Hubungan Budaya Organisasi dan Kinerja Dosen dalam Motivasi Mahasiswa di STKIP Taman Siswa Bima

  • Adi Apriadi Adiansha STKIP Taman Siswa Bima
  • Ibnu Khaldun Sudirman STKIP Taman Siswa Bima
  • Asriyadin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi hubungan antara budaya organisasi dan kinerja dosen dengan motivasi mahasiswa di STKIP Taman Siswa Bima. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, Sampel dikumpulkan dari 40 dosen yang diperoleh dengan teknik acak, melalui instrumen angket yang telah divalidasi menggunakan skala likert 1-5. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan regresi. Temuan penelitian adalah: (1) ada hubungan budaya organisasi dengan motivasi mahasiswa; (2) ada hubungan kinerja dosen dengan motivasi mahasiswa; (3) ada hubungan budaya organisasi dan kinerja dosen dengan motivasi mahasiswa. Hasil penelitian menyiratkan bahwa dalam budaya organisasi, kinerja dosen, motivasi mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Budaya Organisasi, Kinerja Dosen, Motivasi Mahasiswa

References

Bali, M. M. (2013). Peran Dosen dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Humaniora, 4(2), 800. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3508
Griffioen, D. M. E., Doppenberg, J. J., & Oostdam, R. J. (2018). Organisational influence on lecturers’ perceptions and behaviour towards change in education. Studies in Higher Education, 43(11), 1810–1822. https://doi.org/10.1080/03075079.2017.1284191
Hamzah, Suyoto, & Mudjihartono, P. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard ( Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta ). Seminar Nasional Informatika 2010 (SemnasIF), 2010, 82–90.
Hartono, E., Wahyudi, S., Harahap, P., & Yuniawan, A. (2017). Does Organizational Learning Affect the Performance of Higher Education Lecturers in Indonesia? The Mediating Role of Teaching Competence. International Journal of Environmental and Science Education, 12(4), 865–878.
Köse, M. F., & Korkmaz, M. (2019). Why are some universities better? An evaluation in terms of organizational culture and academic performance. Higher Education Research & Development, 38(6), 1213–1226. https://doi.org/10.1080/07294360.2019.1634679
Rino, Sulastri, & Idris. (2013). Pengaruh Teknologi Informasi Smart Kampus, Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 Dan Skil Kepemimpinan Terhadap Knowledge Management, Motivasi Kerja Dan Kinerja Dosenuniversitas Negeri Padang Rino, Sulastri, Idris. Jurnal Riset Manajemen Bisnis Dan Publik, 1(1).
Sihite, M. (2018). Marketing Perguruan Tinggi Meningkatkan Daya Saing : Suatu Tinjauan Konseptual. Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) 2018, 7(2007), 33–44.
Susilawati, Y., & Adiansha, A. A. (2018). Hubungan Kepribadian dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8(2), 142–151.
Tan, C. N.-L. (2016). Enhancing knowledge sharing and research collaboration among academics: the role of knowledge management. Higher Education, 71(4), 525–556. https://doi.org/10.1007/s10734-015-9922-6
Toytok, E. H., & Saduman Kapusuzoglu. (2016). Influence of School Managers’ Ethical Leadership Behaviors on Organizational Culture: Teachers’ Perceptions. Eurasian Journal of Educational Research, (66), 373–388.
Winstone, N. E., & Kinchin, I. M. (2017). Literacy as an antidote to pedagogic frailty. Psychology Teaching Review, 23(1), 15–29.
Yusuf, J. (2014). Kompetensi Dosen-Dosen Bahasa Arab Di IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Al Bayan UIN Raden Intan, 6(2).
Published
2019-12-30
How to Cite
Adi Apriadi Adiansha, Ibnu Khaldun Sudirman, & Asriyadin. (2019). Hubungan Budaya Organisasi dan Kinerja Dosen dalam Motivasi Mahasiswa di STKIP Taman Siswa Bima. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(2), 97-100. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.210
Abstract viewed = 96 times
PDF downloaded = 55 times