Analisis Kemampuan Mahasiswa Menyusun Materi Kuliah Menggunakan Peta Konsep
Abstract
Pembelajaran dasar-dasar pendidikan MIPA memerlukan pemahaman yang mendalam sehingga kemampuan membuat peta konsep sangat penting. Peta konsep efektif dalam mengorganisir pengetahuan, membantu mahasiswa mengingat dan menerapkan informasi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam membuat peta konsep berdasarkan jenis dan kriteria yang telah ditentukan. Metode penelitian analisis kualitatif digunakan untuk melibatkan proses menginterpretasi data dari peta konsep yang dibuat oleh mahasiswa. Teknik analisis data bersumber dari tugas yang diberikan kepada mahasiswa berupa menyusun peta konsep dengan berbagai jenis sesuai topik dalam mata kuliah dasar-dasar pendidikan MIPA. Terdapat 26 sampel mahasiswa yang menyusun peta konsep sesuai tema yang diberikan. Berdasarkan penelitian, jenis peta konsep yang paling sering digunakan adalah pohon jaringan (46%) sebab dapat mengorganisasikan dan memvisualisasikan informasi secara efektif, diikuti oleh peta laba-laba (35%) dan rantai kejadian (19%). Mahasiswa menunjukkan kemampuan yang baik dalam menyusun peta konsep, terutama dalam kriteria hierarki (69% sahih), proposisi (81% sahih), dan keterkaitan antar silang (65% sahih). Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa dapat menyusun proposisi konsep dan hierarki secara sahih, serta menghubungkan berbagai konsep dengan baik. Namun, hanya sedikit mahasiswa yang mencantumkan contoh dalam peta konsep yakni 1%.
Downloads
References
Andriani, A.A., Saad, R., Sultan, A.D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep (Mind Mapping) pada Mata Pelajaran Fisika. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2196–2203. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1832.
Asmah, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Ponre Kecamaastan Ponre Kabupaten Bone. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 538–544. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i3.2306
Dewi, A.W.K. & Widoretno, S. (2019). Teknik Instruksional Pertanyaan di Tahap Presenting Theoretical Background to Class and Discussion about the Issue Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Skor Hierarki Peta Konsep Peserta Didik. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1): 15-19. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27378.
Fauzan, M. (2020). Peta Konsep: Teori dan Praktiknya dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Kemahiran Kalam. Konferensi Nasional Bahasa Arab VI (Konasbara): 98-111.
Jailani, A. (2020). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Biologi Melalui Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Biology Education, 8(2), 122–130. 10.32672/jbe.v8i2.2371.
Kaka, D.N., & Fitriani, E. (2023). Teknik Peta Konsep dalam Pengajaran Membaca Teks Deskriptif Bahasa Inggris SMP. Sabda: Jurnal Sastra dan Bahasa, 2(2): 29-43. https://doi.org/10.572349/sabda.v2i2.725.
Khasanah, K. (2019). Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 3(2): 152-164. https://doi.org/10.37730/edutrained.v3i2.8.
Novak,J.D. & Gowin, D.B. (1984). Learning How to Learn. New York: Cornell University.
Ratanasabilla, N.E., Sriyati, S., Hamdiyati, Y. (2021). Penerapan Peta Konsep Sebagai Strategi Asesmen Formatif dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sistem Koordinasi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(1): 16-23. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i1.29999.
Sayyidah M. (2021). Peta Konsep Cara Mudah Belajar Sejarah. Kediri: Pemeral Edukreatif.
Sulastri, Nurlaili, Muflihah. (2020). Perbedaan Hasil Belajar pada Pokok Bahasan Sistem Koloid antara Mahasiswa SMA yang diajar dengan Peta Konsep dan Peta Pikiran. Prosiding Seminar Nasional Kpk, Vol 3 2020. Jurnal Pembelajaran Kimia, 4(2): 92-99.
Suminar, E.R. (2022). Menerapkan Peta Konsep dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika. Journal of Education, Administration, Training, and Religion, 3(2): 96-103. https://jentre.bpkabandung.id/ojs/index.php/index.
Supardi, S., Yunus, M., & Hamid, S. (2023). Komparasi Penerapan Strategi Konflik Kognitif Dan Strategi Peta Konsep Dalam Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Pinrang. Bosowa Journal of Education, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3849
Takumangsang, A., Sasinggala, M., & Paat, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 6 Tondano. Sciening: Science Learning Journal, 4(2), 141–148. https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.5895.
Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Uripah. (2022). Penerapan Metode Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa Di SMK Negeri Tonjong. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(2): 114-122. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1158.
Ariwirawan, I.W.P, Yunus, M., Husain, H. (2019). Pengaruh Peta Konsep Melalui Media Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Kelas X SMA Negeri 1 Liliriaja pada Materi Pokok Hidrokarbon. Jurnal Chemica, 20 (2): 187-294. https://doi.org/10.35580/chemica.v20i2.13639.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.