Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi

  • syafruddin universitas samawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas belajar siswa dengan memanfaatkan limbah plastik dan kertas sebagai media alat peraga biologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Mixsed Methods Research Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Moyo Hilir sedangkan sampel penelitian berjumlah 49 siswa, yaitu kelas VIII-2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas VIII-1 sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi. Analisis data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif  dan  teknik persentase.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kreatifitas  siswa berdasarkan hasil observasi diperoleh kreatifitas siswa untuk kelas VIII 1 sebesar 75% dengan kategori kreatif dan  kelas VIII 2 sebesar 80% dengan kategori kreatif. Keseluruhan hasil kreatifitas siswa kelas VIII di SMP negeri 5 Moyo hilir dengan kategori 77,5% dengan kategori kreatif

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kreatifitas Siswa, Limbah Kertas dan Plastik, Alat Peraga Biologi

References

Ajwar, M., hardiansyah., Mariamah., & Yulianci, S. Penggunaan Open Ended untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Mahasiswa padaMata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal pendidikan MIPA. 9 (1). 10-14.
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Invironments. Journal of Gifted Education and Creativity. 2 (2). 70-80. https://doi.org/10.1820/JGEDC.2015214253.
Blamires, M., & Peterson, A. (2014). Can creativity be assessed? Towards an evidence informed framework for assessing and planning progress in creativity. Research at Birmingham. 44(2). 147-162. https://doi.org/10.1080/0305764X.2013.860081
Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2011). Creativity in Science Education. Sciverse ScienceDirect. 59 (12). 467-474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2020.09.302.
Djamarah & Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawati, E., & Sumaryana. (2011). Pengembangan instrumen penilaian Pembelajaran matematika SD/ SMP. Yogyakarta. Departemen pendidikan nasional.
Faridah, F. (2017). Upaya Mengembangkan Bahan Ajar IPA dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 63 Kota Bima. Jurnal pendidikan MIPA. 7 (2). 131-137.
Hairunisa., Hakim, A.R., & Nurjumiati. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jurnal pendidikan MIPA. 9 (2). 93-96.
Karimah, N. (2016). Kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya belajar pada materi garis dan sudut. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 233-243.
Kasmaienezhadfard, S., Talebloo, B., Roustaee, R., & Pourrajab., M. (2015). Students’ Learning Through Teaching Creativity: Teachers’Perception. Journal of Education, Health and Community psychology. 4 (1). 1-13.
Nursofah. Komala, R. Rusdi. (2018). The Effect of Research Based Learning Model and Creative Thinking Ability on Students Learning Outcomes. Indonesian Journal of Science and Education. 2 (2). 168-173. https://doi.org/10.31002/ijose,v2i2.584.
Rusmaini. (2014). Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.
Sarib, N., Mariamah, Muslim., & Fatmah. Pengaruh Metode Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X di SMA Kae Woha Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal pendidikan MIPA. 8 (1). 45-51.
Sarnita, F., Fitriani, A., & Widia. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PBL Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Tuna Netra. Jurnal pendidikan MIPA. 9 (1). 38-44.
Trianto. (2010). Pengembangan Model Tematik Pembelajaran Tematik. PT Prestasi Pustakarya. Jakarta.
Young, M. H., & Balli, S.J. (2014). Gifted and Talented Education: Student and Parent Perspectives. Gofted child today. 37(4). 236-246. https://doi.org/10.1177/10762175145.
Published
2020-12-27
How to Cite
syafruddin. (2020). Analisis Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi . JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 111-115. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.382
Abstract viewed = 46 times
PDF downloaded = 35 times