Pengaruh Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kompleks Matematis ditinjau dari Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bima

Abstract

Fakta yang terjadi terhadap kualitas pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Bima mengalami penurunan hal ini sesuai dengan data PISA dan TIMSS. Tujuan penelitian untuk mengethui 1) Perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis yang diberi perlakukan dengan Model Brain Based Learning dengan Problem Based Learning pada siswa Sekolah Dasar; 2) interaksi antara Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kompleks matematis yang ditinjau dari kreativitas siswa Sekolah Dasar; 3) perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis pada siswa yang diberi perlakukan Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning yang memiliki kreativitas tinggi; 4) perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis pada siswa yang diberi perlakukan Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning yang memiliki kreativitas rendah. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang didesain dengan treatment by level 2x2. Subjek penelitian di SDN Nggembe dan SDN Rada di Kabupaten Bima. Hasil penelitian menujukkan bahwa untuk hipotesis pertama mengatakan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis pada siswa yang diberi model Brain Based Learning dengan siswa yang diberi model Problem Based Learning. Hipotess kedua mengatakan adanya interaksi antara pembelajaran yang diberikan dengan tingkat kreativitas siswa terhadap keterampilan berpikir kompleks matematis siswa. Hipotesis ketiga mengatakan bahwa adanya perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis antara siswa yang diberikan model Brain Based Learning dengan yang diberikan model Problem Based Learning pada kelompok siswa dengan kreativitas tinggi. Hipotesis keempat perbedaan keterampilan berpikir kompleks matematis antara siswa yang diberikan model Brain Based Learning dengan yang diberikan model Problem Based Learning pada kelompok siswa dengan kreativitas rendah. Penelitian ini sangat direkomendasikan keberlanjutan dalam terus melakukan penelitian karena penting untuk teliti lebih lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Brain Based Learning, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kompleks Matematis, Kreativitas Siswa

References

Adiansha, A. A., Khatimah, H., & Asriyadin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.327
Adiansha, A. A., & Sumantri, M. S. (2017). The Effect of Brain Based Learning Model and Creative Thinking on the Ability of Mathematics Concept of Elementary Students. 5(12), 1195–1199. https://doi.org/10.12691/education-5-12-4
Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model Brain Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905
Anita, D., & Mumpuniart. (2018). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 132–140. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jppfa.v6i2.23632
Dewi, N., & Riandi, R. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kompleks Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mind Mapping. Edusains, 8(1), 98–107. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1805
Haynes, B. (2020). Can creativity be taught? Educational Philosophy and Theory, 52(1), 34–44. https://doi.org/10.1080/00131857.2019.1594194
K.Brahim, T., Abdullah, K., & Hasan, N. (2015). Penelitian Ilmiah (Pengertian, Penerapan, dan Pengetahuan Tambahan). Suara GKYE Peduli Bangsa.
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of Problem Based Learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries VOLUME I, II & III. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Permana, R., & Adiansha, A. A. (2019). Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning Ditinjau Dari Penalaran Induktif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(1 SE-Articles). https://doi.org/10.37630/jpm.v9i1.177
Pllana, D. (2019). Creativity in Modern Education. World Journal of Education, 9(2), 136. https://doi.org/10.5430/wje.v9n2p136
Pramesti, G. (2017). Statistika Penelitian dengan SPSS 24. PT Elex Media Komputindo.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. Japanese Journal of Anesthesiology, 24(1), 12–17.
Sunardjo, R. N., Yudhianto, S. A., & Rahman, T. (2016). Analisis Implementasi Keterampilan Berpikir Dasar dan Kompleks dalam Buku IPA Pegangan Siswa SMP Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 133–144.
Yasar, D. M. (2017). Brain Based Learning in Science Education in Turkey: Descriptive Content and Meta Analysis of Dissertations. Journal of Education and Practice, 8(9), 161–168.
Published
2021-06-30
How to Cite
Adi Apriadi Adiansha, & Khairul Sani. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kompleks Matematis ditinjau dari Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 11(1), 36-44. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.454
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 26 times