Kondisi Pendidikan Berbasis Perubahan Iklim Ditinjau dari Kesadaran Lingkungan di Sekolah
Abstract
Sektor pendidikan merupakan salah satu bidang yang dapat membantu dalam proses adaptasi dan mitigasi di lingkungan masyarakat. Peserta didik di sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang dapat menjadi agen perubahan dalam mengurangi dampak dari perubahan iklim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pendidikan berbasis perubahan iklim yang ditinjau dari kesadaran guru dan peserta didik yang muncul. Metode yang digunakan adalah metode deksriptif. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling engan responden terdiri dari 4 guru dan 56 peserta didik di 2 sekolah di Jakarta Barat. Instrumen yang digunakan yaitu 22 butir nontes menggunakan kuesioner dan wawancara dalam mengukur kesadaran lingkungan peserta didik pada aspek pengetahuan, sikap, dan tindakan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dan tindakan terkait perubahan iklim baik di kalangan guru maupun peserta didik. Meskipun beberapa guru dan peserta didik memiliki pengetahuan dasar, namun hal ini belum berbanding lurus dengan sikap dan tindakan mereka dalam menjaga lingkungan. Wawancara mengkonfirmasi adanya kesenjangan persepsi antara guru dan peserta didik terkait perubahan iklim. Hanya beberapa mata pelajaran yang menyentuh topik ini, dan itu pun terbatas pada memenuhi tuntutan kurikulum. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasi agar sekolah membuat program pendidikan berbasis perubahan iklim untuk memperkuat kurikulum yang ada. Harapannya, semakin kuat pendidikan perubahan iklim di sekolah maka semakin tinggi kesadaran lingkungan yang tumbuh dan berkembang di sekolah.
Downloads
References
Aditya, A., & Oktavilia, E. A. (2020). Tingkat Ekoliterasi Tenaga Pendidik Fakultas Ilmu Budaya UNSOED. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 15(4), 433–446. https://doi.org/10.14710/nusa.15.4.433-446
Adriyawati, Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). Steam-project-based learning integration to improve elementary school students’ scientific literacy on alternative energy learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1863–1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523
Akhsan, H., Syuhendri, Sudirman, Ariska, M., Sapitri, C. L., & Pratiwi, S. M. V. (2022). Pelatihan Pembuatan LKPD Berbasis Projek Untuk Topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim Untuk Guru Fisika MGMP Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(4), 328–332. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i4.4065
Alimudin, R. (2021). Akibat Cuaca Ekstrem, Petani Gagal Panen dan Sebabkan Harga Cabai Tembus Rp100.000 per Kg. Pikiran Rakyat. https://bekasi.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-121485902/akibat-cuaca-ekstrem-petani-gagal-panen-dan-sebabkan-harga-cabai-tembus-rp100000-per-kg
Ambarfebrianti, M., & Novianty, A. (2021). Hubungan orientasi nilai terhadap perilaku pro-lingkungan remaja. Jurnal Ecopsy, 8(2), 149. https://doi.org/10.20527/ecopsy.2021.09.015
Antara. (2020). Topik Perubahan Iklim Dicanangkan Masuk Kurikulum. medcom.id: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/gNQG7Ooktopik-perubahan-iklim-dicanangkan-masuk-kurikulum
Arwan, J. F., Dewi, L., & Wahyudin, D. (2021). Urgensi Pendidikan Berbasis Perubahan Iklim Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(2), 23–38. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PLPB.222.03
Baga, S., Aqil, D. I., Rosaline, M. M., & Jakarta, U. N. (2022). Caricatures and comics based on gender towards concept understanding: A learning media on environmental pollution. 15(1), 134–146. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.25318
BPS. (2021). https://www.bps.go.id/statictable/2019/09/24/2072/emisi-gas-rumah-kaca-menurut-jenis-sektor-ribu-ton-co2e-2000-2019.html.
Campo, G. Del, Paola, A. G., & Onyango, V. (2020). The mutualism of strategic environmental assessment and sustainable development goals. Environmental Impact Assessment Review, 82(November 2019), 106383. https://doi.org/10.1016/j.eiar.2020.106383
CNN. (2021). Nadiem: Sistem Pendidikan Kita Gagal Edukasi Perubahan Iklim. Diambil kembali dari CNN Indonesia.https://doi.org/https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211117122944-20-722350/nadiem-sistempendidikan-kita-gagal-edukasi-perubahan-iklim
El-Sayed, A., & Kamel, M. (2020). Climatic Changes and Their Role in Emergence and Re-Emergence of Diseases. Environmental Science and Pollution Research, 27(18), 22336–22352. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1007/s11356-020-08896-w
Gómez-Carmona, D., Marín-Dueñas, P. P., Tenorio, R. C., Domínguez, C. S., Muñoz-Leiva, F., & Liébana-Cabanillas, F. J. (2022). Environmental concern as a moderator of information processing: A fMRI study. Journal of Cleaner Production, 369(July). https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.133306
Gravetter, F. J., & Forzano, L. A. B. (2011). Research Methods For The Behavioral Sciences (C. Learning (ed.)).
