Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Kuadrat

  • Syarifuddin Syarifuddin STKIP Bima
  • Mutmainah Mutmainah STKIP Bima
  • Ade Fitri Fauziah STKIP Bima

Abstract

Perkembangan kurikulum menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS untuk menghadapi era globalisasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Peran guru dalam kurikulum 2013 addalah sebagai fasilitator sehingga siswa harus mampu memiiliki daya analisis, evaluasi, dan mencipta. Berdasarkan hasil TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study) kemampuan HOTS siswa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika maka diberikan 3 soal tes uraian dengan masing-masing soal sesuai indikator kemampuan tingkat tinggi yaitu analisis, evaluasi, dan mencipta. Dari soal tes itu pula kemudian siswa akan diklasifikasikan ke dalam tingkatan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing kategori kemudian siswa dipilih sebagai subjek untuk diwawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik siswa dengan kelompok tinggi maupun rendah memiliki kemampuan HOTS dengan baik karena mampu menyelesaikan soal dengan indikator analisis, evaluasi, mencipta materi fungsi kuadrat dengan baik meskipun terdapat kekurangan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dalam materi fungsi kuadrat.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Higher Order Thinking Skill (HOTS), Analisis, Evaluasi, Fungsi Kuadrat, Mencipta

References

Astuti, Y. D., Sabon, K. W., & Angelius, Z. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Dalam Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Pada Level 5 Pisa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.30822/asimtot.v2i2.766

Aulia, F., Utami, W. B., & Ponoharjo, P. (2020). Implementasi E-learning Dikaitkan Dengan Pengembangan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Petik, 6(2), 12–19. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.822

Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9

Dosinaeng, W. B. N., Leton, S. I., & Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250–264. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197

Hardani, A. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitataif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Hartini, T., Misri, M. A., & Nursuprianah, I. (2018). Pemetaan Kemampuan Hots Siswa Berdasarkan Standar Pisa Dan Timss Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1), 83–92. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i1.2795

Ibrahim, I. (2014). Eksplorasi Kreativitas Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Setelah Diajar Dengan Pendekatan Open Ended Problem Pada Kelas X SMA Negeri 1 Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Doctoral dissertation, Pascasarjana.

Illahi, T. A. P. R., Yensy B, N. A., & Agustinsa, R. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Buku Kemendikbud Revisi 2018 Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 189–203. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10247

Imayanti, I., Syarifuddin, S., & Mikrayanti, M. (2021). Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Relasi dan Fungsi pada Siswa SMP. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1.81

Makur, A. P., Prahmana, R. C. I., & Gunur, B. (2018). Kemampuan berpikir tingkat tinggi, peserta osk matematika tingkat sd, dan strategi think, talk, and write. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 23–32.

Mandasari, L., & Wahyuni, S. (2021). Krisis UNBK: Mentoring Guru dalam Menyelesaikan, Menyusun dan Mengembangkan Soal Kategori HOTS untuk Meningkatkan Hasil Ujian Nasional Di Dataran Tinggi Gayo. Jurnal Abdidas, 2(6), 1392–1401. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.495

Naimnule, M., Kartono, & Asikin, M. (2018). Peran Peer Feedback dalam Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6, 309–316. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/487

Pawero, D., & Vangino, A. M. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127–133. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853

Rohana, R., Syarifuddin, S., & Mutmainah, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 54–69.

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum : Kajian Teori dan Praktik. Samarinda: Mulawarman University Press.

Published
2022-12-20
How to Cite
Syarifuddin, S., Mutmainah, M., & Ade Fitri Fauziah. (2022). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Kuadrat. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1156-1166. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.765
Abstract viewed = 695 times
PDF downloaded = 523 times