Efektivitas Media Pembelajaran Software Powtoon terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan software Powtoon terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa yaitu 395 siswa yang terbagi menjadi 10 kelas dari kelas VIII A sampai dengan VIII J. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A berjumlah 37 siswa dan VIII B berjumlah 38 siswa. Kelas VIII A menjadi kelas kontrol sedangkan kelas VIII B menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol dan 2) dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa sebagain besar siswa berminat terhadap penggunaan software Powtoon sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan software Powtoon efektif terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538
Aulya, L. N., Ratnaningrum, I., & Widagdo, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Berbasis Animasi Powtoon untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4912–4918. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4353
Azmi, S., Sarjana, K., Junaidi, J., Yulis Tyaningsih, R., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Matematika SMP Se-Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 220–229. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.99
Elvansya, Z. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 7(1), 1–7.
Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Edutcehnologia, 3(2), 1–10.
Fitriana, S. A., Budiman, M. A., & Suyitno. (2022). Keefektifan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nalumsari Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1805–1917.
Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, Achmad, D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Heriyanto, M. R. P., & Fitriyani, H. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTU POWTOON DAN FILMORA UNTUK SISWA SMP/MTs. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 65–79. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2838
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmi Pendidikan, “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Maulana, I., & Suwandi. (2019). Keefektifan Media Powtoon Dalam Pembelajaran Ipa Ditinjau Dari Minat Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sd. Indonesian Journal of Conservation, 8(1), 28–34.
Muin, A., Amin, M., & Azhari, A. S. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres 5/81 Tibojong Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 1(4), 519–528.
Muin, A., Firdaus, & Hajar, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 342–351.
Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia), 10(1), 1–9.
Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404
Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875
Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462–1471. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.808
Paksi, P. H., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Pratiwi, N., Sompotan, A., & Lolowang, J. (2023). Efektivitas Pembelajaran Inovatif Menggunakan Powtoon Terhadap Hasil Beljaar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Di SMP Negeri 2 Dumoga. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 91–97.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.
Prianti, N. P. D., & Rezania, V. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran IPS Berbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Jenggot Krembung Sidoarjo. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 1–12.
Saragih, L. (2021). Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Media Audio Visual Powtoon Pada Siswa Kelas VIII-5 Smp Negeri 1 Sei Bingai Tahun Pelajaran 2019-2020. Journal on Education, 2(22), 22–33.
Scolastika, G. E., Barella, Y., Aminuyati, A., Okianna, O., & Atmaja, T. S. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 598. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57842
Sudihartinih, E., Hajizah, M. N., & Marzuki, M. (2021). Penggunaan Teknologi Digital Pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 59. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11723
Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–8.
Sukirman & Yuliana, I. (2018). Prinsip Dasar Pengembangan Animasi 2D dan 3D Menggnakan OpenToonz dan Blender. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Sukismo & Kristianti, W. (2017). Erlangga X-PRESS UN SMP/MTs 2018 Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2024). Analysis of Learning Media Needs for Physics of Motion Course Based on Android Platform. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.92
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.