Analisis Perilaku Etika Lingkungan Hidup Siswa SMAN di Jember
Abstract
Etika lingkungan merupakan salah satu faktor yang menentukan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat, serta salah satu komponen yang ada dalam pelaksanaan Education for Sustainable Development (ESD). Dunia sedang menggalakkan pelaksanaan ESD, yaitu pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan yang memungkinkan setiap manusia untuk mendapatkan dan memiliki perilaku untuk membentuk masa depan berkelanjutan bagi generasi berikutnya. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku etika lingkungan siswa SMAN di Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survei menggunakan sembilan prinsip etika lingkungan. Variabel yang diukur meliputi sikap hormat terhadap alam, sikap tanggung jawab, solidaritas kosmis, kasih sayang dan kepedulian terhadap alam, tidak merugikan, hidup sederhana dan selaras dengan alam, keadilan, demokrasi, dan integritas moral. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dalam bentuk googleform. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata – rata perilaku etika lingkungan siswa SMAN di Jember sebesar 74,38 dengan kategori sedang. Prinsip yang memiliki persentase terendah adalah prinsip tidak merugikan, yaitu sebesar 52%. Prinsip yang memiliki persentase tertinggi adalah prinsip demokrasi, yaitu 98%.
Downloads
References
Akbar, A., & Ali, A. M. (2021). Peran Sekolah dalam Upaya Pelestarian Greend Child Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(3), 321–327. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i3.1181
Andrasmoro, D., Nurhakim, I., Mustofa, M., & Bayuardi, G. (2020). KUALITAS PEMBELAJARAN ETIKA LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH SMA NEGERI 3 SUNGAI KAKAP. 5(1), 20–25. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i1.1516
Arikunto, S. (2013). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Bumi Aksara. https://www.google.co.id/books/edition/Dasar_Dasar_Evaluasi_Pendidikan_Edisi_3/j5EmEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Faizah, U. (2020). Etika Lingkungan dan Aplikasinya dalam Pendidikan Menurut Perspektif Aksiologi. Filsafat Indonesia, 3(1), 14–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i1.22446
Fukuzawa, A., & Inamasu, K. (2020). Relationship between the internal locus of control and collective action: A comparison of East Asian and Western Countries. Asian Journal of Social Psychology, 23(3), 349–359. https://doi.org/10.1111/AJSP.12406
Hayashi, K. (2020). Stationarity of spot freight rates considering supply/demand effect. Journal of Shipping and Trade, 5(1). https://doi.org/10.1186/s41072-020-00078-8
Hidayat, H., Tamin, B. Y., Herawati, S., Ardi, Z., & Muji, A. P. (2020). The Contribution of Internal Locus of Control and Self-Concept to Career Maturity in Engineering Education. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 10(6), 2282–2289. https://doi.org/10.18517/ijaseit.10.6.11698
Hudha, A. M., & Husamah, H. (2019). Ethics of Domestic Tourist to Beach Conservation (Case Study of Balekambang Beach, Malang District). Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 9(1), 9–16. https://doi.org/10.29244/jpsl.9.1.9-16
Ismail, A. (2020). Potensi Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (Grk) Dalam Kegiatan Belajar Di Rumah Secara on-Line: Analisis Jejak Karbon (Carbon Footprint Analysis). Jukung (Jurnal Teknik Lingkungan), 6(2), 195–203. https://doi.org/10.20527/jukung.v6i2.9262
Keraf, A. S. (2010). Etika lingkungan hidup. Penerbit Buku Kompas.
Martino, L., Luengo, D., & Míguez, J. (2018). Independent Random Sampling Methods. https://doi.org/10.1007/978-3-319-72634-2
Næss, A., Drengson Alan, & Devall Bill. (2016). Ecology of wisdom. Penguin Books.
Nissa, K., & Christiawan, P. I. (2018). Etika Lingkungan Masyarakat Pesisir Di Kota Singaraja. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6(3), 154–162. https://doi.org/10.23887/jjpg.v6i3.20702
Nita, S., & Kartikawati, S. (2020). Analysis of the Impact Narrative Algorithm Method, Pseudocode and Flowchart Towards Students Understanding of the Programming Algorithm Courses. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 835(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/835/1/012044
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 27 TAHUN 2O2O. (n.d.).
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770
Riastuti, R. D., & Febrianti, Y. (2021). STUDI DOKUMENTER HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA SMA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL). 4(1), 6. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i1.2206
Said, M. Y., & Nurhayati, Y. (2020). PARADIGMA FILSAFAT ETIKA LINGKUNGAN DALAM MENENTUKAN ARAH POLITIK HUKUM LINGKUNGAN. XII(1), 1–23. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/al-adl.v12i1.2598
Sawalman, R., Zamani, N. P., Werorilangi, S., & Samira, I. M. (2021). AKUMULASI MIKROPLASTIK PADA SPESIES IKAN EKONOMIS PENTING DI PERAIRAN PULAU BARRANGLOMPO, MAKASSAR. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis, 13(2), 241–259. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jitkt.v13i2.34587
Sudaryono, S. (2021). Statistik I: Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Penerbit Andi. https://doi.org/6230116421
Wulansari, F. A., Komariah, S., & Waluya, B. (2019). Pembinaan Solidaritas Masyarakat Melalui Lamongan Green and Clean di Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(2), 82–95. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i2.8
Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.