Efektivitas Media Pembelajaran Software Powtoon terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

  • Annisa Syafrina Rizkyka Hamid Universitas Mataram
  • Harry Soeprianto Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
  • Arjudin Arjudin Universitas Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan software Powtoon terhadap hasil belajar dan minat siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi  pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa yaitu 395 siswa yang terbagi menjadi 10 kelas dari kelas VIII A sampai dengan VIII J. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A berjumlah 37 siswa dan VIII B berjumlah 38 siswa. Kelas VIII A menjadi kelas kontrol sedangkan kelas VIII B menjadi kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal uraian dan angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol dan 2) dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa sebagain besar siswa berminat terhadap penggunaan software Powtoon sebagai media pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan software Powtoon efektif terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi bangun ruang sisi datar di SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas, Software Powtoon, Hasil Belajar, Minat Siswa

References

Anggita, Z. (2021). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 44–52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538

Aulya, L. N., Ratnaningrum, I., & Widagdo, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Digital Berbasis Animasi Powtoon untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 4912–4918. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4353

Azmi, S., Sarjana, K., Junaidi, J., Yulis Tyaningsih, R., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Matematika SMP Se-Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 220–229. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.99

Elvansya, Z. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 7(1), 1–7.

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Edutcehnologia, 3(2), 1–10.

Fitriana, S. A., Budiman, M. A., & Suyitno. (2022). Keefektifan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nalumsari Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1805–1917.

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, Achmad, D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Heriyanto, M. R. P., & Fitriyani, H. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTU POWTOON DAN FILMORA UNTUK SISWA SMP/MTs. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 65–79. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2838

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmi Pendidikan, “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penelitian. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Maulana, I., & Suwandi. (2019). Keefektifan Media Powtoon Dalam Pembelajaran Ipa Ditinjau Dari Minat Dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sd. Indonesian Journal of Conservation, 8(1), 28–34.

Muin, A., Amin, M., & Azhari, A. S. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres 5/81 Tibojong Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 1(4), 519–528.

Muin, A., Firdaus, & Hajar, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 342–351.

Mulyana, E., Dahlena, A., Tetep, Rohman, S. N., Widyanti, T., Suherman, A., Dianah, L., Uno, I. C., & Rostiani, A. (2023). Efektifitas Media Pembelajaran Powtoon untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Indonesia), 10(1), 1–9.

Novera, R. D., Sukasno, S., & Sofiarini, A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon Menggunakan Konsep Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7161–7173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3404

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Nuriyanti, L., Prayitno, S., Tyaningsih, R. Y., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1462–1471. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.808

Paksi, P. H., & Ariyanti, L. (2020). Sekolah Dalam Jaringan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Pratiwi, N., Sompotan, A., & Lolowang, J. (2023). Efektivitas Pembelajaran Inovatif Menggunakan Powtoon Terhadap Hasil Beljaar Siswa Pada Materi Tekanan Zat Di SMP Negeri 2 Dumoga. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 91–97.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Prianti, N. P. D., & Rezania, V. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran IPS Berbasis Powtoon Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Jenggot Krembung Sidoarjo. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 1–12.

Saragih, L. (2021). Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Media Audio Visual Powtoon Pada Siswa Kelas VIII-5 Smp Negeri 1 Sei Bingai Tahun Pelajaran 2019-2020. Journal on Education, 2(22), 22–33.

Scolastika, G. E., Barella, Y., Aminuyati, A., Okianna, O., & Atmaja, T. S. (2022). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 598. https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.57842

Sudihartinih, E., Hajizah, M. N., & Marzuki, M. (2021). Penggunaan Teknologi Digital Pada Perkuliahan Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 59. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11723

Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media audiovisual Powtoon Terhadap Motivasi dan hasil Belajar Siswa Materi Unsur Senyawa campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1–8.

Sukirman & Yuliana, I. (2018). Prinsip Dasar Pengembangan Animasi 2D dan 3D Menggnakan OpenToonz dan Blender. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sukismo & Kristianti, W. (2017). Erlangga X-PRESS UN SMP/MTs 2018 Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sumarni, R. A., & Kumala, S. A. (2024). Analysis of Learning Media Needs for Physics of Motion Course Based on Android Platform. Journal of Insan Mulia Education, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i1.92

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Published
2024-09-01
How to Cite
Annisa Syafrina Rizkyka Hamid, Harry Soeprianto, Muhammad Turmuzi, & Arjudin, A. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Software Powtoon terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 693-701. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1772
Abstract viewed = 106 times
PDF downloaded = 87 times