Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima

  • Muhammad Fuadi STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhammad Arsyad Universitas Negeri Makassar
  • Kaharuddin Arafah Universitas Negeri Makassar
  • Asriyadin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan The Randomized Postest-Only Control Group Design, yang bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E dengan model konvensional pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bima. Hasil analisis deskriptif memperlihatkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E  sebesar 120.48 dan standar deviasi 6,178 dan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model learning cycle 5E sebesar 21,90 dan standar deviasi 3,59. Sedangkan skor rata-rata motivasi belajar fisika peserta didik yang diajar secara konvensional 116,38 dan standar deviasi 5.696 dan skor rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode konvensional 18,90 dan standar deviasi 3,93. Analisis inferensial menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan kesimpulan bahwa 1) Terdapat perbedaan Motivasi belajar fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan model konvensional peserta didik pada kelas XI IPA SMAN 2 Bima; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan model konvensional peserta didik pada kelas XI IPA SMAN 2 Bima.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Model Learning cycle 5E, Konversional, Motivasi, Hasil Belajar

References

Aditya, I. Kadek Dwi, Made Sumantri, and I. Gede Astawan. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Sikap Disiplin Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus V Kecamatan Sukasada.” Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia 2(1):43. doi: 10.23887/jpmu.v2i1.20792.

Asriyadin, Yus’iran, and Hafidah Nurul Fikri. 2016. “Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan MIPA 6(2):63–67.

Fraenkel, Jack, Norman Wallen, and Helen Hyun. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. Vol. 60.

Hasan, Nurfajri, and B. Nurhayati. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Di SMA Negeri 9 Pangkep The Effect of Learning Model 7E Learning Cycle on Interests and Biology Learning Outcomes of Students in SMA 9 Pangkep.” Prosiding Seminar Nasioal Biologi VI.

Isnani, Habibah Zilul, Indrawati Indrawati, and Subiki Subiki. 2018. “Model Learning Cycle 5E Dalam Pembelajaran Fluida Dinamis Di Sma (Kajian Pada Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar).” Jurnal Pembelajaran Fisika 7(1):38. doi: 10.19184/jpf.v7i1.7223.

Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nisa’, Inayatun. 2014. “PENSA E – Jurnal | 26 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE.” Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Connected Dengan Topik Peredaran Darah Untuk Kelas Viii Smp 26–38.

Passon, Oliver, Thomas Zügge, and Johannes Grebe-Ellis. 2019. “Pitfalls in the Teaching of Elementary Particle Physics.” Physics Education 54(1). doi: 10.1088/1361-6552/aadbc7.

Sari, Yuli Ifana, and Dwi Kurniawati. 2019. “Keterampilan Merancang Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Learning Cycle 5E Di MA Khairuddin Gondanglegi.” Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat 2(02):26–35. doi: 10.30736/jab.v2i02.4.

Senturk, Halil Evren, and Huseyin Camliyer. 2016. “A New Learning Model on Physical Education: 5E Learning Cycle.” Universal Journal of Educational Research 4(1):26–29. doi: 10.13189/ujer.2016.040104.

Suwito, Budijanto, Budi Handoyo, and Singgih Susilo. 2020. “The Effects of 5E Learning Cycle Assisted with Spatial Based Population Geography Textbook on Students’ Achievement.” International Journal of Instruction 13(1):315–24. doi: 10.29333/iji.2020.13121a.

Tegeh, I. Made, and Ni Luh Ariesti Pratiwi. 2019. “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD.” Jurnal IKA 17(2):150–70.

Published
2020-12-31
How to Cite
Muhammad Fuadi, Muhammad Arsyad, Kaharuddin Arafah, & Asriyadin. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 116-121. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.387
Abstract viewed = 74 times
PDF downloaded = 56 times