Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Kelas VIII

  • Rahdi Mistahul Rajab Universitas Mataram
  • Baidowi Baidowi Universitas Mataram
  • Dwi Novitasari Universitas Mataram
  • Sripatmi Sripatmi Universitas Mataram

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media yang tidak sesuai dengan karakteristik siswa sehingga menyebabkan kemampuan literasi matematika siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 berorientasi pada kemampuan literasi matematika siswa SMP kelas VIII yang berfokus pada materi statistika yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi media dan materi, lembar angket, dan tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan indeks V aiken berdasar pada hasil validasi yang diberikan oleh ahli media dan materi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 19 Mataram dengan subjek penelitian ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan (1) valid dengan skor validitas 0,87 dan memperoleh kategori sangat valid; (2) praktis dengan persentase 88,79% dan memperoleh kategori sangat praktis; (3) efektivitas media diperoleh berdasarkan hasil belajar siswa setelah menggunakan media dan diperoleh kategori efektif dengan persentase ketuntasan klasikal 86%. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline 3 dapat digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi statistika untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Articulate Storyline 3, Literasi Matematika, Media Pembelajaran Interaktif

References

Aditya, F., Rudjiono, D., & Suhartono, B. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Semester 2 Studi Kasus di TK Wahyu Hidayah Desa Pagersari Kabupaten Semarang. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 12(1), 13-22. https://doi.org/10.1559/pixel.article.14691.

Apsari, R. A., Sripatmi, S., Sariyasa, S., Maulyda, M. A., & Salsabila, N. H. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Media Obrolan Kelompok Multi-Arah sebagai Alternatif Kelas Jarak Jauh. Jurnal Elemen, 6(2), 318–332. http://dx.doi.org/10.29408/jel.v6i2.2179.

Amir, M. F., Hasanah, F. N., & Mustofa, H. (2018). Interactive multimedia based mathematics problem solving to develop students' reasoning. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7(2.14), 272–276. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.12.14691.

Anggraeni, D., Supratman, S., & Prabawati, M. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 Untuk Mengeksplor Kemampuan Literasi Matematis. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 180-190. https://doi.org/10.29100/jp2m.v9i2.4287.

Hendra, dkk. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Hikmah, N., Baidowi, B., & Kurniati, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 9(2), 84-88. https://doi.org/10.29303/jpm.v9i2.50.

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150-159. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran di Indonesia.

Lubis, R. B. (2023). Mengulik Hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat Naik, tapi Tren Penurunan Skor Berlanjut. Diakses pada 25 Maret 2024 dari https://goodstats.id/article/mengulik-hasil-pisa-2022-indonesia-peringkat-naik-tapi-tren-penurunan-skor-berlanjut-m6XDt.

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir, K., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Di Kabupaten Konawe Dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55-65. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. PRISMA, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209.

Nordin, N., Embi, M. A., & Yunus, M. M. (2010). Mobile Learning Framework for Lifelong Learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 7, 130-138. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.019.

Novitasari, D., Trisnowali, A., MS., Hamdani, D., Junaidi., & Arifin R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis GeoGebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1),1- 16. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14.

Salsabila, N.H., Lu’luilmaknun, U., Novitasari, D., Tyaningsih, R.Y, & Ardani, R.A. (2020). Game edukasi pada pembelajaran matematika: tanggapan siswa SMP berdasarkan gender. Mathematic Education and Aplication Journal, 2(1), 25-32. https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1632.

Salsabila, N.H., & Setyaningrum, W. (2019) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game: statistics in artic. Mandalika: Mathematics and Education Journal, 1(1), 13-25. https://doi.org/10.29303/jm.v1i1.1248.

Septiana, I., Asrofah, A., Muhajir, M., & Rifai, A. (2020). Aspek Kebahasaan Media Digital Pada Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. International Proceeding of Innovative and Transdisciplinary Studies (IPISTRANS) (pp. 53-62). Semarang, Indonesia: Universitas PGRI Semarang.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611.

Sripatmi, S., Junaidi, J., Wulandari, N.P., & Kurniawan, E. (2023). Efektifitas Buku Referensi Media Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Mandalika Mathematics and Education Jurnal, 5(1), 79-87. https://doi.org/10.29303/jm.v5i1.5097.

Sutarsih, T., & Maharani, K. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Syawaludin, A., Gunarhadi, G., & Rintayati, P. (2019). Enhancing elementary school students’ abstract reasoning in science learning through augmented reality-based interactive multimedia. Indonesian Science Education Journal/ Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 288–297. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19249.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Published
2024-09-01
How to Cite
Rajab, R. M., Baidowi, B., Dwi Novitasari, & Sripatmi, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Kelas VIII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 713-722. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1801
Abstract viewed = 92 times
PDF downloaded = 71 times