Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Monta

  • Muhammad Yusuf STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pendekatan pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta?”. Metode Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Cara pengambilan data melalui teknik tes dan non-tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I perolehan hasil belajar siswa rata-rata siswa nilainya adalah 64,17 dengan persentase ketuntasan 40,00%, rata-rata nilai pada siklus II adalah 77,50 dengan persentase 84,00%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan telah tercapai ketuntasan belajar pada siklus II dan penggunaan pendekatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan menulis matematis siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 1 Monta. Maka guru disarankan untuk menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Posing sebagai alternative dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran matematika yang efektif dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Problem Posing, Kemampuan Menulis Matematis

References

Herawati, Oktania D.P., Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemamahan Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. UNSRI.
Junaedi, Iwan. Pembelajaran Matematika dengan Strategi Writing In Performance Tasks Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika. UNNES.
Kadir. 2005. Pengaruh Pendekatan Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Jenjang Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi dan Evaluasi Ditinjau dari Metakognisi Siswa SMU, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.053, Tahun ke-11, Maret 2005.
Koswara, Ucu., dkk. 2012. Mathematical Reasoning and Communication Abilities Bandung: UPI Paper Vol VI. No.2,125-131.
Lince, Ester. 2012. Prestasi Sains dan matematika siswa Indonesia menurun, 2012, tersedia di: (http://edukasi.kompas.com/read//2012/12/14/09005434), diakses pada 27 Juni 2020
Pittalis, M, dkk. 2004. A Structural Model Of Problem Posing. Proceedings of the 28th Conference og the International. Canada
Shadiq, Fadjar. 2009. Kemahiran Matematika. Yogyakarta
Satriawati, Gusni. 2006. “Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP”. ALGORITMA Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. CeMED
Silver, Edward A. 1994. On Mathematical Problem Posing. Canada: FLM Publishing Association
Silver & Cai. 1996. “An Analysis of Arithmatic Problem Posing By Middle School Student.” Journal for Research in Mathematics Education. Vol. 27, h. 521-539
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Surabaya: Unesa University Press
Sutame, Ketut. 2011. Implementasi Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Berpikir Kritis serta mengeliminir Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Published
2022-03-30
How to Cite
Muhammad Yusuf. (2022). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Meningkatkan Kemampuan Menulis Matematis Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Monta. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(1), 70-79. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.547
Abstract viewed = 100 times
PDF downloaded = 130 times