Pengembangan E-Modul Berbasis Ekoliterasi Sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

  • Annisa Novianti Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Liska Berlian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ajeng Restu Wahyuni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mia Khofifah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sheila Shakila selasakila2805@gmail.com

Abstract

Penelitian ini bersumber pada permasalahan terkait kesadaran mahasiswa akan menjaga lingkungan masih kurang dan belum mencerminkan upaya dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Berdasarkan analisis kebutuhan dilapangan dikembangkanlah e-modul berbasis ekoliterasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi e-modul berbasis ekoliterasi. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain dan pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli materi yang terdiri dari indikator kelayakan isi, kontekstual, penyajian materi dan ekoliterasi, ahli media memuat indikator kegrafikan, kemudahan, konsistensi dan format, penyajian dan ahli bahasa mencakup beberapa indikator yaitu komunikatif, lugas, dialogis dan interaktif, kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase secara keseluruhan mencapai 93,85% dengan kategori “sangat valid” artinya e-modul berbasis ekoliterasi dapat dikatakan layak untuk dapat diujicobakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: E-modul, Ekoliterasi, Pembangunan Berkelanjutan

References

Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8 (2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905

Agustin, E. C., Kusumajanto, D. D., Wahyudi, H. D., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan E-modul Berbantuan Aplikasi Flip Builder Pada Mata Pelajaran Marketing (Studi Pada Kelas X Bsinis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan, 1(2), 163-171. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p163-171

Agustina, T., Maryani, E., & Yani, A. (2023). Tingkat Pemahaman Ekoliterasi pada Peserta Didik. Sosio-Didaktika:Social Science Education Journal, 10(2), 119–128. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK

Aisyah, W. D., Muhana, G., & Djatmika, E. T. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI BERCIRIKAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DAN PRODUKTIF. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 667–675. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Al-Anwari, A. M. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. TA’DIB, 19(2), 227–252. https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16

Alifah, S. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN EDUCATION IN INDONESIA AND ABROAD: ADVANTAGES AND LACKS. CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Almualimah, V. A., Maulida, S. N., & Nurfitasari. (2022). Pengembangan Smart Modul IPA Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Perubahan Iklim untuk Siswa Kelas VII SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2(2), 113–124. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii

Amyyana, A. H., Paristiowati, M., & Kurniadewi, F. (2017). Pirolisis Sederhana Limbah Plastik dan Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7 (1), 14-21. https://doi.org/10.21009/JRPK.071.03

Anggristia, S., Edy, S., & Hariyadi, R. S. (2023). Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 258. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6509

Annur, S., Wati, M., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan. 251-256.

Aprillia, I. N., & Asri, T. M. (2021). VALIDITAS MODUL BERBASIS DISCOVERYLEARNING UNTUKMELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PADAMATERI VIRUS KELAS X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 240–249. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4 C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 1-13. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829

Azizah, A., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 521–531. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Eilks, I. (2015). Science education and education for sustainable development - justifications, models, practices and perspectives. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(1), 149–158. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1313a

Erlina, N. (2021). Kesiapan Calon Guru IPA dalam Pengembangan Rencana Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.39740.

Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(2), 179. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/516

Febriani, M. (2015). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN APRESIASI DONGENG YANG BERMUATAN CLIL BAGI PESERTA DIDIK SD KELAS TIGA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka

Gaol, T. L. (2021). Analisis Penggunaan Ejaan (Penulisan Kata) Di Internet. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS), 88–95. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks

Ghany, H. (2018). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Madaniyah, 8(2), 186–198.

Hardianti, & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar 123. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Ishartono, I., & Raharjo, S. T. (2016). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DAN PENGENTASAN KEMISKINAN. SHARE: SOCIAL WORK JURNAL, 6(2), 154-272. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13198

Karaarslan, G., & Teksöz, G. (2016). Integrating Sustainable Development Concept into Science Education Program is not enough; We Need Competent Science Teachers for Education for Sustainable Development Turkish Experience. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION, 11(15), 8403–8424.