Guo, H.-D., Zhang, L., & Zhu, L.-W. (2015). Earth observation big data for climate change research. Advances in Climate Change Research, 6(2), 108–117. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.accre.2015.09.007
Halomoando Ezra, E. N. (2022). Evaluasi Strategi Pelayanan Di Bidang Angkutan Darat: Kasus PT Transportasi Jakarta [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/214818#
Hamid, N. (2020). Urgensi Pendidikan Kebencanaan Kepada Masyarakat. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 232–239. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3444
Hasanah, U., H, M. A. S., Sunaryo, Aqil, D. I., Sapsuha, S., Karnoto, B. K., Astuty, E. R., Hanafi, Y., Baga, S., & Sukahatya, I. G. (2023). Ekopedagogik Dalam Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup. Depok: KARIMA (Karya Ilmu Media Aulia).
Hayati, S. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Geografi Gea, 7(1). https://doi.org/10.17509/gea.v7i1.1712
Hermawan, I. M. S., Suwono, H., Paraniti, A. A. I., & Wimuttipanya, J. (2022). Student’s environmental literacy: An educational program reflections for sustainable environment. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 8(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jpbi.v8i1.16889
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kayaalp, F., Namli, Z. B., & Meral, E. (2021). Current Global Issues from the Perspective of Prospective Teachers: How are they illustrated in cartoons? Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(3), 1–16. https://doi.org/10.14527/pegegog.2021.00
Lelieveld, J., Klingmüller, K., Pozzer, A., Burnett, R. T., Haines, A., & Ramanathan, V. (2019). Effects of fossil fuel and total anthropogenic emission removal on public health and climate. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(15), 7192–7197. https://doi.org/10.1073/pnas.1819989116
Marpa, E. (2020). Navigating Environmental Education Practices to Promote Environmental Awareness and Education. International Journal on Studies in Education, 2(1), 45–57. https://doi.org/10.46328/ijonse.8
Mutlu, F., Nacaroglu, O., & Dogan, M. (2021). Awareness of the Gifted Students and Their Normally Developing Peers about Environmental Education Concept. Acta Didactica Napocensia, 14(1), 2–16. https://doi.org/10.24193/adn.14.1.1
Nayan, N., Hashim, M., Mahat, H., Saleh, Y., & Norkhaidi, S. B. (2020). Youth climate change mitigation practices and adaptation in Malacca State, Malaysia. Review of International Geographical Education Online, 10(2), 58–71. https://doi.org/10.33403/rigeo.545819
Nkaizirwa, J. P., Nsanganwimana, F., & Aurah, C. M. (2021). Reexamining the Measurement of Pro-Environmental Attitudes and Behaviors to Promote Sustainable Development: A Systematic Review. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(9), 1–21. https://doi.org/10.29333/ejmste/11138
Palupi, T., & Sawitri, D. R. (2017). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior Relationship Between Attitude And Pro-Environmental Behavior from the Perspective of Theory of Planned Behavior Perilaku Pro-Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 214–217. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/18936
Patalatu, J. S., & Besare, S. D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Peduli Sampah pada Anak. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 19–27. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p019
Prasad, R. R. (2022). Mitigating Climate Change: A Study of the University of the South Pacific and the State University of Malang. Journal of Turkish Science Education, 19(1), 111–128. https://doi.org/10.36681/tused.2022.113
Rachmasar, D., Marbun, R., Kirani, N. S., Ramadhan, M. I. R., & Utomo, A. P. Y. (2022). Upaya Konservatif UNNES dalam Menyikapi Urgensi Krusial Climate Change di Lingkungan Kampus. Indonesian Journal of Conservation, 23(4), 22–28. https://doi.org/10.15294/ijc.v11i1.36913
Rahmayanti, H., & Ilyasa, F. (2023). Pendidikan lingkungan dan perubahan iklim. Selat Media.
Ratinen, I. (2021). Students’ knowledge of climate change, mitigation and adaptation in the context of constructive hope. Education Sciences, 11(3), 1–14. https://doi.org/10.3390/educsci11030103
Sugiyono. (2015). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, W. O., Widodo, H., & Sumarno, S. (2019). Strategy of teachers in suporting environmentally sustainable development. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 247–254. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12167
Thathong, K. (2012). A Spiritual Dimension and Environmental Education: Buddhism and Environmental Crisis. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5063–5068. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.386
Urbańska, M., Charzyński, P., Gadsby, H., Novák, T. J., Şahin, S., & Yilmaz, M. D. (2022). Environmental threats and geographical education: Students’ sustainability awareness—evaluation. Education Sciences, 12(1). https://doi.org/10.3390/educsci12010001
Utami, D. N. (2019). Kajian Dampak Perubahan Iklim Terhadap Degradasi Tanah. Jurnal Alami : Jurnal Teknologi Reduksi Risiko Bencana, 3(2), 122. https://doi.org/10.29122/alami.v3i2.3744
Wetering, V, D, J., Leijten, P., Spitzer, J., & Thomaes, S. (2022). Does environmental education benefit environmental outcomes in children and adolescents? A meta-analysis. Journal of Environmental Psychology, 81(2), 101782. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2022.101782
Wu, X., Lu, Y., Zhou, S., Chen, L., & Xu, B. (2016). Impact of climate change on human infectious diseases: Empirical evidence and human adaptation. Environment International, 2(3), 14–23. https://doi.org/https://doi.org/10. 1016/j.envint.2015.09.007
Yuono, Y. R. (2019). Etika Lingkungan : Melawan Etika Lingkungan Antroposentris Melalui Interpretasi Teologi Penciptaan Yang Tepat Sebagai Landasan Bagi Pengelolaan-Pelestarian Lingkungan. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 183–203. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.40
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.