Efektivitas Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa
Abstract
Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang menggunakan sikap dan proses ilmiah dalam mempelajari kejadian alam secara empiris, rasional dan sistematis adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA sangat penting untuk diajarkan dengan tujuan membekali peserta didik dalam kehidupan untuk memecahkan masalah secara ilmiah. Faktanya, di SMP Sunan Ampel dan SMP PGR 1 Tulungagung dalam pembelajaran IPA cenderung mengajarkan siswa untuk hafalan sehingga keterampilan proses sains siswa terabaikan. Perangkat pembelajaran yang dapat melatihkan keterampilan proses sains diperlukan untuk mensiasatinya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi zat aditif dan zat adiktif yang efektif untuk melatihkan keterampilan proses sains. Pengembangan mengacu pada model 4D proses eempat langkah yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Pengembangan perangkat berupa modul ajar, LKPD, handout, dan instrumen tes keterampilan peoses sains. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dalam bentuk essay sejumlah 10 soal dengan tiga indikator yaitu mengelompokkan, menginterpretasi, dan menyimpulkan. Teknik analisis data untuk menilai efektivitas perangkat pembelajaran berupa analisis kuantitatif. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain penelitian sebesar 0,63, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat melatihkan keterampilan proses sains siswa. Nilai ini termasuk dalam kategori sedang.
Downloads
References
Anggraeni, L., & Hidayah, R. (2019). VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LAJU REAKSI. Unesa Journal of Chemical Education, 82-87. doi: https://doi.org/10.26740/ujced.v8n1.p%25p
Areesophonpichet, S. (2013). A Development of Analytical Thinking Skills of Graduate Students by Using Concept Mapping. . The Asian Conference on Education 2013 Official Conference Proceeding (pp. 795-816). Thailand: Chulalongkorn University.
Ausubel, D. P. (1960). The Use of Advanced Organizermin The Learning And Retention of Meaningful Verbal Material. Meaningful Verbal Material. Journal of Education Pshycology,, 267-272.
Budiyono, A., & Hartini . (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika: Jurnal Pemikiran penelitian pendidikan dan sains, 141-149. doi:https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Deswita, P., & Firnmasyah. (2020). Efektivitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Science Environment Technology and Social (SETS). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 81-90. doi: 10.15548/nsc.v6i1.1558
Gagne, R. M. (1985). The Condition of Learning and Theory of Instruction. 4th. New York: Holt, Rinehart & Winston.
Herowati, & Azizah, L. F. (2022). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBANTUAN BUKU PETUNJUK MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KONTEKSTUAL PESISIR. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 51-60. doi:https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.198
Kheng, Y. T. (2008). Longman Scince Process Skills Form 1. Malaysia: Pearson Longman.
Putri, M. H., Fahmi, & Wahyuningsih, E. (2021). EFEKTIVITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP PADA MATERI POKOK LISTRIK STATIS. JOUrnal of Banua Science Education, 79-84.
Putri, W. A., Astalina, & Darmaji. (2022). “Analisis Kegiatan Praktikum Untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 61-68. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2638
Report, C. S. (2012). A Framework for K-12 Science Education: Practices, Crosscutting Concepts, and Core Ideas. Washington, DC: National Academies Press.
Rustaman, N. Y. (2003). Pengembangan keterampilan proses sains. Bandung: FPMIPA UPI.
Sari, S. N. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 77-88. doi:http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4055
Sari, W. P., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 995-1000. doi:10.29303/jipp.v7i2c.437
Sholihah, M., & Pertiwi, F. N. (2021). Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan Konsep terhadap Kemampuan Menyimpulkan Sub Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 159-170. doi:https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.155
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Tadda, I. A. (2020). Studi Awal Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Development for teacher of exceptional Children. Blomington: Indiana University.
Trisnowati, A., Bakti, I., & Sholahuddin, A. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. JCAE, Journal of Chemistry And Education, 126-132. doi: https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.427
Wahyuningsih, F. S. (2014). Pengembangan LKS berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolisis Garam untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia, 94-103. doi:https://doi.org/10.20961/paedagogia.v17i1.36061
Widyanti, R. D. (2020). Pengaruh Teknik Pembelajaran Pictorial Riddle Berbantuan LKPD berbasis Inquiry Learning terhadap Keterampilan Proses Sains pada materi Pemantulan Cahaya. Junal Ilmu Pendidikan, 37-45. doi:https://doi.org/10.32939/tarbawi.v16i01.522
Zahrotin, A., Anfa, Q., & Agnafia, D. N. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Jurnal Jendela Pendidikan, 43-47. doi: https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.8
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.