Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Website sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat

  • Shintya Azzahra Universitas Jambi
  • Nuri Istifah Khasanah SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Barat
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi
  • Maison Maison Universitas Jambi
  • Gunawan Wibisono Universitas Jambi
  • Devi Permata Sari Universitas Jambi
  • Okta Senira Mamora Nasution Universitas Jambi

Abstract

Fisika pada kenyataannya menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami dan membosankan sehingga membuat kurangnya ketertarikan minat belajar fisika pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran fisika menggunakan website sebagai media pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Barat pada tahun ajaran 2021/2022. Dengan sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 8 Tanjung Jabung Barat dengan jumlah sampel sebanyak 25 responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu nilai standar deviasi lebih kecil dari pada mean (2,58972 < 10,9600) atau data dapat dikatakan valid. Hasil lain berdasarkan pengkategorian angket, bahwa terdapat 4% peserta didik yang tidak tertarik terhadap website sebagai media pembelajaran fisika, 20% peserta didik dikategorikan biasa saja, 56% peserta didik dikategorikan tertarik, dan 20% peserta didik dikategorikan sangat tertarik. Maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat memiliki ketertarikan terhadap website sebagai media pembelajaran fisika dengan persentase keseuruhan yaitu sebesar 76%. Hasil analisis ini diharapkan mampu menjadi dasar bahan rujukan bagi peneliti lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Fisika, Minat belajar, Media Pembelajaran, Website

References

Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910

Anita Azmi, R., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 303–314. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/25840

Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694

Diani, R., & Sri Hartati, N. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional Flipbook based on Islamic literacy: The development of physics learning media using 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–243. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipidoi:https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.20819

Fitria, E. (2021). Analisis Pemanfaatan Media Online pada Pembelajaran Daring Fisika terhadap Motivasi Belajar Siswa. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media Vol. 2, No. 1, September 2021 Page: 43-51 e-ISSN:, 2(1), 43–51. https://doi.org/https://doi.org/10.52690/jitim.v2i1.173

Hamdi, C. K. R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN. 9(September), 68–79.

Hermawan, S., & Amirullah. (2016). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif.

Hidayatulah, A., yushardi, Y., & Wahyuni, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Interaktif Dengan Aplikasi E-Learning Moodle Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 4(2), 139047.

Kalatting, S., Serevina, V., & Astra, I. M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning. 1(1986), 1–8.

Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367

Rijal, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. 2507(February), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Shabrina, A., & Diani, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course dengan Model Inkuiri Terbimbing. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 9–26. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3922

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Ugwuanyi, C. S., Okeke, C. I. O., & Ageda, T. A. (2020). Psychological predictors of physics learners’ achievement: The moderating influence of gender. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(4), 834–842. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i4.4635

Yulianci, S., Nurjumiati, N., & Adiansha, A. A. (2021). The Effect of Interactive Multimedia and Learning Styles on Students' Physics Creative Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1), 87-91.

Yulianto, A. (2020). Pengujian Psikometri Skala Guttman untuk Mengukur. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 18(2009), 38–48.

Published
2022-06-14
How to Cite
Shintya Azzahra, Nuri Istifah Khasanah, Dwi Agus Kurniawan, Maison, M., Gunawan Wibisono, Devi Permata Sari, & Okta Senira Mamora Nasution. (2022). Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Website sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 192-197. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.557
Abstract viewed = 435 times
PDF downloaded = 418 times