Pengembangan E-Modul Berbasis Ekoliterasi Sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)
Abstract
Penelitian ini bersumber pada permasalahan terkait kesadaran mahasiswa akan menjaga lingkungan masih kurang dan belum mencerminkan upaya dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan. Berdasarkan analisis kebutuhan dilapangan dikembangkanlah e-modul berbasis ekoliterasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi e-modul berbasis ekoliterasi. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain dan pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli materi yang terdiri dari indikator kelayakan isi, kontekstual, penyajian materi dan ekoliterasi, ahli media memuat indikator kegrafikan, kemudahan, konsistensi dan format, penyajian dan ahli bahasa mencakup beberapa indikator yaitu komunikatif, lugas, dialogis dan interaktif, kesesuaian dengan kaidah bahasa Indonesia. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase secara keseluruhan mencapai 93,85% dengan kategori “sangat valid” artinya e-modul berbasis ekoliterasi dapat dikatakan layak untuk dapat diujicobakan.
Downloads
References
Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8 (2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905
Agustin, E. C., Kusumajanto, D. D., Wahyudi, H. D., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan E-modul Berbantuan Aplikasi Flip Builder Pada Mata Pelajaran Marketing (Studi Pada Kelas X Bsinis Daring dan Pemasaran SMKN 1 Turen. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Pendidikan, 1(2), 163-171. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p163-171
Agustina, T., Maryani, E., & Yani, A. (2023). Tingkat Pemahaman Ekoliterasi pada Peserta Didik. Sosio-Didaktika:Social Science Education Journal, 10(2), 119–128. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK
Aisyah, W. D., Muhana, G., & Djatmika, E. T. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI BERCIRIKAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN EFEKTIF DAN PRODUKTIF. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 667–675. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Al-Anwari, A. M. (2014). STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA MANDIRI. TA’DIB, 19(2), 227–252. https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16
Alifah, S. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA UNTUK MENGEJAR KETERTINGGALAN DARI NEGARA LAIN EDUCATION IN INDONESIA AND ABROAD: ADVANTAGES AND LACKS. CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 5(1), 113–123. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968
Almualimah, V. A., Maulida, S. N., & Nurfitasari. (2022). Pengembangan Smart Modul IPA Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Perubahan Iklim untuk Siswa Kelas VII SMP. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2(2), 113–124. http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii
Amyyana, A. H., Paristiowati, M., & Kurniadewi, F. (2017). Pirolisis Sederhana Limbah Plastik dan Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7 (1), 14-21. https://doi.org/10.21009/JRPK.071.03
Anggristia, S., Edy, S., & Hariyadi, R. S. (2023). Upaya Peningkatan Kolaborasi Antar Peserta Didik Melalui Implementasi Manajemen Kelas Menggunakan Teknik Friendship Grouping. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 258. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6509
Annur, S., Wati, M., Mahtari, S., & Prastika, M. D. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan. 251-256.
Aprillia, I. N., & Asri, T. M. (2021). VALIDITAS MODUL BERBASIS DISCOVERYLEARNING UNTUKMELATIHKAN KETERAMPILAN LITERASI SAINS PADAMATERI VIRUS KELAS X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 240–249. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4 C (Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 1-13. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829
Azizah, A., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Motion graphic pada Tema Ecoenzyme Si Cairan Serbaguna untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 521–531. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1604
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Eilks, I. (2015). Science education and education for sustainable development - justifications, models, practices and perspectives. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(1), 149–158. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1313a
Erlina, N. (2021). Kesiapan Calon Guru IPA dalam Pengembangan Rencana Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.39740.
Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 4(2), 179. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/516
Febriani, M. (2015). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN APRESIASI DONGENG YANG BERMUATAN CLIL BAGI PESERTA DIDIK SD KELAS TIGA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Gaol, T. L. (2021). Analisis Penggunaan Ejaan (Penulisan Kata) Di Internet. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS), 88–95. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks
Ghany, H. (2018). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Madaniyah, 8(2), 186–198.
Hardianti, & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 11 Makassar 123. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408
Ishartono, I., & Raharjo, S. T. (2016). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DAN PENGENTASAN KEMISKINAN. SHARE: SOCIAL WORK JURNAL, 6(2), 154-272. https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13198
Karaarslan, G., & Teksöz, G. (2016). Integrating Sustainable Development Concept into Science Education Program is not enough; We Need Competent Science Teachers for Education for Sustainable Development Turkish Experience. INTERNATIONAL JOURNAL OF ENVIRONMENTAL & SCIENCE EDUCATION, 11(15), 8403–8424.
