Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional

  • Widi Nugraha Ady Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut
  • Siti Nurdianti Muhajir Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut
  • Asep Irvan Irvani Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya keterampilan berpikir kritis bagi siswa SMA serta model Problem Based Learning yang dibantu dengan permainan tradisional dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model problem based learning berbantuan permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dan tahapan penelitian menggunakan protokol PRISMA, yaitu mengajukan riset pertanyaan, menemukan studi, evaluasi kritis studi, pengumpulan data serta analisis dan pelaporan data artikel dari databases Semantic Schoolar pada Software Publish or Perish. Dari 412 artikel yang diidentifikasi, 397 dieliminasi karena berbagai alasan, menyisakan 15 artikel yang termasuk dalam meta-analisis. Hasil penelitian menyebutkan adanya keterkaitan antara model Problem Based Learning dan keterampilan berpikir kritis serta permainan tradisional memiliki pengaruh positif terhadap minat belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Beberapa artikel juga menyoroti pentingnya pendekatan berbasis masalah dan media eksperimental untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat siswa dalam pembelajaran fisika. Meskipun terdapat tantangan seperti literasi digital rendah dan koneksi internet yang tidak stabil, integrasi permainan tradisional dalam model PBL terbukti mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta kolaboratif siswa. Penelitian ini menekankan perlunya dukungan dan pelatihan yang memadai bagi guru serta kerjasama antara semua pihak terkait untuk terus mengembangkan kualitas pembelajaran fisika di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Permainan Tradisional

References

Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 19(1), 21–39.

Asra, A., Festiyed, F., Mufit, F., & Asrizal, A. (2021). Pembelajaran Fisika Mengintegrasikan Etnosains Permainan Tradisional. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(2), 66–73. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i2.67

Ayu, H. D., Rismawati, A. Y., Kristiyaningsih, E., Wulandari, E. T., Wahyuningtyas, A., & Hudha, M. N. (2023). Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Fisika: Sistematik Literatur Review. Teaching, Learning and Development, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.6

Dhewi, A. S., & Ningrum, W. W. (2022). Strategi Literasi Digital Sebagai Sarana Penguatan Berpikir Kritis Mahasiswa Peminatan Jurnalistik. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1).

Fita, M. N., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) Based Socioscientific Issue (SSI) to Improve Critical Thinking Skills. Studies in Learning and Teaching, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.46627/silet.v2i3.71

Haddaway, N. R., Page, M. J., Pritchard, C. C., & McGuinness, L. A. (2022). PRISMA2020: An R package and Shiny app for producing PRISMA 2020-compliant flow diagrams, with interactivity for optimised digital transparency and Open Synthesis. Campbell Systematic Reviews, 18(2), e1230. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/cl2.1230

Haspen, C. D. T., Syafriani, S., & Ramli, R. (2021). Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 95–101. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/548

Hermansyah, H., Nurhairunnisah, N., Suji Ardianti, & I Gusti Made Sulindra. (2023). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi terhadap Kemampuan Kognitif Fisika Dilihat dari Gender Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 833–838. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1184

Indrapangastuti, D. (2023). Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning (Teori dan Implementasi). CV Pajang Putra Wijaya.

Khoiri, N., Ristanto, S., & Kurniawan, A. F. (2023). Project-Based Learning Via Traditional Game in Physics Learning: Its Impact on Critical Thinking, Creative Thinking, and Collaborative Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 286–292. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i2.43198

Mardhani, S. D. T., Haryanto, Z., & Hakim, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 206–213. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21325

Meylinda, M., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 196–203. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.17871

Miranti, M., Mukodas, M., & Anwar, M. (2024). Representasi Budaya dalam Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Tingkat SMA. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2), 233–245. https://doi.org/10.46963/asatiza.v5i2.1866

Ngatminiati, Y., Hidayah, Y., & Suhono, S. (2024). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI ABAD 21 SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8210–8216. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30193

