Perbedaan Pengaruh Model PjBL dan PBL Terhadap Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengukur perbedaan pengaruh dari penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan model Problem Based Learning (PBL) terhadap besarnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV menggunakan materi pelestarian lingkungan pada mata pelajaran IPA SD. Desain instrumen yang diterapkan ialah Pretest Posttest Control Group Desain dengan instrument penelitian berupa soal pretest dan posttest yang telah di validasi oleh validasi ahli. Sampel yang digunakan dalam penelitian mencakup salah satu Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV. Masing-masing model pembelajaran diberikan kepada 15 siswa. Kemudian teknik pengumpulan data yang dipergunakan didalam penelitian ini, ialah berupa tes dengan instrumen 20 soal pilihan ganda. Lalu teknik analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, uji -t digunakan untuk melihat hasil uji homogenitas dan uji hipotesis yang dilakukan dengan SPSS versi 26. Kemudian hasil hitung uji-t menggambarkan bahwasannya hasil signifikansi 0. 036 < 0. 05, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) ditrima, sehingga dapat dikatakan kedua model berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Data deskriptif yang mengetahui rata-rata nilai siswa berdasarkan indikator berfikir kritis kelompok eksperimen (PjBL) lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol (PBL).
Downloads
References
Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) BERORIENTASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD DI GUGUS I GUSTI KETUT PUDJA. 3(2), 94–103.
Aiman, U., Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBL ) TERHADAP. 1, 1–5.
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project- based learning and problem- based learning: Are they effective to improve student’s thinking skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Anggreni, L. D., Jampel, I. N., & Diputra, K. . (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Literasi Sains. Mimbar Ilmu, 25(1), 41. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24475
Anggriani, L. A., Hasnawati, H., & Nurhasanah, N. (2024). Development of Ethnoscience-Based Teaching Materials in Class V Elementari School. Insights: Journal of Primary Education Research, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.68
Ayu, I. G., Kusuma, J., & Japa, I. G. N. (2018). PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA. 1(1), 29–38.
Bilgin, I. (2015). Pengaruh Berbasis Proyek Belajar di Sarjana Prestasi dan Diri Siswa Khasiat Keyakinan Menuju Sains Pengajaran. 11(3), 469–477. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1015a
Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385
Handrianto, C., Rahman, M. A., Maritim, A., & Banjarmasin, N. (2018). Project Based Learning : A Review of Literature on Its Outcomes and LET : Linguistics , Literature and English Teaching Journal PROJECT BASED LEARNING : A REVIEW OF LITERATURE ON ITS OUTCOMES AND Article History : Author : November. https://doi.org/10.18592/let.v8i2.2394
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Lestari, F. S. (2024). The Importance of Character for the Generation in the Digital Era. Insights: Journal of Primary Education Research, 1(1), 32–37. https://doi.org/10.59923/insights.v1i1.71
Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4470–4482. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1470
Rapi, N. K., Suastra, I. W., Widiarini, P., & Widiana, I. W. (2022). the Influence of Flipped Classroom-Based Project Assessment on Concept Understanding and Critical Thinking Skills in Physics Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 351–362. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.38275
Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
Rizaldi, R., Syahwin, & Ramadani. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(September), 720–725.
Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.
Suprihatiningrum, J. (2024). Lectura : Jurnal Pendidikan. 15, 95–106.
Thorndahl, K. L., & Stentoft, D. (2020). Thinking critically about critical thinking and prob-lem-based learning in higher education: A scoping review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1), 1–21. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28773
Usman, A., Dewi, N. K., & Indraswati, D. (2023). Bahan Ajar Elektronik Flipbook pada Materi Kegiatan Ekonomi untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1293–1301. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5300
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ): EFEKNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) LEARNING MODEL : THE EFFECT ON UNDERSTANDING OF CONCEPT AND CRITICAL sejak dini . Selain berpikir kritis peserta dihada. 02(3), 399–408.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.