Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

  • Astriani Aulia Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih Universitas Mataram
  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan tipe nonequevalent control grup desaign. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi yang dianalisis menggunakan uji Mann Whitney U. Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,000<0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini berarti bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Hal ini dipengaruhi oleh sintaks project based learning, project yang dihasilkan, suasana pembelajaran, minat belajar, dan motivasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

References

Abidin, S., Negeri, S., Makassar, S., Selatan, S., Pendidikan, P., Kejuruan, T., Muis, A., & Pendidikan, M. (n.d.). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Pengaruh Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Sidrap.

Annisa, L., & Wakijo, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1).

Antara, G. B., Arsa, I. P. S., & Adiarta, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BB2. 8(2), 49–58.

Asriyadin, A., Yulianci, S., Kaniawati, I., & Liliawati, W. (2021). Improving student character and learning outcomes through a neuroscience approach based on local wisdom. AIP Conference Proceedings, 2330(1), 050027. https://doi.org/10.1063/5.0043350

Azizah, R. (2022). Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 539–550.

Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.10

Fatimah, P., & Makki, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 51–57.

Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073

Gunawan, S., & Soesanto, R. H. (2022). Keakuratan Umpan Balik Asesmen Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pengerjaan Formatif Secara Daring. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 10–19.

Juni, V. O. L. N. O., Utami, M. D., Hanafi, I., & Nurhidayat, D. (n.d.). Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 7 Jakarta Avalaiable at : Avalaiable at : 3(1), 27–31.

Maharani, F., Asrin, A., & Widodo, A. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keaktifan Belajar dan Retensi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 347–355.

Mardana, V. S., Rijal, M., & Darwis, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 736–743.

Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa sekolah dasar. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 142–167.

Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.50

Oktasya, I., Istiningsih, S., & Alpiati, N. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Crocodile Mouth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membandingkan Bilangan Kelas 3 Di SDN 39 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 76–84.

Pramika, D. (2022). depi neraca.

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22.

Rahmayanti, D., Supriyanto, D. H., & Khusniyah, T. W. (2022). Pengaruh keaktifan bertanya siswa terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 34–40.

Sains, K. P. (2022). PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN. 135–144.

Sari, A. Y., Astuti, R. D., & Pendahuluan, A. (2013). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI.

Simangunsong, H. H., Hrp, I. A. A., Azhari, N. S., Afdilani, N., & Tanjung, I. F. (2023). Penerapan Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Pada Materi Gen:(Implementation Of Project Based Learning (PJBL) To Increase Learning Outcome Of Students Of Class XII IPA 1 SMA N 2 Percut Sei Tuan In Gen Materials). BIODIK, 9(1), 46–51.

Slamet, E., Rahmawati, P., Purwandari, S., & Rahmaningrum, K. K. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Pembelajaran Numberd Heads Together (NHT) Berbantuan Media Gerbong Pembagian Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 947–951.

Soleh, D. (2021). Penggunaan model pembelajaran project based learning melalui google classroom dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 137–143.

Wardani, D. K., Suyitno, S., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Yus’iran, Y., Asriyadin, A., & Wahyuni, N. (2017). PERBEDAAN PENERAPAN PENDEKATAN CONCEPT MAPPING DAN PENDEKATAN INQUIRI ROLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, Vol 3, No 2 (2017).

Zahra, N. R. A., Sukmanasa, E., & Anjaswuri, F. (2023). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5910–5916.

Published
2024-03-31
How to Cite
Astriani Aulia, Siti Istiningsih, & Nurwahidah, N. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 282-288. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i1.1519
Abstract viewed = 115 times
PDF downloaded = 99 times