Literasi Kimia Menggunakan Buku Digital Kimia Dasar Berbasis Sustainable Chemistry

  • Nurul Apsari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi
  • Erlin Eveline Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Melawi

Abstract

Keterbatasan sumber belajar menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran terutama ketika pandemi covid-19. Buku kimia dasar berbasis sustainable chemistry (SC) dapat menjadi solusi dan alternatif sumber belajar yang kekinian dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Tujuan penelitian adalah mengetahui kelayakan buku digital kimia dasar berbasis SC dan mengetahui pengaruh penerapan buku digital kimia dasar berbasis SC terhadap kemampuan literasi kimia pada proses pembelajaran. Metode pada penelitian ini adalah research and development (R&D) menggunakan desain ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah mahasiswa STKIP Melawi sebanyak 15 orang untuk uji keterbacaan, 60 orang pada uji skala besar (30 orang pada kelas kontrol dan 30 orang pada kelas eksperimen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen non tes terdiri dari lembar validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan buku digital yang dikembangkan, angket respon peserta didik terhadap buku digital kimia dasar bermuatan SC (uji coba skala kecil), angket tanggapan peserta didik (skala luas). Instrumen penelitian tes berupa soal pretest dan postest untuk mengukur pengaruh penggunaan buku digital kimia dasar berbasis SC terhadap kemampuan literasi kimia. Teknik analisis data untuk mengetahui pengaruh produk terhadap literasi kimia menggunakan uji U-Mann Whitney. Hasil dari penelitian ini adalah buku digital kimia dasar berbasis SC dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar. Berdasarkan hasil uji menggunakan U-Mann Whitney diperoleh data bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh penggunaan buku digital kimia dasar berbasis SC terhadap kemampuan literasi kimia.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Literasi kimia, Buku Digital, Kimia Dasar, Sustainable Chemistry

References

Adiansha, Adi Apriadi, Muhamad Syarif Sumantri, and Makmuri Makmuri. 2018. “Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kreativitas.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 8 (2): 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905.

Ahmadi, Hari Prima, Suryati Suryati, and Yusran Khery. 2016. “Pengembangan Modul Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berorientasi Green Chemistry Untuk Pertumbuhan Literasi Sains Siswa.” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 4 (1): 17. https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i1.42.

Amalia, Rafika, and Suwasono. 2015. “Jurnal Teknologi Dan Kejuruan ( Jtk ).” Jurnal Teknologi Elektro Dan Kejuruan (Tekno) 23 (1): 51–59.

Anastas, Paul T., and Julie B. Zimmerman. 2018. “The United Nations Sustainability Goals: How Can Sustainable Chemistry Contribute?” Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry 13: 150–53. https://doi.org/10.1016/j.cogsc.2018.04.017.

Andina, Elga. 2011. “Buku Digital Dan Pengaturannya.” Jurnal Aspirasi 2 (2): 95. https://doi.org/https://doi.org/10.22212/aspirasi.v2i1.429.

Axon, Sean, and David James. 2018. “The UN Sustainable Development Goals: How Can Sustainable Chemistry Contribute? A View from the Chemical Industry.” Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry 13: 140–45. https://doi.org/10.1016/j.cogsc.2018.04.010.

Böschen, Stefan, Dieter Lenoir, and Martin Scheringer. 2003. “Sustainable Chemistry: Starting Points and Prospects.” Naturwissenschaften 90 (3): 93–102. https://doi.org/10.1007/s00114-002-0397-9.

Boyd, Diane. 2019. “Utilising Place-Based Learning through Local Contexts to Develop Agents of Change in Early Childhood Education for Sustainability.” Education 3-13 47 (8): 983–97. https://doi.org/10.1080/03004279.2018.1551413.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3 (1): 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zain. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauziah, Nurul, Yayuk Andayani, Aliefman Hakim, Program Pascasarjana, Universitas Mataram, Program Studi, Pendidikan Kimia, and Literasi Sains. 2019. “Masalah Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Laju Reaksi Improving Student Science Literacy Through Problem-Based Learning” 14 (2): 31–35.

Finita Dewi. 2015. “Self Report.” Metodik Didaktik 9 (2): 1–15.

Hendriyanto, Novi, and Nur Rokhman. 2021. “Development of Android-Based Digital Drawing Learning Media Using Online Applications.” Edukasi 15 (2): 110–19. https://doi.org/10.15294/edukasi.v15i2.31077.

Herlina, Erisna, and Happy Fitria. 2020. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 10 Januari 2020.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 599.

