Mengukur Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Pembelajaran IPA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran PBL yang dibantu oleh sistem penilaian Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory (AABTLT) bersama dengan Student Activity Sheet (SAS) pada topik gelombang dan getaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Semua peserta didik di kelas VIII-A MTsN 11 Tasikmalaya menjadi sampel penelitian ini. Alat penelitian yang digunakan adalah SAS, yang merupakan daftar jawaban peserta didik terhadap pertanyaan, arahan, dan aturan yang diberikan selama proses pembelajaran menggunakan model PBL. Data yang diperoleh dari SAS akan dianalisis secara kuantitatif sederhana dan diinterpretasikan menggunakan teknik kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan capaian pembelajaran peserta didik pada materi getaran dan gelombang. Selain itu, sistem penilaian AABTLT dengan SAS berhasil merekam dan menilai efektivitas pembelajaran model PBL secara autentik.
Downloads
References
Adinda, A., Mulia, S., Irfan, I., & ... (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2).
Anggriani, L. A., Hasnawati, H., & Nurhasanah, N. (2024). Development of Ethnoscience-Based Teaching Materials in Class V Elementari School. Insights: Journal of Primary Education Research, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.68
Anwar, A. (2022). Media sosial sebagai inovasi pada model PjBL dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 239–250. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.44230
Asuri, A. R., Suherman, A., & Darman, D. R. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Mind Mapping dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 22–28. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7624
Atikoh, H., Khaeruddin, & Ngandoh, S. T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Al Usmaniyyah Lebaksiu Tegal Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Global Jurnal Pendidikan IPA, 1(4), 288–296.
Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i1.10
Erna Muliastrini, N. K., Nyoman, D., & Gede Rasben, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 254. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14116
Fajriani, R. W., Naswir, M., & Harizon, H. (2021). Pemberian Scaffolding dalam Bahan Belajar Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 108–114. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.108-114
Firmansyah, Sukarno, Kafrita, N., & Al Farisi, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Physics and Science Education Journal (PSEJ, 2(2), 75–82.
Hairani, E. (2018). Pembelajaran Sepanjang Hayat Menuju Masyarakat Berpengetahuan. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(1), 355–377. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i1.107
Haryati, L. F., & Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 12(1), 23–28.
Hidayana, H., Ahzan, S., & Rahmawati, H. (2022). Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika pada Sub-pokok Bahasan Kalor. Reflection Journal, 2(2), 74–81. https://doi.org/10.36312/rj.v2i2.1131
Kumalasari, D., & Akmal, S. Z. (2020). Resiliensi akademik dan kepuasan belajar daring di masa pandemi COVID-19: Peran mediasi kesiapan belajar daring. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 353–368. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.4139
Li, Y., & Singh, C. (2021). Effect of gender, self-efficacy, and interest on perception of the learning environment and outcomes in calculus-based introductory physics courses. Physical Review Physics Education Research, 17(1), 10143. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.010143
Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2683
Maulida Q, G., Rochman, C., Nasrudin, D., & Muttaqien, D. (2018). Mengukur Efektivitas Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Dalam Pembelajaran Fisika. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 1. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13720
Md, M. R. (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.34256/ajir1917
Nurika Utada, N., Fitriani, Y., & Wahyu Pertiwi, Y. (2023). Resiliensi Akademik Pada Siswa Smpn 08 Tambun Seltan Pasca Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Social Philanthropic, 2(1), 52–58. https://doi.org/10.31599/sp.v2i1.2626
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 24–35.
Oderinu, O. H., Adegbulugbe, I. C., Orenuga, O. O., & Butali, A. (2020). Comparison of students’ perception of problem-based learning and traditional teaching method in a Nigerian dental school. European Journal of Dental Education, 24(2), 207–212. https://doi.org/10.1111/eje.12486
Rochman, C., Mahen, E. C. S., & Nasrudin, D. (2018). AUTHENTIC ASSESSMENT BASED ON TEACHING AND LEARNING TRAJECTORY WITH STUDENT ACTIVITY SHEET (SAS) ON BASIC PHYSICS COURSES. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 1. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10373
Rochman, C., Nasrudin, D., & Kariadinata, R. (2018). Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory. 1(105), 174–177. https://doi.org/10.5220/0007094901740177
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Rumansara, T. H., Widyaningsih, S. W., Yenusi, K. A., Fisika, J. P., Papua, U., Belajar, H., Masalah, P. B., & Phet, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Fisika Di Smas Advent Manokwari. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, Vol., 8(1), 1–10.
Salim, F., & Muhammad Fakhrurrozi, M. (2020). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(2), 175. https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.9718
Septyana, N. W., Sukawati, I., & Wh, N. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Usaha Dan Energi Kelas VIII F SMP Negeri 34 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 1261–1272.
Slater, T. F. (1996). Portfolio assessment strategies for grading first-year university physics students in the USA. Physics Education, 31(5), 329–333. https://doi.org/10.1088/0031-9120/31/5/024
Suciyati, & Hardiansyah. (2020). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 6–10. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.330
Thurrodliyah, N. I., Usman, A., & Suciati, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biologi, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1970
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam. In Proceeding National Conference Psikologi UMG.
Wulandari, A. S., Suma, K., & Mardana, I. B. P. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(September), 682–689.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.