Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah dan proses pembelajaran kurang efektif serta guru kurang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Articulate storyline 3 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 8 Mataram. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Only Control Group Design dengan sampel penelitian yang terdiri dari siswa kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 56 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini yaitu terdapat efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate storyline 3 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 8 Mataram, sebagaimana efektivitas yang dimaksud pada penelitian ini yaitu (1) adanya perbedaan rata-rata hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen; (2) terdapat peningkatan dan efektivitas pada rata-rata hasil belajar matematika dengan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,81 dengan kategori tinggi dan memperoleh presentase sebasar 80,74% dengan kategori efektif; (3) terdapat respon yang sangat baik dari angket respon siswa terhadap penggunaan media interaktif Articulate storyline 3 dalam proses pembelajaran dengan persentase respon 81,85%.
Downloads
References
Adisti, M., Qurbaniah, M., & Rahayu, H. M. (2023). Efektivitas Media Articulate Storyline Terhadap Minat dan Retensi Siswa Pada Materi Biologi SMA Taman Mulia. Qalam:Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2)(2), 23–32. https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2707.
Amatullah, D. C., & Sutrisno, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021 / 2022. 15(1), 243–250. https://doi.org/10.52217/lentera.v15i1.775.
Amiroh. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva.
Cahyanti, H. I. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Articulate Storyline Untuk Mendukung Kemampuan Metakognisi Siswa Kelas Xi Dalam Memproduksi Cerpen Di Sma Negeri 3 Malang. Journal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran, 16(24). Diambil dari https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/13154/10467.
Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat media pembelajaran inovatif dengan aplikasi articulate storyline 3. Padang: UNP Press.
Ernawati, et al. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Sigli: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Hasnul, F., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru.
Hidayat, R, & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021
Junpahira, S. V., & Pahlevi, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 149-171. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7220.
Moeis, D., & Harmin, A. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Kuliah Pemrograman Beriorentasi Objek. Jurnal Informasi Dan Komputer, 10(1), 97-16. https://doi.org/10.35959/jik.v10i1.281.
Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Palembang: Universitas PGRI Palembang 17 November 2022. Diambil dari https://www.collagesidekick.com/study-docs/5899330.
Pratiwi, I., Pamungkas, D., & Sorong, P. M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Presentasi Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil. 3(Juli), 12–19. https://doi.org/10.36232/theorema.v3i1.2605.
Putri, N. A., Sarjana, K., Hikmah, N., & Sripatmi. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Pada Materi Unsur-unsur dan bagian-bagian Lingkaran Untuk Siswa SMP. Journal of Clasroom Action Reasearch, 5(4), 304-310. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i4.5607.
Salsabila, N. H., & Setyaningrum, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game: Statistic in Artic. MANDALIKA: Mathematics and Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.1248.
Simbolon, F. J., Noer, S, H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(2), 76-88. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp76-88.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain Vs Stacking: Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest. Yogyakarta: Surya Cahya.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Ulfa, M., Yunus, S. R., & Arsyad, A. A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Sinjai. CSE: Celebs Science Education, 2(3), 242-252. https://doi.org/10.35580/cse.v2i3.51021.
Winaldi., Usman., Ahsan, A., & Misbahuddin. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate Storyline Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa. Journal Of Mathematics Learning Innovation, 2(2), 138-146. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v2i2.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.