Persepsi Guru SMP terhadap Literasi Sains dan Implikasinya pada Pembelajaran Sains di Sekolah

  • Kintan Limiansih Universitas Sanata Dharma
  • Niluh Sulistyani Universitas Sanata Dharma
  • Margaretha Madha Melissa Universitas Sanata Dharma

Abstract

Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih belum mencapai tingkat yang diharapkan. Pemahaman guru tentang literasi sains memainkan peran krusial dalam pengembangan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru mengenai makna dan pentingnya literasi sains, serta pemahaman mereka tentang kualitas literasi sains di kalangan siswa di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang melibatkan guru IPA di SMP se-DIY. Sebanyak 62 guru berpartisipasi dalam penelitian ini, dipilih melalui teknik voluntary sampling. Instrumen dalam penelitian ini difokuskan pada pertanyaan tentang tingkat pemahaman guru terhadap arti dan pentingnya literasi sains serta tingkat pemahaman guru tentang kualitas literasi sains siswa di Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat frekuensi jawaban setiap responden dan menguraikannya menggunakan kajian teori literasi sains dari OECD. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas guru (74%) menyatakan diri telah mengenal konsep literasi sains; sebanyak 95% guru sangat menyetujui bahwa literasi sains penting untuk dikembangkan di sekolah, dan sebagian guru telah mengetahui kualitas literasi sains siswa di Indonesia (40%) namun sebagian pula masih ragu-ragu tentang hal ini (40%). Guru perlu secara kritis membedakan kemampuan antar level/tingkat kompetensi dalam literasi sains sehingga dapat mengevaluasi kondisi siswa di kelas dan melakukan perbaikan. Pembelajaran inkuiri baik terbimbing maupun mandiri dapat menjadi salah satu cara mengoptimalkan kemampuan literasi sains karena siswa dapat belajar menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi proses penyelidikan yang dilakukan, serta menginterpretasi data secara ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Literasi Sains, Persepsi Guru, Inkuiri

References

Budiarti, I. S. (2021). Analysis on Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18470

Christanti, E., Murtono, M., & Kanzunnudin, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5959

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hidayah, N., Rusilowati, A., Pendidikan Fisika, P., & Pascasarjana, P. (2019). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs Di Kabupaten Pati. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 09(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601

Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70

Ilhmdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal KONTEKSTUAL, 1(02), 49–57. https://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/162

Jasin, H., Pikoli, M., & Fitria, Y. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 8441–8453. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Jufrida, M., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Prasetya, N. A. D. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 31–38. https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/6188

Limiansih, K. (2016). Analisis Buku: Apakah Kegiatan Di Buku Siswa Kelas IV SD Kurikulum 2013 telah Mendukung Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik? Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, FKIP UNS. https://core.ac.uk/download/pdf/289793351.pdf

Limiansih, K., & Susanti, M. M. I. (2021). Identifikasi Profil Literasi Sains Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 313–325. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56281

Mellyzar, Zahara, S. R., & Alvina, S. (2022). Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119–124. https://doi.org/10.31764

Millenia, S. H., & Sunarti, T. (2022). Analisis Riset Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1051–1064. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2027

Murairwa, S. (2015). Voluntary Sampling Design. International Journal of Advanced Research in Impact, 4(2). www.garph.co.uk

Mustika, R. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Model Inkuiri. Journal of Education Action Research, 3(2), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17267

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307

OECD. (2023a). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

OECD. (2023b). PISA 2025 Science Framework (Draft). OECD. https://pisa-framework.oecd.org/science-2025/

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(01), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 09(01), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183–190. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123

Bagasta, Risa A., Rahmawati, D., Mar’atul, D., Wahyuni, I. P., Baskoro, D., Prayitno, A., & Biologi, P. P. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121-129. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1

Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Suwarma, I. R., Kaniawati, I., Widodo, A., & Yuliani, G. (2022). Menggali Persepsi Guru Terhadap Literasi Sains dan Asesmen Kebijakan Minimum (AKM). Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89–93. http://ejournal.upi.edu/index.php/PDPM/

Tae, L. F., Shidiq, M. A., Meiva, M. L. S., & Ramdani, Z. (2023). Eksplorasi Persepsi Guru IPA mengenai Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. Jurnal Edusavana, 1(1), 1–14. https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/Edusavana/index

Windyariani, S. (2018). Kemampuan Literasi Sains Siswa SD pada Konteks Melestarikan Capung. BIOSFER JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 10(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.3

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Published
2024-09-01
How to Cite
Kintan Limiansih, Niluh Sulistyani, & Margaretha Madha Melissa. (2024). Persepsi Guru SMP terhadap Literasi Sains dan Implikasinya pada Pembelajaran Sains di Sekolah. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(3), 786-796. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1858
Abstract viewed = 83 times
PDF downloaded = 83 times