Disposisi Matematis Siswa pada Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika

  • Nur Islamiati Sekolah Tinggi Kegurun dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Dompu
  • Nasruddin Sekolah Tinggi Kegurun dan Ilmu Pendidikan Al-Amin Dompu

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan disposisi matematis siswa pada penerapan etnomtematika pada pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 1 guru pendidikan matematika dan 28 siswa SMPN 3 Sape. Data diperoleh melalui wawancara dan angket jenis Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penerapan etnomatematika dapat memberikan pengaruh positif terhadap domain afektif siswa. Domain afektif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah yaitu disposisi matematis. Hasil penelitian berdasarkan wawancara dengan guru matematika menunjukan bahwa dengan menerapkan etnomatematika dalam mempelajari matematika dapat meningkatkan minat dan kepercayaan diri siswa dalam belajar karena pendekatan tersebut telah dikenal baik oleh siswa sebab berkaitan dengan budaya dan dikehidupan sehari-hari siswa. Hal tersebut didukung dengan hasil analisis angket disposisi matematis yang dilihat dari beberapa apek yaitu: 1) rasa percaya diri dalam pembelajaran matematika. Aspek ini memperoleh skor rata-rata sebesar 2,48 dengan kategori baik yang menunjukan bahwa siswa merasa percaya diri dalam belajar matematika dengan menggunakan pendekatan etnomatematika. 2) kegigihan dan ketekunan dalam pembelajaran matematika. Aspek ini memperoleh rata-rata skor 2,35 dan kategori baik yang menunjukan bahwa siswa setuju dengan menggunakan pendekatan etnomatemtika mendorong siswa untuk lebih gigih dan tekun dalam belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Disposisi Matematis, Etnomatematika, Matematika

References

Abdullah, A. S. (2017). Ethnomathematics In Perspective Of Sundanese Culture. Journal on Mathematics Education, 8(1), 1–16.

Amor, D., Phys, J., Ser, C., Kusuma, D. A., Dewanto, S. P., & Nurani, B. (2016). The role of ethnomathematics in West Java ( a preliminary analysis of case study in Cipatujah ). Journal of Physics: Conference Series PAPER, 3(2).

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82–91.

Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2018). Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA, 3(2), 59–134. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907

Facione, P. A., Giancarlo, C. A., Noreen, C., & Gainen, J. (2015). The Disposition Toward Critical Thinking 1 by. Journal of General Education, 44(1), 1–17.

Farokhah, L., Arisetyawan, A., & Jupri, A. (2017). The Effect Of Ethnomathematics-Based Savi ( Somatic , Auditory , Visualization , Intelectually ) Approach On Mathematical Communication Skill On Geometry In Elementary School. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 534–543.

Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). Development of Mathematical Thinking through Integration of Ethnomathematic Folklore Game in Math Instruction. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617–630. https://doi.org/10.12973/ejmste/80626

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). The Effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 35–38. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.11

Kusmaryono, I., & Suyitno, H. (2016). The Role of Mathematical Representation and Disposition in Improving Students’ Mathematical Power. AdMathEdu, 6(1).

Maryati, & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: eksplorasi dalam tarian tradisional pada pembukaan asian games 2018. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 23–28.

Muhtadi, D., Sukirwan, Warsito, & Prahmana, I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities In Estimating, Measuring, And Making Patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198.

Nopriana, T. (2015). Disposisi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Jurnal Pendidian Matematika & Matematika, 1(2), 80–94.

Nusantara, T., & Rahardjo, S. (2017). Ethnomathematics In Arfak ( West Papua- Indonesia ): Numeracy Of Arfak. International Journal Of Scientific & Technology Research, 6(9), 325–327.

Permana, R., & Adiansha, A. A. (2019). Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning Ditinjau Dari Penalaran Induktif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(1 SE-Articles). https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.177

Putra, R., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Vol., 1(1), 21–34. https://doi.org/10.25217/jn.v1i1

Rattanatumma, T. (2016). Assessing the Effectiveness of STAD Model and Problem Based Learning in Mathematics Learning Achievement and Problem Solving Ability. Journal of Education and Practice, 7(12), 194–199.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pemeblajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidkan Dasar, 9(1), 35–46.

Siniguian, T. M. (2017). Students Difficulty In Solving Mathematical Problems. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences, 6(2), 1–12.

Soraya, F., Cahyana, U., Sumantri, M. S., & Adiansha, A. A. (2018). The Application of Realistic Mathematics Education ( RME ) Approach to Increase the Creative Thinking Ability of Fraction Subject Matter for Fourth-Graders of SDN Rawajati 06 Pagi. American Journal of Educational Research, 6(7), 1016–1020. https://doi.org/10.12691/education-6-7-19

Suharsono, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa Sma Menggunakan Teknik Probing Prompting. Edusentris, 2(3), 278. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.180

Published
2020-06-30
How to Cite
Nur Islamiati, & Nasruddin. (2020). Disposisi Matematis Siswa pada Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 1-6. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.241
Abstract viewed = 50 times
PDF downloaded = 15 times