Pengaruh Lokus Kendali terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP

  • Najela Dekantari Universitas Mataram
  • Harry Soeprianto Universitas Mataram
  • Nourma Pramestie Wulandari Universitas Mataram
  • Ketut Sarjana Universitas Mataram

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan siswa menggunakan proses berpikirnya dalam memecahkan masalah dengan mengumpulkan fakta, menganalisis informasi, menyusun berbagai solusi, dan memilih solusi yang paling efektif. Lokus kendali merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokus kendali terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram sebanyak 161 orang. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII A sebanyak 32 siswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket lokus kendali dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Uji statistik yang digunakan yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan lokus kendali terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan kontribusi sebesar 36,2%

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Lokus Kendali, Pemecahan Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

References

Agustina, T. R., Subarinah, S., Hikmah, N., & Amrullah, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Open Ended Materi Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 433–441. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.85

Aulia, S., Subarinah, S., Azmi, S., & Amrullah, A. (2024). Analysis of The Mathematical Problem-Solving Ability on Two-Variable Linear Equation System Material In Grade VIII Students. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 9(1), 98. https://doi.org/10.33394/jtp.v9i1.10653

Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.537

Depdiknas. (2003). Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Juliana, Ekawati, D., & Basir, F. (2017). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 121–133. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.666

Kalamu, L. Y. (2021). Pengaruh Locus of Control Terhadap Motivasi Belajar Siswa. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 133–143. https://doi.org/10.51135/kambotivol1iss2pp133-143

Kemendikbud. (2013). Salinan Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah. Kemendikbud.

Kudisiyah, S. M., Novarina, E., & Lukman, H. S. (2017). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 110–117.

Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika : Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Bandung, ALFABETA 2018.

Mawardin, M., Adiansha, A. A., Mulyadin, M., & Nurgufriani, A. (2023). Correlation Study: Self-Concept and Mathematical Disposition on Learning Outcomes of Elementary School Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 11–17. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.6

Murtiningsih, L. (2018). Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Kusuma. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(40), 4–009.

Nafisah, K., Muh. Turmuzi, Wahyu Triutami, T., & Azmi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 719–731. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.213

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Patimah, F. (2020). Adversity Quotient dan Locus of Control Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 479–486.

Sari, N. I., Amrullah, A., Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Analisis Tingkat Metakognisi Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.10

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swanson, H. L. (2016). Word Problem Solving, Working Memory and Serious Math Difficulties: Do Cognitive Strategies Really Make A Difference? Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 5(4), 368–383. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2016.04.012

Syatriadin, S. (2017). Locus of Control : Teori Temuan Penelitian dan Reorientasinya dalam Manajemen Penanganan Kesulitan Belajar Peserta Didik. Fondatia, 1(1), 144–164. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i1.93

Widyayanti, N., Hazanariah, H., & Khairunnisa, N. Z. (2022). Peran Locus Of Control Internal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Akademik Pada Mahasiswa Pengurus Organisasi. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, 8(4), 592–601. https://doi.org/10.29303/jseh.v8i4.159

Published
2024-09-01
How to Cite
Najela Dekantari, Harry Soeprianto, Nourma Pramestie Wulandari, & Ketut Sarjana. (2024). Pengaruh Lokus Kendali terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 675-681. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1735
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 52 times