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Putranta, H., Kuswanto, H., Hajaroh, M., Dwiningrum, S. I. A., & Rukiyati. (2021). Strategies of physics learning based on traditional games in senior high schools during the Covid-19 pandemic. Revista Mexicana de Fisica E, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.31349/REVMEXFISE.19.010207

Putri, W. I., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2428–2435. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1787

Rahmadita, N., Mubarok, H., & Prahani, B. K. (2021). Profile of Problem-based Learning (PBL) Model Assisted by PhET to Improve Critical Thinking Skills of High School Students in Dynamic Electrical Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 617–624. https://doi.org/0.29303/jppipa.v7i4.799

Rizki Nur Fadillah, Budi Jatmiko, & Wahono Widodo. (2023). Critical Thinking Profile of Senior High School Students in terms of Argumentation-Based Learning. Studies in Learning and Teaching, 3(3), 149–162. https://doi.org/10.46627/silet.v3i3.174

Rosadina, E. F., & Dewayanto, T. (2023). KUALITAS DAN SKILL IT PADA AUDITOR INTERNAL: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Diponegoro Journal of Accounting, 12(3).

Sari, D., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2022). Analysis The Effect of Problem Based Approaches and Media Experiment on Learning Interest and Critical Thinking Using Structural Equation Modeling. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i1.10141

Setiawan, H. J., & Islami, N. (2020). Improving Critical Thinking Skills of Senior High School Students Using the Problem Based Learning Model. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012060

Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043

Sri Wahyuni, Fershanda Vivi Hartono, Nabila Hafizhah, Linggar Dea Slavira, Dwi Sri Astutik, Wawuk Lisnawati, & Deby Izmarini. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 963–969. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1242

Suhirman, & Prayogi, S. (2023). Problem-based learning utilizing assistive virtual simulation in mobile application to improve students’ critical thinking skills. Humanities and Social Sciences Letters, 11(3), 351–364. https://doi.org/10.18488/61.v11i3.3380

Sulaiman, A., & Azizah, S. (2020). PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI INDONESIA: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 107–152. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.792

Suwandi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dan Tantangannya Untuk Berperan Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Tan, O.-S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.

Tasiah, N., Nurdjan, S., & Hisbullah. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Engklek untuk Mengembangkan Pemahaman Literasi Membaca Peserta Didik. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.927

Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J.-M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Journal of Intelligence, 11(3), 54. https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054

Triastuti, E. (2022). Pembelajaran Berbasis Stem Materi Elektroplating Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah WUNY, 3(2), 107–120. https://doi.org/10.21831/jwuny.v3i2.38660

van Dinter, R., Tekinerdogan, B., & Catal, C. (2021). Automation of systematic literature reviews: A systematic literature review. Information and Software Technology, 136, 106589. https://doi.org/10.1016/j.infsof.2021.106589

Wahyuni, S., Hartono, F. V., Hafizhah, N., Slavira, L. D., Astutik, D. S., Lisnawati, W., & Izmarini, D. (2023). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP melalui Lesson Study. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(4), 963–969.

Wulan, R., Saputra, S., & Bachtiar, Y. (2022). Formulasi hybrid model pembelajaran virtual dalam masa transisi menuju new normal pandemi COVID 19. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(6), 594–601.

Wulan Sekar Tanjung, A., Bektiarso, S., & Djoko Lesmono, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67–75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163

Yuanata, B. E., Dwikoranto, D., & Setiani, R. (2023). Profile of the PhET Assisted Problem-Based Learning Model for Improving Critical Thinking Skills of High School Students. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 11(3), 870. https://doi.org/10.33394/j-ps.v11i3.8415

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Zarvianti, E., & Sahida, D. (2020). Designing Comics By Using Problem Based Learning (PBL) to Improve Student’s Creative Thinking Skills. International Journal of Social Learning (IJSL), 1(1), 75–88. https://doi.org/10.47134/ijsl.v1i1.8

Published
2024-09-01
How to Cite
Nugraha Ady, W., Muhajir, S. N., & Irvani, A. I. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Tradisional. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 772-785. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1775
Abstract viewed = 130 times
PDF downloaded = 75 times