Khalis, S., & Sopian, A. (2023). Use of E-Comic media through canva to increase the Maharah Kitabah. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 24(2). https://doi.org/10.23960/aksara/v24i2.pp657-668
Novidsa, I., Purwianingsih, W., & Riandi, R. (2020). Exploring knowledge of prospective biology teacher about Education for Sustainable Development. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(2), 317–326. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i2.12212
Ozilgen, Z. S. (2019). Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. CRC Press, Taylor & Francis Group.
Pratama, A. O. S., Sari, D. U., & Handoko, A. (2024). Tingkat Ekoliterasi Peserta Didik dalam Konteks Pembelajaran Biologi Berbasis Ekopedagogik: Sebuah Kajian Analitis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 280–287. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/472
Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). ANALISIS KELAYAKAN BAHASA DALAM BUKU TEKS TEMA 1 KELAS I SEKOLAH DASAR KURIKULUM 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111. http://dx.doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2773
Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150
Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIPLE REPRSENTATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24
Ramadhan, A. F., & Surjanti, J. (2022). PENGARUH EKOLITERASI DAN PENDEKATAN ESD TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK. Jurnal Education and Development, 10(3), 129–134. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Setyaningrum, T. W. (2020). PRAKTIK PEMBELAJARAN EKOLITERASI BERORIENTASI PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA SURABAYA BAGIAN BARAT. JPGSD, 8(2), 375–384.
Sunanik. (2018). PEMBELAJARAN BERBASIS ALAM UNTUK ANAK USIA DINI DI TK ALAM AL AZHAR KUTAI KARTANEGARA. Jurnal Ilmiah AL-MADRASAH, 3(1), 81–110. http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/4845
Sudijono, A. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Syukron, A. (2018). EKOLITERASI: DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERWAWASAN LINGKUNGAN. Prosiding Seminar Nasional Eksplorasi Bahasa, Sastra Dan Budaya Jawa Timuran, 4, 61–70. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/11876
Tareze, M. A. H., Astuti, I., & Afandi. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI SDGs DALAM PENDIDIKAN FORMAL SEBAGAI PENGENALAN ISU GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SOSIAL PESERTA DIDIK. Journal Visipena, 13(1), 42–53. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena
Taufik, A. N., Kurniasih, S., Sari, C. M., Nulhakim, L.-, & Juansah, D. E. (2023). STUDENT RESPONSE TOWARD THE SCIENCE COMMUNICATION SKILLS-BASED INTERACTIVE E-MODULE. Jurnal Pena Sains, 10(2), 65–72. https://doi.org/10.21107/jps.v10i2.17628
Thoriq, R. T., Sari, V. R., & Rachman, I. F. (2024). Menuju Masa Depan Yang Berkelanjutan : Mengoptimalkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Kesadaran SDGs 2030. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 162–175. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2109
Triana, Y., Enawaty, E., Sahputra, R., Muharini, R., & Sartika, R. P. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis PBL dengan Liveworksheet Pada Pokok Bahasan Termokimia di SMA/ MA Pontianak. Prosiding Seminar Nasional Kak, 4, 38-43. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/kpk/article/view/896/588
Trieb, C. A. (2016). Application Of Learning Technologies To Promote Holistic Thinking And Consensus Building In Global Studies. International Journal of Information And Learning Technology, 33 (5), 300-314. https://doi.org/10.1108/IJILT-01-2016-0005
Wilujeng, I., Dwandaru, W. S. B., & Rauf, R. A. B. A. (2019). The effectiveness of education for environmental sustainable development to enhance environmental literacy in science education: A case study of hydropower. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 521–528. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.19948
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PASAR MODAL UNTUK SISWA KELAS XI IPS MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463
Yuliawati, E. P. T., Abadi, I. B. G. S., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 95–105. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4250
Zeng, Y., Maxwell, S., Runting, R. K., Venter, O., Watson, J. E. M., & Carrasco, L. R. (2020). Environmental destruction not avoided with the Sustainable Development Goals. Nature Sustainability, 3(10), 795–798. https://doi.org/10.1038/s41893-020-0555-0
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.