyelesaikan masalah matematika secara kompleks Namun kenyataannya kemampuan Reversible Thingking masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kemampuan Reversible Thinking siswa pada materi persamaan linear satu variabel. Ini merupakan penelitian deskriptif dan termasuk dalam penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII-E SMP Negeri 17 Kota Jambi dengan subjek penelitian yang berjumlah 9 orang. Instrumen tes pada penelitian ini berupa lembar soal tes kemampuan Reversible Thinking dan lembar pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kemampuan Reversible Thinking siswa berbeda-beda, hal ini dilihat dari hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes Kemampuan Reversible Thinking, dimana hanya S1 dan S2 yang mampu memenuhi ketiga indikator tersebut dalam menyelesaikan soal tes pada soal nomor 1 dan soal nomor 2. Dan untuk S3, S4, S5, S6, S7, S8, dan S9 memiliki kemampuan Reversible Thinking dengan pencapaian indikator yang beragam.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Reversible Thinking Matematis, Persamaan Linear Satu Variabel

References

Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7294

Bharata, H., Sutiarso, S., Noer, S. H., & Kurniawati, D. (2022). Pengembangan bahan ajar LKPD untuk meningkatkan kemampuan Reversible Thinking siswa. Seminar Nasional Pendidikan, 260–272.

Chotijah, S., & Susanto, A. (2019). Efektivitas Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 195–206. https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.2.195-206

D Kolnel, R. P., Charitas Indra Prahmana, R., & Arifin, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Matematika Gasing Pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Numeracy, 2(April), 70–76.

Kurniawati, D., & Sutiarso, S. (2022). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa SMA Pada Konsep Kalkulus. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2908–2922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1464

Listiani, T., Dirgantoro, K. P. S., Saragih, M. J., & Tamba, K. P. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Topik Bangun Ruang [Error Analysis of Students in the Mathematics Department in Solving Geometry Problems on the Topic of Solid Figures]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.1708

Maf’Ulah, S., Fitriyani, H., Yudianto, E., Fiantika, F. R., & Hariastuti, R. M. (2019). Identifying the Reversible Thinking skill of students in solving function problems. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012033

Maf’ulah, S., & Juniati, D. (2019). Students’ Strategies to Solve Reversible Problems of Function: The Part of Reversible Thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012051

Mahfud, M. S., Mardiyana, M., & Fitriana, L. (2021). Bagaimana Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Pembelajaran Online? AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1190. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3681

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic, Financial Literacy and Collaborative Problem Solving (Revised Edition). In OECD Publishing.

OECD. (2022). PISA 2022 Results The State of Learning and Equity in Education. I(2), 1–4.

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049

Pamungkas, M. D., & Franita, Y. (2019). Keefektifan problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75–80.

Purwaningrum, Aura; Sutiarso, S. (2022). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Peserta Didik Kelas VIII SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 39–48.

Saparwadi, L., Purnawati, B., & Erlian, B. , P. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Pada Bilangan Pecahan Dan Reversibilitas. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 60. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.715

Siregar, A. G., & Ananda, R. (2023). Analisis Kamampuan Reversible Thinking pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Swasta BPI Palu Kurau. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1265–1273. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2265

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualikatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.

Sutiarso, S. (2020). Analysis of Student Reversible Thinking Skills on Graph Concept. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 185–195. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6768

Published
2024-03-27
How to Cite
Dian Rizki Amalia, Roseli Theis, & Marlina, M. (2024). Analisis Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 212-223. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1502
Abstract viewed = 73 times
PDF downloaded = 39 times