Analisis Hasil Belajar, Aktivitas Belajar dan Respon Belajar Matematika melalui Quantum Teaching kelas VII3 SMP Negeri 1 Batulappa

  • Andi Kamal Ahmad STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Abdul Razzaq STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Sitti Rahmayani STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Jumrah Jumrah STKIP Darud Da'wah wal Irsyad Pinrang
  • Hamdana Hamdana STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang
  • Muhardi Muhardi STKIP Darud Da’wah wal Irsyad Pinrang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas belajar dan respon pembelajaran matematika melalui quantum teaching pada siswa kelas VII3 SMP Negeri 1 Batulappa melalui quantum teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah pelaksanaan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: 1) Tingginya hasil belajar matematika siswa kelas VII3. Jika 85% lebih besar dari jumlah siswa, maka telah ditetapkan hasil belajar yang memenuhi KKM yaitu 75 di sekolah. 2) Aktivitas belajar matematika siswa kelas VII3 meningkat Jika aktivitas siswa meningkat atau berpartisipasi dalam pembelajaran matematika 3) Respon belajar matematika siswa kelas VII3 meningkat jika 80% dari jumlah siswa memberikan respon positif terhadap quantum teaching. Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen meliputi: 1) tes hasil belajar sebanyak 5 soal yang diberikan pada pertemuan terakhir siklus I dan siklus II pada materi persamaan linear dan pertidaksamaan univariat, 2) lembar kerja observasi aktivitas siswa selama 6 sesi, dan 3) Kuis Siswa Pendidikan Kuantum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan kuantum meliputi: 1) Peningkatan hasil belajar siswa kelas VII3 SMPN 1 Batulappa karena siklus I jumlah siswa yang hasil belajar matematikanya mencapai KKM adalah antara 19 siswa atau 61,3% dan siklus II jumlah siswa yang pembelajaran matematikanya mencapai KKM sebanyak 27 siswa atau 87,1%. 2) peningkatan aktivitas belajar selama pelaksanaan quantum teaching, dengan keseriusan dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran. 3) mendapatkan respon pembelajaran sebagai respon positif terhadap penerapan quantum teaching pada 90% dari kriteria 80%.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Quantum Teaching

References

Alhakiki, A., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Quantum Teaching Kerangka TANDUR Terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 534–540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.395

Anggriani, S. (2022). Pengaruh self confidence terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 28–34.

Fitri, R. A., Adnan, F., & Irdamurni, I. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 88–101. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.570

Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073

Jumrah, J. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V SDN 186 LEMBANG. Histogram, 1(1), 12–26.

Jumrah, J., & Anggriani, S. (2022). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–51.

Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515–525. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.360

Mustakim, A., Wawan, W., Choirudin, C., Ngaliyah, J., & Darmayanti, R. (2023). Quantum Teaching Model: Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 06–10. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.54

Nuraisyah, N., & Nurjannah, N. (2023). Supervision of Class Visits By The Principal in Developing Teacher Competencies at SDIT Makassar Islamic School Baruga. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.50

Nursalam, M., HS, E. F., & Jusmawati, J. (2021). Efektifitas Model Quantum Teaching Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 506–516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.724

Rustam, A., & Adli, M. (2016). Journal of Mathematics Education IMPROVING STUDENT LEARNING RESULTS THROUGH THE. Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–10.

Tahir, N., & Jumrah, J. (2023). PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP NEGERI PASANG. AIJES, 2(1), 68–82.

Ulum, M., & Fauzi, A. (2023). Behaviorism Theory and Its Implications for Learning. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 53–57. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.41

Published
2024-09-01
How to Cite
Andi Kamal Ahmad, Abdul Razzaq, Sitti Rahmayani, Jumrah, J., Hamdana Hamdana, & Muhardi Muhardi. (2024). Analisis Hasil Belajar, Aktivitas Belajar dan Respon Belajar Matematika melalui Quantum Teaching kelas VII3 SMP Negeri 1 Batulappa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 668-674. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1733
Abstract viewed = 100 times
PDF downloaded = 71 times