Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efektivitas penerapan model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar, khususnya pada materi perubahan energi. Discovery learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses penemuan sendiri oleh siswa, dan diharapkan dapat menstimulasi kemampuan berpikir kritis melalui penyelidikan dan investigasi secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SI Rutosoro. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi yang digunakan untuk mengamati dan mencatat aktivitas dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran, dan lembar tes digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah penerapan model discovery learning. Teknik analaisis data berupa analisis kualitatif dari lembar observasi dan analisis kuantitatif data dari lembar tes berupa tes uraian sebanyak 15 nomor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery leaning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS mengalami peningkatan sebesar 35% pada Siklus I dan 80% pada Siklus II. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, dan melalui observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SDI Rutosoro dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini menyarankan penggunaan discovery learning secara luas sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar.
Downloads
References
Abbott, R., Mickail, T., Richards, T., Renninger, K. A., Hidi, S. E., Beers, S., & Berninger, V. (2017). Understanding interest and self-efficacy in the reading and writing of students with persisting specific learning disabilities during middle childhood and early adolescence. International Journal of Educational Methodology, 3(1), 41–64. https://doi.org/10.12973/ijem.3.1.41
Aidah, N. (2023). Discovery learning Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia pada Siswa SMA Kelas X. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 121–128. https://doi.org/10.51878/teaching.v3i2.2363
Alfieri, L., Brooks, P. J., Aldrich, N. J., & Tenenbaum, H. R. (2011). Does discovery-based instruction enhance learning? Journal of Educational Psychology, 103(1), 1. https://doi.org/10.1037/a0021017
Anggito, A., Pujiastuti, P., & Gularso, D. (2021). The Effect of Video Project-Based Learning on Students’ Critical Thinking Skills during the Covid-19 Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1858–1867. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.772
Ardelina, A. Y., Ain, N., & Ayu, H. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 300–312. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.4903
Arif, M., & Hayudiyani, M. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X TKJ ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 4(1), 20–27. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3383
Budi, S. S. (2022). Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Kelas XI IPA2 Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 28–39. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).28-39
Daryanto, K. S., & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21 (Vol. 267). Gava Media.
Dori, Y. J., & Hameiri, M. (1996). “The Mole Environment” Development and Implementation of Studyware. Journal of Chemical Information and Computer Sciences, 36(4), 625–628. https://doi.org/10.1021/ci950121w
Fadilah, A. A., Sukmawati, I., & Kurniawan, E. Y. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas 5 Sd Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1843–1858. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.259
Fischer, F., Kollar, I., Stegmann, K., Wecker, C., Zottmann, J., & Weinberger, A. (2013). Collaboration scripts in computer-supported collaborative learning. In The international handbook of collaborative learning (pp. 403–419). Routledge.
Fitriyawati, H., & Harjono, N. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPAS Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8421–8438.
Gijbels, D., Donche, V., Richardson, J. T. E., & Vermunt, J. D. (2014). Learning patterns in higher education. Dimensions and Research Perspectives. London and New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315885438
Hasan, R., Lukitasari, M., Utami, S., & Anizar, A. (2019). The activeness, critical, and creative thinking skills of students in the Lesson Study-based inquiry and cooperative learning. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 77–84. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7328
Huber, C. R., & Kuncel, N. R. (2016). Does college teach critical thinking? A meta-analysis. Review of Educational Research, 86(2), 431–468. https://doi.org/10.3102/0034654315605917
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Kawuri, M., & Fayanto, S. (2020). Penerapan model discovery learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X MIPA SMAN 1 Piyungan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i1.9919
Kawuryan, S. P., & Sayuti, S. A. (2022). Critical thinking among fourth grade elementary school students: A gender perspective. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 41(1), 186–198. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.44322
Liang, W., & Fung, D. (2021). Fostering critical thinking in English-as-a-second-language classrooms: Challenges and opportunities. Thinking Skills and Creativity, 39, 100769. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100769
Marcesa, D. A., Samsiyah, N., & Hidayati, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Materi Wujud Zat dan Perubahannya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1178–1181. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7815
Mardiah, M. (2019). Tujuan Pendidikan dalam AL-Qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 90–107. https://doi.org/10.46963/alliqo.v4i1.18
Martin, F., Ahlgrim-Delzell, L., & Budhrani, K. (2017). Systematic review of two decades (1995 to 2014) of research on synchronous online learning. American Journal of Distance Education, 31(1), 3–19. https://doi.org/10.1080/08923647.2017.1264807
O’Reilly, C., Devitt, A., & Hayes, N. (2022). Critical thinking in the preschool classroom-A systematic literature review. Thinking Skills and Creativity, 46, 101110. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101110
Piaget, J. (2013). Success and understanding. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203715826
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Rachman, H., Wahyu, N. T., & Shadiqur, R. M. (2020). Analyzing factors affecting the entrepreneurial orientation of agricultural university students. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 97(1), 186–193. https://doi.org/10.18551/rjoas.2020-01.23
Rachmawati, L. A., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 770–776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.394
Reidsema, C., Hadgraft, R., & Kavanagh, L. (2017). Introduction to the Flipped Classroom (pp. 3–14). https://doi.org/10.1007/978-981-10-3413-8_1https://doi.org/10.1007/978-981-10-3413-8_1
Rohayunilla, A., Nurhayati, B., & Jafar, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Berbantuan Teknologi Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 1 Bulukumba. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 613–621. https://doi.org/10.30862/accej.v5i1.327
Rusilowati, A. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. Retrieved Juni, 14, 2023.
Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan keterampilan berpikir kritis melalui model discovery learning. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 11(1), 55–66. https://doi.org/10.31603/edukasi.v11i1.2677
Trimawati, K., Kirana, T., & Raharjo, R. (2020). Pengembangan instrumen penilaian ipa terpadu dalam pembelajaran model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa smp. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 36. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.7606
Utami, B., Saputro, S., Ashadi, A., Masykuri, M., & Widoretno, S. (2017). Critical thinking skills profile of high school students in learning chemistry. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(2), 124–130. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5134
Uziak, J. (2016). A project-based learning approach in an engineering curriculum. Global Journal of Engineering Education, 18(2), 119–123.
Vygotsky, L. S. (2016). Play and its role in the mental development of the child. International Research in Early Childhood Education, 7(2), 3–25.
Zainal, A., & Jaiyaroh, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk SD, SLB dan TK. Yrama Widya.
Zohar, A., & Ben-Ari, G. (2022). Teachers’ knowledge and professional development for metacognitive instruction in the context of higher order thinking. Metacognition and Learning, 17(3), 855–895. https://doi.org/10.1007/s11409-022-09310-1
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.