Analisis Kebutuhan Penilaian Berbasis Literasi Teknologi pada Materi Fluida
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan proses penilaian literasi teknologi pada materi fluida yang dilakukan di sekolah MAN Binjai. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan Bersama dengan 2 guru fisika untuk mengetahui pada fase pra pembelajaran, pembelajaran, dan evaluasi telah berbais literasi teknologi ataukah tidak. Metode observasi dilakukan dengan 4 analisis, yaitu analisis kurikulum dan ATP, analisis modul ajar, analisis tugas siswa, dan lembar observasi siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis literasi teknologi telah diterapkan di MAN Binjai, namun proses penilaian yang dilakukan belum mencakup penilaian berbasis literasi teknologi. Penilaian yang dilakukan tidak sesuai dengan standar penilaian yang ditetapkan ATP, sehingga terjadi ketidaksesuaian antara proses pembelajaran dengan evaluasi yang dilakukan.
Downloads
References
Arsyad, A. (2017). Instrumen penilaian. PT Raja Grafindo Persada.
Depiani, M. R., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 59–69. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19374
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Farhodovna, A. M., Olimboevich, A. J., & Badriddinovich, K. B. (2020). Innovative Pedogogical Technologies For Training The Course Of Physics. The American Journal of Interdisciplinary Innovations and Research, 2(12), 82–91. https://doi.org/10.37547/tajiir/volume02issue12-12
Herman, N. D., Maknun, J., Barliana, M. S., & Mardiana, R. (2019). Technology Literacy Level of Vocational High School Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299, 519–522. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.118
Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p108-121
Jeprianto, Ubabuddin, & Herwani. (2021). Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.55
Julia, J., & Isrokatun, I. (2019). Technology literacy and student practice: Lecturing critical evaluation skills. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(9), 114–130. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.9.6
Lestari, S., & Santoso, A. (2019). The Roles of Digital Literacy, Technology Literacy, and Human Literacy to Encourage Work Readiness of Accounting Education Students in the Fourth Industrial Revolution Era. 3rd ICEEBA International Conference on Economics, Education, Business and Accounting, 3(11), 513–527. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.4031
Mahardika, B. (2018). Penerapan Metode Penilaian Berbasis Portofolio Dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 33–45. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i1.1030
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
Mufit, F., Asrizal, Hanum, S. A., & Fadhilah, A. (2020). Preliminary research in the development of physics teaching materials that integrate new literacy and disaster literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1), 1–12. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012041
Mustopa, A., Jasim, Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 24–29. https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364
Nikou, S., & Aavakare, M. (2021). An Assessment of The Interplay Between Literacy and Digital Technology in Higher Education. Education and Information Technologies, 26(4), 3893–3915. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10451-0
Nuraeni, R., Pattiasina, P. J., & Ulfah, A. (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 659–666. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1045
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94.
Rahmawati, L. E., & Huda, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Muhammadiyah University Press.
Satriana, A. (2021). Best Practise Meningkatkan Literasi Teknologi dan Sains Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Pendekatan STEM. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 184–193.
Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. UNJ Press.
Yuniawatika, Y., Manggala, I. S. A., & Rahmasari, F. D. (2021). Penyusunan Instrumen Tes Dan Pembuatan Online Quiz Bagi Guru. Bayfa Cendekia Indonesia.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.