Pengembangan Modul IPA Berkarakter Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik SMP/MTs

  • Muchlis STKIP Bima
  • Magfirah Perkasa STKIP Bima
  • Muhammad Irwansyah STKIP Bima
  • Ariyansyah STKIP Bima

Abstract

National education system aims to produce students who have intact intelligence, be it intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence and social intelligence. But the facts in the field say differently. Spiritual and social intelligence tends to be overlooked by educators in schools. Therefore, this research was carried out with the aim of producing a science module with an integrated character of Islamic values to improve students' spiritual attitudes or those that meet valid and effective criteria. This type of research is development research that follows the stages of Thiagarajan development which consists of the stages of defining, designing, developing and disseminating. The instruments used were validation sheets and student response questionnaires. Based on the results of limited trials, it can be concluded that the science module with the character of integrated Islamic values meets the criteria of validity and effectiveness. Hopefully the results of this research can be used as a reference in improving the quality of education in Indonesia, especially in Bima City, West Nusa Tenggara Province.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Modul IPA, Berkarakter, Islam

References

Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 164. . https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1301.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran (Edisi Revisi Cetakan ke- 16). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Darmana, A. et.all. 2013. Pandangan Siswa Terhadap Internalisasi Nilai Tauhid Melalui Materi Termokimia. Prosiding Semirata. FMIPA UNILA Lampung. https://jurnal.fmipa.unila.ac.id/semirata/article/view/788.

Hanif., Ibrohim & Rohman F. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Materi Plantae Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1(11), 2165. . http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8042/3665.

Hasanah, N., & Zuhaida, A. 2018. Desain Madrasah Sains Integratif: Integrasi Sains Agama dalam Pelaksanaan dan Perangkat Pembelajaran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13 (1), 164.. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/3517.

Jamilah. et.all. 2014. Integration of Islamic Input in Medical Curriculum - Universiti Sains Islam Malaysia (USIM). The International Medical Journal of Malaysia, 13 (2), 76. https://www.researchgate.net/publication/292426796_Integration_of_Islamic_input_in_medical_curriculum_-_Universiti_Sains_Islam_Malaysia_USIM_experience.

Imaduddin, M., & khafidin, Z. 2018. Ayo Belajar IPA dari Ulama: Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues di Abad ke 21. Jurnal Thabiea, 1(2), 103. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/4439.

Irwansyah, M., Nurfathurrahmah., & Arifin. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berorientasi Model PBL dengan Pendekatan Integratif untuk Meningkatkan Kompetensi Sikap dan Pengetahuan Siswa. Oryza: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 30. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/4.

Irwansyah dan Ariyansyah. 2019. Perangkat pembelajaran berorientasi pendidikan karakter Untuk meningkatkan sikap dan pengetahuan siswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan, 22 (1), 1-2. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/6656.

Latifah, S. et. All. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Al-Biruni, 5 (1), 50. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/104/0.

Mujahidin, E. 2005. Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama di Luar Sekolah. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Niimati, RA dan Mursalin. Penerapan Bahan Ajar Fisika Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an pada Konsep Gerak Melingkar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Quantum. Pendidikan Fisika UAD. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/250.

Okmarisa, H. et.all. 2016. Implementasi Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 130. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpk/article/view/4439.

Rakhmatullah., Rapi M., & Zulkarnaim. 2020. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Terintegrasi Keilmuan Islam untuk Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah. Jurnal Biotek, 8(1), 67-68. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/9287.

Salafudin. 2019. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam melalui Pembelajaran Matematika. HIKMATUNA: Journal For Integrative Islamic Studies, 5 (1), 30. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/hikmatuna/article/view/1860.

Sosilowati, S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3 (1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/13677

Sundari, U., Heliawati, L., & Permanasari, A. 2020. Students’ Perception of The Internalization Of Islamic Values in Buffer Solution Teaching Materials. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 4(2), 133. http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/16730.

Wildan, H. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Berorientasi Iman dan Taqwa. Jurnal Pijar MIPA, 3(1), 31. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/180.

Published
2020-12-07
How to Cite
Muchlis, Magfirah Perkasa, Muhammad Irwansyah, & Ariyansyah. (2020). Pengembangan Modul IPA Berkarakter Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap Spiritual Peserta Didik SMP/MTs. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 81-85. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.335
Abstract viewed = 146 times
PDF downloaded = 85 times