Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Materi Sistem Reproduksi Manusia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan supaya dapat menyelesaikan masalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX SMP pada materi sistem reproduksi manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS materi sistem reproduksi manusia. Penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes 20 soal pilihan ganda berbasis HOTS. Teknik analisis data menggunakan skoring soal two tier multiple choice. Populasi dalam penelitian ini siswa di SMPN Sekecamatan Maospati. Sampel penelitian menggunakan 177 siswa, yang terdiri dari 60 siswa SMPN Negeri 1 Maospati, 57 siswa SMPN 2 Maospati, dan 60 siswa SMPN 3 Maospati. Pengumpulan sampel menggunakan teknik random sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dalam mengerjakan soal berbasis HOTS kelas IX SMPN yang ada di Kecamatan Maospati berkategori tinggi dengan presentase 11%, berkategori cukup dengan presentase 23%, dan berkategori rendah dengan presentase sebesar 71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS masih rendah. Angket Kuesioner pernyataan sikap siswa dalam berpikir kritis yang digunakan sebagai data pendukung penelitian.
Downloads
References
Abduh, M., & Istiqomah, A. (2021). Analisis Muatan Hots dan Kecakapan Abad 21 pada Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2069–2081. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1124
Anfa, Q., & Zahrotin, A. (2021). Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Dan Keilmuan …, 01(1), 12–21.
Budiarti, I. S. (2017). Analyze of Students’ Higher-0rder thinking skills of heat and temperature concept, Journal of phyics.
Hanifah, N. (2019). Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. Conference Series Journal, 1(1), 18–23.
Kumala, D. R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. UIN Raden Intan Lampung.
Kurniawati, T. D., Akhdinirwanti, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Aplikasi 3D PageFlip Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ), 2(1), 32–41.
Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains. 179–185.
Rafiola, R. H., Setyosari, P., Radjah, C. L., & Ramli, M. (2020). The effect of learning motivation, self-efficacy, and blended learning on students’ achievement in the industrial revolution 4.0. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(8), 71–82. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i08.12525
Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistik. Bandung. Alfabeta.
Rukoyatun. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Dasar Desain Grafis Kelas X SMK Negeri 9 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sabani, Bunawan, W., Ramadhani, I., & Tri Agung, M. (2022). Analysis of Test Instruments Based on Hots Critical Thinking on Physics in the Senior High School. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 10(1), 186–192. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v10.i1.2022.4483
Sara, S. (2020). Analisis higher order thinking skills (HOTS) Siswa kelas VIII SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal pendidikan biologi. Vol 5 No.
Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.
Susilawati, E., Agustinasari, A., S. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. February. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453
Y. Susilowati and S. Sumaji. (2020). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (Hots) Berdasarkan Taksonomi Bloom,” J. SILOGISME Kaji. Ilmu Mat. dan Pembelajarannya,. doi: 10.24269/silogisme.v5i2.2850.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.