Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika
Abstract
Gaya belajar siswa merupakan salah satu info penting yang perlu diperoleh sebelum guru melakukan kegiatan pembelajaran, agar guru dapat menentukan desain pembelajaran yang cocok pada kelas tersebut. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik gaya belajar siswa. Subjek penelitian terdiri dari 74 siswa yang merupakan siswa kelas X di salah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bima. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen gaya belajar berupa angket berbentuk pilihan ganda, dengan jumlah 22 butir soal, dan masing-masing soal memiliki tiga pilihan jawaban. Gaya belajar yang diteliti fokus pada gaya belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh, siswa lebih cenderung pada gaya belajar Auditori dengan jumlah 51%, sedangkan Visual sebanyak 14% dan Kinestetik sebanyak 15%. Selain itu juga ditemukan kecenderungan gaya belajar yang persentase dimiliki sama besar, yaitu gabungan Visual Auditori sebesar 8% dan gabungan Auditori Kinestetik 12%. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X yang mengikuti pembelajaran fisika lebih cenderung pada gaya belajar auditori. Guru yang akan mengajar di kelas tersebut dapat menyesuaikan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa.
Downloads
References
Azis, F. R. N., Pamujo, P., & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajobarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26-31.
Cahyani, I. S. (2016). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa dam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universtas Negeri Malang.
Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajran fisika menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajara Fisika. 1(1).
Ekonomi, f., surabaya, u. N., surabaya, k. K., & surabaya, j. K. (2003). Terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas x sma negeri 18 surabaya Cintya Septiana Andri Astutie. 20, 1–15.
Halim, A. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil BELAJAR Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan (JPT),10(2).
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63
Sari, A. K (2014). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkaan 2014. Education Scientifik Journal of informatics Education, 1(1)
Saputri, F. I. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Bejajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25-36.
Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2
Yulianci, S., Gunawan, G., & Doyan, A. (2018). The Effect of Guided Inquiry Model with Interactive Multimedia Towards Student’s Generic Science Skill Based on Learning Styles. Aes, 193–198. https://doi.org/10.5220/0007301001930198
Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.