Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Monta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta?”. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Cara pengambilan data melalui teknik tes dan non-tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I perolehan hasil belajar siswa rata-rata siswa nilainya adalah 64,17 dengan persentase ketuntasan 40,00%, rata-rata nilai pada siklus II adalah 77,50 dengan persentase 84,00%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah tercapai ketuntasan belajar pada siklus II dan penggunaan pendekatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Maka guru disarankan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Posing sebagai alternative dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif.
Downloads
References
Junaedi, Iwan. Pembelajaran Matematika dengan Strategi Writing In Performance Tasks Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika. UNNES.
Kadir. 2005. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Jenjang Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi dan Evaluasi Ditinjau dari Metakognisi Siswa SMU, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.053, Tahun ke-11, Maret 2005.
Koswara, Ucu., dkk. 2012. Mathematical Reasoning and Communication Abilities Bandung: UPI Paper Vol VI. No.2,125-131.
Lince, Ester. 2012. Prestasi Sains dan matematika siswa Indonesia menurun, 2012, tersedia di: (http://edukasi.kompas.com/read//2012/12/14/09005434), diakses pada 27 Juni 2020
Pittalis, M, dkk. 2004. A Structural Model Of Problem Posing. Proceedings of the 28th Conference og the International. Canada
Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta
Satriawati, Gusni. 2006. “Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP”. ALGORITMA Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. CeMED
Silver, Edward A. 1994. On Mathematical Problem Posing. Canada: FLM Publishing Association
Silver & Cai. 1996. “An Analysis of Arithmatic Problem Posing By Middle School Student.” Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27, h. 521-539
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Surabaya: Unesa University Press
Sutame, Ketut. 2011. Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Berpikir Kritis serta mengeliminir Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.