Hitce, Julien, Jinzhu Xu, Maude Brossat, Marie Céline Frantz, Anne Claude Dublanchet, Michel Philippe, and Maria Dalko-Csiba. 2018. “UN Sustainable Development Goals: How Can Sustainable/Green Chemistry Contribute? Green Chemistry as a Source of Sustainable Innovations in the Cosmetic Industry.” Current Opinion in Green and Sustainable Chemistry 13: 164–69. https://doi.org/10.1016/j.cogsc.2018.06.019.

Indariani, Artisa, Nur Ayni, Surya Amami Pramuditya, and Muchamad Subali Noto. 2019. “Teknologi Buku Digital Matematika Dan Penerapan Potensialnya Dalam Distance Learning.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 3 (1): 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1870.

Kapaniaris, Alexandros, Maria Gasouka, Dimitris Zisiadis, Eleni Papadimitriou, and Evangelia Kalogirou. 2013. “Digital Books Taxonomy: From Text e-Books to Digitally Enriched e-Books in Folklore Education Using the IPad.” Mediterranean Journal of Social Sciences 4 (11): 316–22. https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n11p316.

KEMENDIKBUD. 2015. “Peringkat Dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan.” Diakses Pada 1 Februari 2022 18. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesiamengalami-peningkatan.

Kimianti, Febyarni, Suryati Suryati, and Citra Ayu Dewi. 2016. “Pengembangan Modul Learning Cycle 5E Berorientasi Green Chemistry Pada Materi Sistem Koloid Untuk Peningkatkan Literasi Sains Siswa.” Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 4 (2): 70. https://doi.org/10.33394/hjkk.v4i2.88.

Nurjanah, Rachma, and Anwar Efendi. 2019. “Literary Learning for Teenager Inmates in Institute for Children Special Rehabilitation.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 38 (3): 411–25. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322.

Olsen, Rolf Vegar, Manfred Prenzel, and Ron Martin. 2011. “Interest in Science: A Many-Faceted Picture Painted by Data from the OECD PISA Study.” International Journal of Science Education 33 (1): 1–6. https://doi.org/10.1080/09500693.2010.518639.

Ozilgen, Z. Sibel. 2019. Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. Francis: CRC Press, Taylor & Francis Group.

Pisa, O. E. C. D. 2015. “Draft Science Framework. 2014-07-17].”

Riyanto, Mohamad Amin, Hadi Suwono, and Umie Lestari. 2020. “The New Face of Digital Books in Genetic Learning: A Preliminary Development Study for Students’ Critical Thinking.” International Journal of Emerging Technologies in Learning 15 (10): 175–90. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i10.14321.

Simangunsong, Eliot. 2019. “Factors Determining the Quality Management of Higher Education: A Case Study at a Business School in Indonesia.” Cakrawala Pendidikan 38 (2): 215–27. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.19685.

Smith, David J. 2018. “The Past, Present, and Future of Sustainable Chemistry.” ChemSusChem 11 (1): 5–10. https://doi.org/10.1002/cssc.201702329.

Suryati, Hendrawani, Walidatun, N. 2021. “The Effect of Green Chemistry Oriented Problem Based Learning Module on Salt Hydrolysis Material on Students’ Science Literacy.” Lensa : Jurnal Kependidikan Fisika 9 (1): 86–100.

Tobiszewski, Marek, Agata Mechlinska, and Jacek Namie. 2010. “Green Analytical Chemistry—Theory and Practice.” Chemical Society Reviews 39 (8): 2869–78. https://doi.org/10.1039/b926439f.

Ulandari, Amalia, and Mitarlis. 2021. “Berwawasan Green Chemistry Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Asam Basa.” Jurnal Inovasi Pendidikan KImia 15 (1): 2764–77.

Uygarer, Rahme, and Hüseyin Uzunboylu. 2017. “An Investigation of the Digital Teaching Book Compared to Traditional Books in Distance Education of Teacher Education Programs.” Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 13 (8): 5365–77. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00830a.

Welton, Tom. 2015. “Solvents and Sustainable Chemistry.” Proceedings of the Royal Society A: Mathematical, Physical and Engineering Sciences 471 (2183). https://doi.org/10.1098/rspa.2015.0502.

Wena, Made. 2018. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published
2022-12-07
How to Cite
Nurul Apsari, & Erlin Eveline. (2022). Literasi Kimia Menggunakan Buku Digital Kimia Dasar Berbasis Sustainable Chemistry. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1108-1116. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.753
Abstract viewed = 537 times
PDF downloaded = 384 times