Persepsi Guru SMP terhadap Literasi Sains dan Implikasinya pada Pembelajaran Sains di Sekolah
Abstract
Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih belum mencapai tingkat yang diharapkan. Pemahaman guru tentang literasi sains memainkan peran krusial dalam pengembangan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi guru mengenai makna dan pentingnya literasi sains, serta pemahaman mereka tentang kualitas literasi sains di kalangan siswa di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei yang melibatkan guru IPA di SMP se-DIY. Sebanyak 62 guru berpartisipasi dalam penelitian ini, dipilih melalui teknik voluntary sampling. Instrumen dalam penelitian ini difokuskan pada pertanyaan tentang tingkat pemahaman guru terhadap arti dan pentingnya literasi sains serta tingkat pemahaman guru tentang kualitas literasi sains siswa di Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat frekuensi jawaban setiap responden dan menguraikannya menggunakan kajian teori literasi sains dari OECD. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mayoritas guru (74%) menyatakan diri telah mengenal konsep literasi sains; sebanyak 95% guru sangat menyetujui bahwa literasi sains penting untuk dikembangkan di sekolah, dan sebagian guru telah mengetahui kualitas literasi sains siswa di Indonesia (40%) namun sebagian pula masih ragu-ragu tentang hal ini (40%). Guru perlu secara kritis membedakan kemampuan antar level/tingkat kompetensi dalam literasi sains sehingga dapat mengevaluasi kondisi siswa di kelas dan melakukan perbaikan. Pembelajaran inkuiri baik terbimbing maupun mandiri dapat menjadi salah satu cara mengoptimalkan kemampuan literasi sains karena siswa dapat belajar menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi proses penyelidikan yang dilakukan, serta menginterpretasi data secara ilmiah.
Downloads
References
Budiarti, I. S. (2021). Analysis on Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18470
Christanti, E., Murtono, M., & Kanzunnudin, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guide Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Materi Panas dan Perpindahannya Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i2.5959
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hidayah, N., Rusilowati, A., Pendidikan Fisika, P., & Pascasarjana, P. (2019). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP/MTs Di Kabupaten Pati. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 09(1), 36–47. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3601
Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa SMA Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70
Ilhmdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal KONTEKSTUAL, 1(02), 49–57. https://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/162
Jasin, H., Pikoli, M., & Fitria, Y. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(2), 8441–8453. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Jufrida, M., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Prasetya, N. A. D. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 31–38. https://online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/6188
Limiansih, K. (2016). Analisis Buku: Apakah Kegiatan Di Buku Siswa Kelas IV SD Kurikulum 2013 telah Mendukung Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik? Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, FKIP UNS. https://core.ac.uk/download/pdf/289793351.pdf
Limiansih, K., & Susanti, M. M. I. (2021). Identifikasi Profil Literasi Sains Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 313–325. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56281
Mellyzar, Zahara, S. R., & Alvina, S. (2022). Literasi Sains dalam Pembelajaran Sains Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(2), 119–124. https://doi.org/10.31764
Millenia, S. H., & Sunarti, T. (2022). Analisis Riset Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains dalam Pembelajaran Fisika. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1051–1064. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2027
Murairwa, S. (2015). Voluntary Sampling Design. International Journal of Advanced Research in Impact, 4(2). www.garph.co.uk
Mustika, R. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar IPA dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Model Inkuiri. Journal of Education Action Research, 3(2), 117–123. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.17267
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 pada Mahasiswa. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/doi.org/10.31960/ijolec.v2i2.307
OECD. (2023a). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
OECD. (2023b). PISA 2025 Science Framework (Draft). OECD. https://pisa-framework.oecd.org/science-2025/
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(01), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 09(01), 34-42. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa di Salah Satu Sekolah Swasta di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183–190. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i3.10123
Bagasta, Risa A., Rahmawati, D., Mar’atul, D., Wahyuni, I. P., Baskoro, D., Prayitno, A., & Biologi, P. P. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik di Salah Satu SMA Negeri Kota Sragen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121-129. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10215
Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580
Suwarma, I. R., Kaniawati, I., Widodo, A., & Yuliani, G. (2022). Menggali Persepsi Guru Terhadap Literasi Sains dan Asesmen Kebijakan Minimum (AKM). Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat, 3(2), 89–93. http://ejournal.upi.edu/index.php/PDPM/
Tae, L. F., Shidiq, M. A., Meiva, M. L. S., & Ramdani, Z. (2023). Eksplorasi Persepsi Guru IPA mengenai Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. Jurnal Edusavana, 1(1), 1–14. https://ojs.unkriswina.ac.id/index.php/Edusavana/index
Windyariani, S. (2018). Kemampuan Literasi Sains Siswa SD pada Konteks Melestarikan Capung. BIOSFER JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 10(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.3
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.