Khalis, S., & Sopian, A. (2023). Use of E-Comic media through canva to increase the Maharah Kitabah. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 24(2). https://doi.org/10.23960/aksara/v24i2.pp657-668

Novidsa, I., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2020). Exploring knowledge of prospective biology teacher about Education for Sustainable Development. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 317–326. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.12212

Ozilgen, Z. S. (2019). Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. CRC Press, Taylor & Francis Group.

Pratama, A. O. S., Sari, D. U., & Handoko, A. (2024). Tingkat Ekoliterasi Peserta Didik dalam Konteks Pembelajaran Biologi Berbasis Ekopedagogik: Sebuah Kajian Analitis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 280–287. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/472

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). ANALISIS KELAYAKAN BAHASA DALAM BUKU TEKS TEMA 1 KELAS I SEKOLAH DASAR KURIKULUM 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111. http://dx.doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773

Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIPLE REPRSENTATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24

Ramadhan, A. F., & Surjanti, J. (2022). PENGARUH EKOLITERASI DAN PENDEKATAN ESD TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Education and Development, 10(3), 129–134. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814

Setyaningrum, T. W. (2020). PRAKTIK PEMBELAJARAN EKOLITERASI BERORIENTASI PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA SURABAYA BAGIAN BARAT. JPGSD, 8(2), 375–384.

Sunanik. (2018). PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ALAM AL AZHAR KUTAI KARTANEGARA. Jurnal Ilmiah AL-MADRASAH, 3(1), 81–110. http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/4845

Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syukron, A. (2018). EKOLITERASI: DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERWAWASAN LINGKUNGAN. Prosiding Seminar Nasional Eksplorasi Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa Timuran, 4, 61–70. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11876

Tareze, M. A. H., Astuti, I., & Afandi. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI SDGs DALAM PENDIDIKAN FORMAL SEBAGAI PENGENALAN ISU GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK. Journal Visipena, 13(1), 42–53. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena

Taufik, A. N., Kurniasih, S., Sari, C. M., Nulhakim, L.-, & Juansah, D. E. (2023). STUDENT RESPONSE TOWARD THE SCIENCE COMMUNICATION SKILLS-BASED INTERACTIVE E-MODULE. Jurnal Pena Sains, 10(2), 65–72. https://doi.org/10.21107/jps.v10i2.17628

Thoriq, R. T., Sari, V. R., & Rachman, I. F. (2024). Menuju Masa Depan Yang Berkelanjutan : Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran SDGs 2030. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 162–175. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2109

Triana, Y., Enawaty, E., Sahputra, R., Muharini, R., & Sartika, R. P. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis PBL dengan Liveworksheet Pada Pokok Bahasan Termokimia di SMA/ MA Pontianak. Prosiding Seminar Nasional Kak, 4, 38-43. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/896/588

Trieb, C. A. (2016). Application Of Learning Technologies To Promote Holistic Thinking And Consensus Building In Global Studies. International Journal of Information And Learning Technology, 33 (5), 300-314. https://doi.org/10.1108/IJILT-01-2016-0005

Wilujeng, I., Dwandaru, W. S. B., & Rauf, R. A. B. A. (2019). The effectiveness of education for environmental sustainable development to enhance environmental literacy in science education: A case study of hydropower. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 521–528. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.19948

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PASAR MODAL UNTUK SISWA KELAS XI IPS MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Yuliawati, E. P. T., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 95–105. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4250

Zeng, Y., Maxwell, S., Runting, R. K., Venter, O., Watson, J. E. M., & Carrasco, L. R. (2020). Environmental destruction not avoided with the Sustainable Development Goals. Nature Sustainability, 3(10), 795–798. https://doi.org/10.1038/s41893-020-0555-0

Published
2024-09-01
How to Cite
Taufik, A. N., Liska Berlian, Ajeng Restu Wahyuni, Mia Khofifah, & Sheila Shakila. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Ekoliterasi Sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 702-712. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1699
Abstract viewed = 248 times
PDF downloaded = 174 times