Analisis Diagnostik Kelemahan Mahasiswa Teknik Menguasai Materi Fungsi Trasenden Menggunakan Program R
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan mahasiswa teknik dalam menguasai materi fungsi trasenden. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa tes bentuk obyektif dengan empat pilihan jawaban. Teknik pengambilan sampel berupa teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 mahasiswa teknik elektro semester 2. Hasil analisis diagnostik menggunakan GDINA model program R menunjukkan bahwa kelemahan-kelemahan mahasiswa dalam menguasai materi fungsi tersenden yang paling dominan pada sub bab: (1) fungsi logaritma asli yaitu, mahasiswa belum menguasai penggunaan konsep logaritma asli dalam menyelesaikan masalah; (2) invers fungsi dan turunannya yaitu, mahasiswa belum menguasai bagaimana cara menentukan turunan dari invers fungsi dengan benar; (3) fungsi eksponen umum yaitu, mahasiswa belum menguasai bagaimana cara menentukan turunan dari fungsi eksponen asli dengan metode pendiferensialan implisit; (4) fungsi logaritma dan eksponen umum yaitu, mahasiswa belum menguasai bagaimana cara menggunakan sisfat-sifat fungsi eksponen umum dengan benar. Sub bab fungsi logaritma dan eksponen umum merupakan sub bab yang paling dominan belum dikuasai oleh mahasiswa dibandingkan dengan tiga sub bab lainnya.
Downloads
References
Abidin, Minhajjul, and Heri Retnawati. 2019. “A Diagnosis of Difficulties in Answering Questions of Circle Material on Junior High School Students.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 23(2). doi: 10.21831/pep.v23i2.16454.
Alyusfitri, Rieke, and Yusri Wahyuni. 2017. Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika II. Vol. 8.
Chen, Jinsong, and Jimmy de la Torre. 2014. “A Procedure for Diagnostically Modeling Extant Large-Scale Assessment Data: The Case of the Programme for International Student Assessment in Reading.” Psychology 05(18). doi: 10.4236/psych.2014.518200.
Isgiyanto, Awal. 2013. “Diagnosis Kesalahan Siswa Berbasis Penskoran Politomus Model Partial Credit Pada Matematika.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 15(2). doi: 10.21831/pep.v15i2.1099.
Kumalasari, Ade, and Sugiman Sugiman. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah. Vol. 2.
Nitko, A. J., and S. M. Brookhart. 2007. Educational Assessment of Students. Boston: earson Merrill Prentice Hall.
Purcell, Edwin J., and Dale Varberg. 1987. Kalkulus Dan Geometri Analitis. Vol. 1. 1st ed. Jakarta: Erlangga.
Ravand, Hamdollah, and Alexander Robitzsch. 2015. “Cognitive Diagnostic Modeling Using R.” Practical Assessment, Research and Evaluation 20(11):1–12.
Retnawati, Heri. 2017. “Diagnosing The Junio High School Student’s Difficulties In Learning Mathematics.” International Journal on New Trends in Education and Their Implications 8(1):33–50.
Reynolds, C. R., R. B. Livingstone, and V. Wilson. 2010. Measurement and Assessment in Education (2 Nd Ed.). 2nd ed. London: Pearson.
Zamista, Adelia Alfama, Rahmi Hanifatul, Ari Sellyana, and Welly Desriyati. 2020. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan untuk Mata Kuliah Kalkulus.” The Original Research of Mathematics) 5(1):41–48.
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.