Representasi Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Non Rutin Ditinjau dari Perbedaan Gender
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaiakan masalah ditinjau dari perbedan gender antara subjek berjenis kelamin laki-laki (SL) dan subjek berjenis kelamin perempuan (SP). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes diagnostik pemecahan masalah non rutin dan pedoman wawancara yang valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan dengan pelaksanaan tes diagnostik dan wawancara semi terstruktur dan terbuka. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIPA. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) orientasi lapangan, merancang instrumen pendukung (tes diagnostik dan pedoman wawancara) yang valid dan reliabel, (b) memilih subjek dengan teknik purposive sampling, (c) melaksanakan penelitian, pelaksanaan tes diagnostik dan wawancara, (d) melakukan triangulasi dan analisis data representasi matematis yang valid dari beberapa subjek (e) melakukan pembahasan hasil analisis, dan (f) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) subjek berjenis kelamin laki-laki (SL) memiliki kemampuan representasi matematis secara tertulis maupun lisan yang lebih baik dibandingkan subjek berjenis kelamin perempuan (SP) yang hanya representatif secara lisan; 2) subjek laki-laki maupun perempuan menggunakan representasi matematis yang beragam (multiple representation) dalam pemecahan masalah matematika
Downloads
References
Amaliyah, Rezki AR. 2014. Ekspolorasi Daya Representasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Tingkat Kesadaran Metakognitif Siswa Kelas X-IPA SMA Neg. 1 Majene. Tesis Program Pasca Sarjana UNM. Makassar: tidak diterbitkan.
Arifin, Zainul. 2011. Metakognisi dan Multi Reprensentasi dalam Pembelajaran Matematika. Humaniora, Vol. 8 No. 1 Juni 2011: 42–45. ISSN: 1693-8925
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kumpulan Permendiknas tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Panduan KTSP. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Fadillah, Syarifah. 2010. Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis dan Self Esteem siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended. Bandung : Disertasi UPI
Hwang, et al. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Journal Educational Technology & Society, Vol 10 No 2, pp. 191-212.
Kartini. 2009. Peranan Presentasi dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. ISBN : 978-979-16353-3-2
Luitel, B.C. 2001. Multiple Representations of Mathematical Learning. (Online) http://www.matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf. Diakses pada tanggal 28 Maret 2017.
National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Rosengrant, D, et.al (2005). An Overview of Recent Research on Multiple Representations. (Online) Diakses pada tanggal 28 Maret 2017.http://paer.rutgers.edu/ScientificAbilities/Downloads/Papers/DavidRosperc2006.Pdf.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualiutatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sukayasa. 2014. Karakteristik Penalaran Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri Ditinjau dari Perbedaan Gender. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika Volume 03 Nomor 01 Maret.
Susilowati, Jati Putri A. 2016. Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika Vol. I No. 2. e-ISSN 2503-1384.
Triyadi, Rudini. 2013. Kemampuan Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender. Skripsi UPI. Bandung: tidak diterbitkan. (Online) repository.upi.edu diakses pada tanggal 28 Maret 2017.
Usman, Sudarmin. 2007. Strategi Pemecahan Masalah dalam Penyelesaian Soal Cerita Di Sekolah Dasar. Jurnal samudra ilmu volume 2 nomor 2. (Online). http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2207341351.pdf. Diakses pada tanggal 28 Maret 2017
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.